Rencana Mulia Pj. Walikota Bima Untuk PTS di Kota Bima, Dari Bantuan 20 Persen Hingga Beasiswa Study Pasca Sarjana

Bappeda Kota Bima Didesak Segera Menyusun Rencana Yang Sangat Matang

 

PJ. Walikota Bima, Ir. H. Mohammad Rum, ST, MT Saat Menyampaikan Sambutan di Moment Wisuda Angkatan XX di STIE Bima, Kamis (26/10/2023)

Visioner Berita Kota Bima-Moment wisuda sebanyak 250 orang mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Kota Bima yang dinakhodai oleh Firdaus, ST, MM pada Kamis (26/10/2023) berlangsung sangat ramai. Selain wisudawan-wisudawati, pada moment sepektakuler juga hadir para orang tua pihak yang diwisuda baik dari Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu dan lainya di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang diakui paling diminati serta berhasil mencetak para enterperenur (wira usaha muda ini) di bidang ekonomi dan bisnis tersebut.

Selain Ketua Yayasan Sinar Jaya, Ketua STIE Bima dan Civitas Akademika di Kampus biru-moment penting tersebut juga dihadiri oleh Pj. Walikota Bima, Ir. Mohammad Rum, ST, MT dan Ketua Bappeda Kota Bima, Drs. Adisan Sahidu. Liputan langsung Media Online www.visionerbima.com melaporkan, di moment penuh makna tersebut terkuak berbagai persoalan yang dinilai sangat menarik.

Antara lain, dalam sambutanya PJ. Walikota Bima Bima mengutarakan sesuatu yang sangat menarik dan dinilai mulia. Yakni Pemkot Bima berjanji akan segera menyusun kematangan rencana untuk membantu PTS yang ada di Kota Bima. Yakni menyiapkan anggaran masing-masing 20 persen per PTS dan membiayai kelanjutan study pasca Sarjana untuk mahasiswa di sejumlah PTS yang ada di Kota Bima. Salah satunya adalah lulusan STIE Bima. Sekedar catatan, bantuan anggaran sebesar masing-masing 20 persen untuk PTS di Kota Bima sudah dilaksanakan sejak lama dan masih berlangsung sampai saat ini.

“Saya nyatakan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Ketua STIE Bima dan seluruh Civitas Akademika yang ada karena  telah mampu membuktikan pengabdian terbaiknya kepada anak bangsa yang kuliah di Kampus ini, para Alumninya yang telah sukses menjadi wira usaha muda khususnya di Bima. Melalui kesempatan ini, saya sampaikan bahwa Pemkot Bima memiliki komitmen membantu PTS di Kota Bima dengan anggaran masing-masing 20 persen pertahunya. Tak hanya itu, Pemkot Bima juga merencanakan akan memberikan beasiswa kepada Alumni di berbagai PTS di Kota Bima untuk melanjutkan study pasca Sarjana di luar daerah,” papar Rum yang disambut meriah oleh ratusan undangan di moment wisuda tersebut.

Terkait rencana beasiswa tersebut, di moment itu pula Rum mendesak Kepala Bappeda setempat agar segera menyusun rencana yang sangat matang. Rum kemudian menegaskan, mereka yang akan dibantu dengan beasiswa tersebut dituntut untuk memiliki kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ionovatif, berpemikiran kontsruktif dan orientasinya adalah tercipta anak bangsa yang Berdiri di Atas Kaki Sendiri (Berdikari).

“Dan dengan itu pula akan lahir SDM yang memiliki dedikasi tinggi dan melekat integritas yang sangat kuat. Berpijak pada SDM yang ada di Kota Bima misalnya, sesungguhnya kita bisa bersaing dengan Kabupaten Labuan Bajo-Manggarai Barat (Mabar)-NTT. Untuk itu, niat baik (sunngguh-sungguh) dan dedikasi serta integritas sangat dibutuhkan,” imbuhnya.

Sementara angka penganggura yang dinilai kian meningkat khususnya pada alumn di berbagai PTS yang ada di Kota Bima, pada moment tersebut Rum memaparkan rencana yang dinilai sangat mulia. Salah satunya, Pemkot Bima akan menyiapkan bantuan anggaran kepada mahasiswa yang memiliki usaha baru tetapi sifatnya harus inovatif.

“Dalam kaitan itu, Pemkot Bima akan menjadi bapak angkat atau orang tua bagi mereka. Dan itulah salah satu cara Pemkot Bima untuk meminimalisir angka pengangguran di Kota Bima ini,” terang Rum.

Di moment itu pula, Rum berharap agar para wisudawan dan wisudawati dari STIE Bima agar mampu menterjemahkan ilmu yang diperolehnya selama menjalani kuliah di Kampus itu pula. Sebab, rata-rata cita-cita mereka adalah menjadi wira usaha di tanah kelahiranya masing-masing.

“Melalui kesempatan ini pula, saya berharap agar mereka tidak bercita-cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN). Sebab, cita-cita itu sangatlah “buruk”. Tetapi, sesungguhnya yang hebat adalah bercita-cita menjadi wira usaha. Dalam kaitan itu pula, saya mengapresiasi STIE Bima karena telah mampu mewujudkanya. Indikasi itu ditemukan melalui banyaknya alumni STIE yang telah menjadi Enterpreneur di sejumlah daerah di Pulau Sumbawa ini,” pungkas Rum. (TIM VISIONER) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.