Milad HMI ke-77 Tahun 2024 di Bima Berlangsung Sukses dan Meriah

Juga Terkuak Adanya Kesan dan Pesan Penting

Moment Milad HMI ke-77 Tahun 2024 di Gedung Paruganae Convention Hall-Kota Bima (5/2/2024)

Visioner Berita Kota Bima-Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) berdiri sejak 77 tahun silam. Organisasi ini juga dikenal sebagai salah satu pilar penting dan diakui telah banyak memberikan kontribusi positif untuk Indonesia. Kontribusi nyata organisasi yang diakui dominan bergerak di bidang keumatan ini, dijelaskan tercermin melalui ide, konsep dan gagasan cerdas yang diberikanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berorientasi kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Berbagai kontribusi positif untuk Indonesia itu, salah satunya bersumber dari para Tokoh terkemuka yang diproduksi (dilahirkan) oleh HMI.  

Atas kiprah terbaiknya dalam kaitan itu, tak sedikit Tokoh-Tokoh penting yang lahir dari HMI-dipercaya oleh Negara untuk menempati berbagai jabatan strategis di sejumlah Kementerian di Indonesia. Pun demikian halnya di berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut diakui bukan hal baru. Tetapi berlangsung sejak lama dan bahkan sampai saat ini. Dan kepercayaan yang diberikan dalam kaitan itu, salah satunya atas pertimbangan bahwa HMI merupakan wadah penampung para intelektual pintar dan cerdas untuk Indonesia.

Diakui pula, hingga saat ini peran-peran penting HMI untuk Indonesia diakui masih sangat konsisten dan kuat oleh Negara. Pun demikian halnya yang dilakukan oleh para Kader HMI di berbagai daerah di Indonesia, antara lain di Kota Bima dan di Kabupaten Bima.

Senin (5/2/2024) HMI Cabang Bima yang dinakhodai oleh Fitrah (Ketua Umum) menggelar sebuah peristiwa penting. Yakni Milad HMI ke-77 tahun 2024. Moment spektakuler yang dilaksanakan di gedung Paruganae Convention Hall-Kota Bima ini berlangsung sukses dan meriah serta dihadiri oleh berbagai pihak.

 Diantaranya para alumni, delegasi dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bima dan Kabupaten Bima, Polres Bima Kota, Polres Bima, PMII Cabang Bima, KAMMI Bima, IMM Cabang Bima, GMNI Bima, Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Tomas) di Bima dan Komisariat se-Cabang Bima.

Kegiatan Milad HMI ke-77 ini menampilkan tema “Bhakti HMI Untuk Indonesia”. Pada moment tersebut, baik delegasi dari Pemkot Bima maupun Pemkab Bima menyatakan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya karena sejak berdiri   hingga saat ini HMI masih sangat konsisten dengaaan kontribusssi terbaiknya untuk Indonesia, teeerkecuuuali di Kota Bima dan di Kabupaten Bima.

Tak hanya itu, kedua delegasi dari Pemerintah tersebut berharap agar ke depan HMI agar tetap konsisten dengan kiprah-kiprah terbaiknya untuk Indonesia. Sebab, HMI diakui sebagai salah satu wadah yang sukses menciptakan banyak Tokoh Intelektual pintar, cerdas dan kinerjanya diakui oleh Negara.

Ketua Umum (Ketum) HMI Cabang Bima, Fitra Saat Menyampaikan Sambutan di Moment Milad HMI ke-77 Tahun 2024

Masih di moment kegiatan Milad HMI ke-77 di Kota Bima, Ketua Umum (Ketum) HMI Cabang Bima, Fitrah dalam sambutanya menegaskan bahwa pada momentum Milad ini bukan sekedar merefleksi sejarah. Tetapi juga memetakan posisi Organisasi (HMI) sebagai lokomotif gerakan intelektual muslim yang selalu berdiri independen, membela pada yang hak dan mencegah pada yang bathil.

Sebagai organisasi yang gerakanya tetap fokus pada nilai-nilai Islam tandasnya, kini HMI Cabang Bima memperlihatkan salah satu kontribusi tderbaiknya. Yakni membangun Mushollah di Sekretariat Cabang. Musshollah tersebut, diakuinya sebagai menopang gerakan spiritual kader.

Kiprah-kiprah nyata HMI Cabang Bima, diakuinya tidak berhenti sampai di situ. Tetapi saat ini pula, HMI Cabang Bima juga ikut berperan penting untuk memantau dan pengawasi berbagai proses serta tahapan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024.

“Pada moment Pemilu ini, kendati banyak Kader HMI yang tampil sebagai Calon Legislatif (Caleg) di Bima namun perlu kami tegaskan bahwa organisasi ini (HMI) tetap berdiri secara independen. Sebab, HMI bukan kendaraan politik bagi siapapun. Sedangkan hak memilih, itu bersifat personality (individu). Namun politik praktis dan pragmatis tentu bukanlah hal yang include dalam HMI,” tegas Fitrah.

Foto Bersama di Moment Milad HMI ke-77 Tahun 2024 di Gedung Paruganae Convention Hall-Kota Bima (5/2/2024)

Fitrah menyatakan bahwa berbagai tahapan dan proses bagi pelaksanaan Pemilu 2024 bukan sekedar tanggung jawab Bawaslu, KPU, Polri dan TNI. Tetapi dalam kaitan itu tegasnya, merupakan tugas dan tanggungjawab bersama, antara lain adanya peran-peran penting HMI.

“HMI merupakan organisasi yang terdaftar sebagai pemantau Pemilu tentu berkomitmen dan selalu konsisten untuk mengawal setiap tahapa-proses Pemilu 2024 sehingga melahirkan hasil yang berkualitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas pula,” papar Fitrah.

Masih di moment Milad HMI ke-77 tahun 2024 di Kota Bima, Koordinator Presiduium KAHMI Kabupaten Bima yakni Adhar menghimnbau HMI harus tetap berdiri kokoh di atas prinsip sesuai dengan marwahnya dan senatiasa mewarnai dinamika kehidupan bernegara.

“Kendati saat ini kita dihadapkan dengan moment politik (Pemilu) yang derat kaitanya dengan pilihan, tetapi itu bukan bagian yang bisa diintervensi oleh oOrganisasi ini (HMI),” tegas Adhar. (JOEL/FAHRIZ/RUDY/AL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.