Peran Penting HMI Cabang Bima, Juga di Moment Pemilu 2024, Sejumlah Kader Mendaftar Sebagai Pemantau

Dua Kader HMI Cabang Bima, M. Alfiansyah dan Irwan (Kanan) Menyerahkan Nama-Nama Kader Sebagai Pemantau Kepada Abdullah, SH (Paling Kiri)

Visioner Berita Kota Bima-Kontribusi positif yang bersumber dari gerakan nyata para Kader HMI Cabang Bima untuk daerah dan masyarakat setempat, ternyata bukan saja bukan sama melalui aksi demonstrasi berbasiskan keakurasian data data dan informasi. Antara lain soal memastikan suasansa Kamtibmas daerah tetap dalam keadaan kondusif, menyikapi secara tegas terkait kasus kejahatan seksual terhadap perempuan dan anak dibawah umur, rintihan para petani terkait meroketnya harga pupuk subsidi dan obat-obatan, soal air bersih, gundulnya hutan yang berdampak pada terjadinya banjir bandang di Kota Bima dan di Kabupaten Bima serta sejumlah peran positif lainya.

Catatan penting Media Online www.visionerbima.com melaporkan, salah satu gerakan actual dari HMI Cabang Bima yang dikendalikan oleh Fitrah selaku Ketua Umum (Ketum) yang kini sedang serius direspon oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima yakni soal kekurangan air bersih di sejumlah wilayah di daerah yang dikendalikan oleh Pj. Walikota Bima, Ir. H. Muhammad Rum, ST, MT. Terkait hal yang bersifat kontekstual ini (sangat dibutuhkan) ini, Pj. Walikota Bima tersebut memastikan bahwa soal air bersih tersebut bisa diktuntaskan di tahun 2024 ini.

Hal itu tercermin melalui berbagai aksi nyata Pemkot Bima melalui instansi terkait (Dinas PUPR). Antara lain pemasangan jaringan instalasi menuju wilayah-wilayah yang masyarakatnya mengalami kekurangan air bersih sejak dulu hingga saat ini. Antara lain di Kelurahan Dara dan Kelurahan Paruga Kecamatan Rasanae Barat.

Kiprah HMI Cabang Bima, tercatat tak berakhir sampai di situ. Tetapi juga terlibat secara aktif sebagai pemantau pada moment Pemilihan Umum (Pemilu) yang dilaksanakan setiap tahunya di Bima, baik di Kota Bima maupun di Kabupaten Bima. Ditegaskan, peran independen para Kader HMI Cabang Bima dalam kaitan itu dimaksudkan agar lahir hasil Pemilu yang berkualitas dan kontenstasi itu juga mampu melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas pula.

Seiring dengan proses dan tahapan pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pemilu serentak tahun 2024 ini, beberapa hari lalu HMI Cabang Bima menyerahkan nama-nama Kader sebagai pemantau. Nama-nama Kader tersebut diserahkan secara langsung kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, S.Pd melalui Devisi SDM Organisasi SDM dan Diklat pada Bawaslu setempat, Abdullah, SH.

Keterlibatan para Kader HMI Cabang Bima dalam kaitan itu, dibenarkan oleh Ketua Umum (Ketum) HMI Cabang Bima, Fitrah. Fitrah menjelaskan, nama-nama Kader HMI yang telah diserahkan sebagai pemantau Pemilu tersebut direspon dengan sangat positif oleh pihak Bawaslu Kabupaten Bima. Sedangkan tugas pemantauan tersebut, dijelaskanya dilakukan di setiap Desa dan Kecamatan di Kabupaten Bima.

Fitrah menjelaskan, langkah ini (menyerahkan nama-nama Kader sebagai pemantau) sebagai lanjut dari hasil Master of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman yang ditandatangani bersama oleh HMI Cabang Bima dengan Bawaslu Kabupaten Bima tentang pelaksanaan pengawasan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024.

“Pelaksanaan Pemilu 2024 tidak serta Merta menjadi tanggungjawab Bawaslu, KPU, Polri dan TNI. Tetapi juga menjadi tanggung jawab kita semua. Peran penting tersebut, tentu saja dimaksudkan untuk mewujudkan Pemilu yang jujur, adil bersih, bebas dan rahasia. Esensi lainya yakni agar lahir hasil Pemilu yang berkualitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas pula,” papar Fitrah. (Joel/Fahriz/Rudy/Al) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.