Kinerja KPU Kota Bima Patut Diakui, Angka Partisipasi Masyarakat Pada Pemilu Tingkat Kota Bima Capai 89,88 Persen

Pihak KPU Kota Bima Saat Memberika Keterangan Soal Peningkatan Angka Partisipasi Masyarakat Kota Bima Pada Pemilu Tahun 2024, Jum'at (5/4/2024)

Visioner Berita Kota Bima-Kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif dan Presiden RI periode 2024-2029 di Kota Bima, dinyatakan telah usai. Dalam kaitan itu, kinerja KPU Kota Bima yang dinakhodai oleh Suaeb (Ketua KPU setempat) patut untuk diakuin adanya.

Sebab, bukan saja soal suksesnya pelaksanaan Pemilu tersebut dengan aman dan lancar serta menjamin keamanan Kota Bima. Tetapi juga soal angka partisipasi masyarakat pada kontestasi Pemilu tahun 2024 ini yang lebih meningkat jika dibandingkan dengan Pemilu sebelumnya.

Hal itu dikemukakan oleh Suaeb kepada media Online www.visionerbima.com, Jum’at (5/4/2024).

Lebih jelasnya, Suaeb mengungkapkan bahwa angka partisipasi masyarakat pada penyelenggaraan Pemilu 2024 mencapai 89,88 persen.

“Jika dibandingkan dengan Pemilu tahun lalu, angka partisipasi masyarakat pada Pemilu kali ini meningkat sebesar  4,02 persen,” terang Suaeb.

Suaeb membeberkan, Pada Pemilu Tahun 2019, angka partisipasi masyarakat berada pada angka 85,86 persen. Pada kesempatan yang sama, Ketua Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (Sosdiklih, Parmas dan SDM) KPU Kota Bima yakni Amirulmukminin merincikan-pengguna hak pilih pada Jenis Pilihan Presiden dan Wakil Presiden mencapai 89,88 persen. Sementara untuk jenis pemilihan DPR RI mencapai 89.68 persen. Untuk DPD mencapai 89.74 persen.

“Sementara untuk jenis pemilhan DRD Provinsi Dapil VI mencapai 89.67 persen,” tandas Mukmin.

Sementara pada pemilihan DPRD Kota Bima terangnya, jika dirata-ratakan partisipasi masyarakat pada empat Daerah Pemilihan (Dapil) mencapai 89,18 persen. Dengan persebaran Dapil I yang merupakan Kelurahan Mpunda mencapai 88.41, Dapil II yaitu Kecamatan Rasa Na'e Barat mencapai 87.96. Untuk Dapil III yaitu Kecamatan Asakota mencapai 90.38.

“Untuk Dapil IV yang terdiri dari Kecamatan Raba dan Rasana'e Timur, partisipasi masyarakat mencapai 89.97 persen,” ungkap Mukmin.

Melihat angka partisipasi Masyarakat pada Pemilu tersebut, Amirul meyakini akan tertular juga pada angka partisipasi masyarakat Pada Pilkada 2024 ini.

“Jika melihat animo masyarakat pada Pemilu, Insya Allah angka partisipasi masyarakat akan lebih dari itu, tentu saja diatas 90 persen, “ harapnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi untuk mencapai target tersebut. Dengan harapan, setiap masyarakat Kota Bima dapat memberikan hak suara pada Rabu, 27 November 3024 untuk memilih Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB dan juga Calon Walikota dan Wakil Walikota Bima. (FAHRIZ/ISRAT/RUDY/JOEL/AL

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.