Header Ads

Semarak MTQ, Diawali Pawai Ta’aruf-Tunjukkan Replika Al-Quraan Raksasa


Inilah Replika Al-Qur'an Raksasa yang ditunjukan pada pawai ta'ruf jelang MTQ tingkat NTB di Bima
Visioner Berita Bima-Perhelatan MTQ XXVIII tingkat Provinsi NTB yang diselenggarakan di Kabupaten Bima-bertempat di Kantor Bupati Persiapan di Kecamatan Woha telah dibuka secara resmi pada Kamis malam (26/10/2017). Namun sebelum kegiatan akbar tersebut dilaksanakan, diawali dengan semaraknya kegiatan pawai ta’ruf.

Liputan langsung awak media pada moment pawai ta’ruf tersebut melaporkan, kegiatan ini melibatkan seluruh SKPD Pemkab Bima, kalangan dunia pendidikan dan sejumlah pihak penting lainnya. Tingkat keramaian kegiatan ini, tak terbantahkan hingga sukses memacetkan arus lalulintas.

Pawai ta’ruf ini, juga melibatkan ratusan Kafilah dari seluruh Kabupaten dan Kota se NTB. Kegiatan pawai yang menempuh jarak sekitar 2 kilometer ini, mengambil start di depan Kantor Camat Woha dan finish di Cabang Talabiu. Semaraknya kegiatan pawai ta’ruf ini, juga disambut dengan antusiasme oleh masyarakat sekita.

Betapa tidak, sejak pagi hingga pada puncak kegiatan pawai ini, masyarakat setempat setempat dan sekitarnya mulai memadati rute pawai. Pada pawai itu, masing-masing kontingen menampilkan pertunjukan yang sangat beragam. Yakni mulai dari kasidah, Tumbu Tuta (atraksi adu kepala tradisional Bima), Hadrah dan beragam tari-tarian lainnya.

Selain itu, ada juga penampilan dari dalah satu kontingen yang membawa replika Al-Quran raksasa. Para rombongan pawai Ta’aruf ini, disambut langsung oleh para tamu kehormatan di panggung utama. Diantaranya Sekda NTB Ir H Rosyiadi Sayuti, Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, Wakil Bupati Bima Drs. H. Dahlan M. Noer, Ketua DPRD Kabupaten Bima Murni Suciyanti dan kalangan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah (FKPD).

Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, pada moment tersebut menjelaskan beberapa hal. ‘’Pawai ini memberi semangat keislaman. Selain itu, juga mengangkat keimanan dan kesholehan. Kita sebagai Pemerintah, ingin menyongsong kegiatan MTQ ini dengan sebaik mungkin,” jelas Bupati Bima.

Masih dalam liputan sejumlah awak media massa, kendati arus lalu lintas jalan negara mengalami sedikit, namun kegiatan ini berlangsung dengan semarak dan sukses. Selama kegiatan penting ini berlangsung, tak ada gangguan keamanan yang terjadi. Sebab, sejak awal hingga akhir kegiatan, aparat keamanan dari Polres Bima Kabupaten yang dibantu oleh Sat Pol PP setempat terlihat melakukan pengamanan secara ketat.

Demi kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut, aparat keamanan terpaksa menutup arus lalu lintas menuju Kecamatan Woha. Alasannya,  ruas jalan tersebut digunakan oleh peserta pawai. Sementara Para pengendara yang ingin ke wilayah Monta, Langgudu dan Parado harus melintas di jalan raya Bima-Sumbawa.

Meski demikian, selama kegiatan pawai tersebut susana lalu lintas masih bisa berjalan secara normal hingga kegiatan pawai berakhir. Kabar lain terkait MTQ tingkat Provinsi NTB ini menjelaskan, pada acaraaan pembukaannya yang dilangsung kamis malam, Gubernur NTB DR. TGH M. Zainul Majdi akan hadir. Dan, yang bersangkutanlah yang akan membuka secara resmi kegiatan MTQ tingkat NTB ini.

Hal-hal lainnya, kegiatan MTQ tingkat NTB yang dipusatkan di Kabupaten Bima ini, juga sukses memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat baik di Kabupaten Bima maupun di Kota Bima. Para pedagang dan lainnya, juga ikut menikmati dampak positif dari kegiatan mulia ini (MTQ). Bukan itu saja, pantauan langsung visioner.co.id di Kota Bima melaporkan, beberapa hotel yang ada di Kota Bima juga diuntungkan oleh kegiatan ini.

Sebab, sekitar sehari sebelum dimulainya MTQ tingkat NTB ini, beberapa hotel yang ada di Kota Bima dikatakan hampir dipenuhi oleh para kafilah dan rombongannya di seluruh Kabupaten dan Kota se NTB.  “Diperkirakan semua hotel yang ada di Kota Bima penuh, karena diisi oleh para kafilah  beserta rombongannya,” ujar salah seorang petugas di salah satu hotel di Kota Bima. (Rizal/Must/Buyung/Wildan/Ika/Fahmi)

No comments

Powered by Blogger.