Header Ads

Satgas Quik Wins Baintelkam Polri Terus Bekerja, dari Sanolo ke Ngali-Bima dan Woha


Tim Satgas Quik Wins Baintel Polri bersama masyarakat di Masjid Al-Manar Desa Ngali-Bima
Visioner Berita Bima-Kerja nyata pihak Polri dalam menyikapi dan mengantisipasi persoalan radikalisme, deradikalisasi dan kontra radikal terus berjalan di seluruh indonesia, tak terkecuali di Bima baik Kota maupun Kabupaten. Setelah melaksanakan kegiatan Khutbah Jum’at oleh anggota Satgas Quik Wins Baintelkam Polri Ipda Farhan Arif S.Trk di Masjid Nurul Huda Desa Sanolo, Kecamatan Bolo-Kabupaten Bima, Tim Satgas dibawah kendali AKBP Ali Murni (Ketua Tim Satgas Quik Win Baintelkam Polri) melebarkan sayap menggelar kegiatan yang sama (Khutbah Jum’at) di Masjid Al-Manar Desa Ngali, Kecamatan Belo-Kabupaten Bima, Jum’at (24/112017).

Ketua Tim (Katim) Satgas Quik Wins Baintelkam Polri untuk Bima baik Kota maupun Kabupaten, AKBP Ali Murni menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al-Manar Ngali, menampilkan tema yang sama seperti di Masjid Nurul Huda Sanolo. Yakni, Ipda Farhan Arif S.Trk tampil sebagai Pengkhutbah dengan tema Makna Jihad dalam Konteks Keindonesiaan.

“Pesan yang disampaikan, lebih kepada masyarakat di manapun agar tetap waspada terhadap radikalisme, terorisme, deradikalisasi hingga ke kontra radikal. Dalam kaitan ini, Pengkhutbah (Ipda Farhan Arif S.Trk) mengajak masyarakat di manapun agar saling bahu-membahu dalam menyikapi dan mengantisipasi masalah radikalisme dan terorisme, masalah Narkoba, kenakalan remaja dan lainnya,” terang Katim, AKBP Ali Murni kepada visioner, Jum’at (24/11/2017).

Terlaksananya keiatan di Masjid Al-Manar Ngali tersebut, lahir atas adanya kerjasama berbagai pihak. dengan Satgas Quik Wins Baintelkam Polri. Diantaranya, Tomas, Toga, Aparat Desa hingga ke Aparat Kecamatan setempat (Belo). Tak hanya itu, peran Kapolres Bima Kabupaten AKBP Bagus Satriyo Wibowo beserta jajarannya atas suksesnya pelaksanaan kegiatan baik di Ngali dan Sanolo ini juga harus diakui adanya. “Oleh karenanya, kami patut memberikan apresiasi kepada Kapolres Bima Kabupaten, aparat Desa Ngali, Camat Belo dan jajarannya, Tomas, Toga dan sejumlah elemen lain nyang terlibat dalam kegiatan penting ini,” paparnya.

Pada kegiatan yang berlangsung di Masjid Al-Manar Ngali tersebut, juga disambut secara antusias oleh masyarakat setempat. Ratusan jamaah yang melibatkan kaum perempuan dan pria, sejumlah Ormas menyesakki Masjid Al-Manar Ngali. “Kegiatan yang sama masih akan terus berjalan. Apresiasi masyarakat terkait kegiatan bertemakan Makna Jihad Dalam Konteks keindonesiaan ini, luar biasa adanya. Dan bahkan masyarakat termasuk di Desa Ngali, mengharapkan agar pelaksanaan kegiatan ini bisa dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan oleh berbagai pihak termasuk Tim Quik Wins Baintelkam Polri,” terangnya.

Kegiatan penting yang telah, sedang dan akan dilaksanakan tersebut, diakuinya sebagai program Nasional yang digagas oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo dengan basis pemikiran menginginkan bangsa dan negara tetap dalam posisi aman, nyaman, sertda damai untuk kemajuan serta kemasalahatan dalam berbagai aspek. “Dan dengan demikian, maka roda pembangunan di Bima dalam berbagai aspek yang dibutuhkan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Disamping itu, juga akan menambah kepercayaan investor untuk berinvestasi (menanamkan modal) di Bima pula,” tegasnya.

Harapan terbesar (ekspektasi) kedepannya, dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, masyarakat di manapun berada dapat memberikan dukungan penuh. Pasalnya, radikalisme dan terorisme adalah musuh bersama bagi bangsa dan negara ini (Indonesia) serta dunia. “Jika ada hal-hal yang mencurigakan, masyarakat diharuskan untuk segera melaporkannya ke Pos Polisi terdekat. Sehingga, masalah tersebut dapat disikapi dan diantisipasi. Kerjasama yang baik antara masyarakat dengan aparat, sangat dibutuhkan dalam kaitan itu,’ harapnya.

Usai melaksanakan kegiatan penting di Masjid Al-Manar Desa Ngali tersebut, Tim bergerak Satgas Quik Wins Baintel Polri menuju Polsek Woha-Polres Bima Kabupaten. Kegiatan yang berlangsung di Polsek Woha yang dikendalikan oleh AKP Fandi AR (Kapolsek Woha), lebih keada tujuan silaturrahmi kegiatan deradikalisasi dan kontra radikal. Pada kesempatan itu, rombongan diterima langsung oleh Kapolsek setempat.

Tim Satgas Quik Wins Baintelkam Polri di Mapolsek Woha-Bima
Katim AKBP Ali Murni, Iptu Budi Raharjo, Ipda M. Imam Natsir S.Trk dan Ipda Farhan Arif S.Trk dan Brigadir Tarsito-terlibat pada moment silaturrahmi ini. “Pada moment silaturrahmi tersebut, kami menyampaikan beberapa pesan penting. Yakni, kunjungan kami di Mapolsek Woha Polres Bima Kabupaten adalah bersilaturahmi dalam rangka kegiatan Program Quick Wins kontra Radikal dan Deradikalisasi. Kedua, kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Woha beserta anggotanya atas waktu dan sambutannya. Dan yang lebih penting lagi, kami juga memberikan apresiasi serta ucapan terimakasih kepada Kapolres Bima Kota AKBP Bagus Satriyo Wibowo dengan jajarannya yang telah ikut berpartisipasi aktif selama kegiatan ini,” tuturnya.

Selanjutnya, pihaknya menghimbau kepada Polsek Woha dengan jajarannya untuk senantiasa memonitor dan mengantisipasi pergerakan dari kelompok radikal serta memberikan himbauan kepada masyarakat di wilayah hukumnya agar pro aktif dalam memberikan informasi terhadap keberadaan orang asing (orang luar yang ingin memprovokasi/membuat instabilitas). “Sebab, menjaga sekaligus mempertahankan keamanan, kenyamanan serta kedamaian bangsa dan negara adalah rugas dan tanggungjawab kita semua,” tegasnya.


Lpiutan langsung visioner melaporkan, beberapa hari sebelum melaksanakan kegiatan di Sanolo, Ngali dan di Mapolsek Woha, Tim Satgas Quik Wins Baintelkam Polri juga melaksanakan kegiatan yang sama di Mapolres Bima Kabupaten. Kegiatan yang berlangsung di Mapolres Bima Kabupaten yang dipusatkan di Musholah setempat, selain diisi dengan Khutbah yang menampilkan Ipda Farhan Arif S.Trk, juga dirangkaikan dengan moment silaturrahmi.

Pada kegiatan itu, Ipda Farhan Arif S.Trk memberikan wejangan agar polisi tetap bekerja secara profesional, mengajak berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, mengajak masyarakat untuk patuh terhadap aturan berlalu lintas, memerangi Narkoba, Miras, kenakalan remaja hingga waspada terhadap paham radikal dan terorisme.

Pada kegiatan tersebut, dihadiri oleh ratusan personil Polisi. Selain yang ada di Mapolres bima Kabupaten, juga hadir seluruh Kapolsek dalam wilayah hukum Polres Bima Kabupaten dan puluhan warga biasa. Pada moment itu pula, juga dirangkaikan dengan pembinaan rohani dan diawali dengan pembacaan Surah Yasin secara berjama’ah (bersama-sama). Tak hanya itu, Motto yang sudah dibangun oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (Modern, Profesional dan Terpercaya) diakui sebagai sesuatu yang sangat bagus. Hal itu, dihimbau agar dapat diterjemahkan oleh seluruh personil Polri di Indonesia.

Pada kegiatan tersebut, Ipda Farhan Arif S.Trk menyampaikan sejumlah pesan. Diantaranya, Polisi harus bisa tampil seperti lebah agar bisa dicintai oleh rakyat. Maksudnya, berkinerja secara baik sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang baik untuk dinikmati oleh masyarakat secara luas.


“Lebah itu berusaha keras mencari makanan yang halal, bersaran dan kemudian berproses hingga menjadi madu. Dan, madunyapun sangat enak dinikmati oleh manusia. Sekali lagi, Polisi harus mampu berbuat seperti lebah. Sebab, tujuan kewajiban kita semua adalah berbuat baik. Dan tentunya, keinginan kita semua adalah masuk Surga. Memburu Surga tak kenal kata berhenti. Oleh karenanya, maju terus-pantang mundur,” demikian pesan Ipda Farhan Arif S.Trk. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.