Header Ads

Akui Kegagalan Kepemimpinan KNPI Sebelumnya, Ina Janji Bangkit ke Arah Perubahan Lebih Baik

Foto Bersama usai kegiatan upcara Sumpah Pemuda di depan Halaman kantor Walikota Bima (28/10/2018)
Visioner Berita Kota Bima-Tertanggal 28 Oktober pada tiap tahunnya dijadikan sebagai Hari Sumpa Pemuda dan diikuti dengan upacara oleh seluruh daerah di Nusantara ini. Perayaan momentum yang sama, juga dilaksanakan di Bima baik Kota maupun Kabupaten. Hanya saja, kesan yang terjadi selama ini bersifat serimonial alias upacara saja. Sementara makna sumpah pemuda bagi pemuda, selama ini terkesan terabaikan jika merujuk pada sejumlah kondisi yang terjadi.  

Stigma itu meliputi minimnya kreatifitas pemuda hingga kian membengkaknya angka pengangguran di tingkat pemuda pula. Fenomena tersebut, dinilai menjadi cerminan dari kegagalan sebuah organisasi yang memayuni kalangan pemuda dari berbagai OKP maupun diluarnya-sebut saja KNPI.

Menanggapi penilaian sekaligus fenomena tersebut, kini Ketua KNPI Kota Bima Mutmainnah H. A.Rahim Haris yang akrab disapa Ina berjanji sudah dan akan melakukan sesuatu untuk menjawab pertanyaan tentang makna Hari Sumpah Pemuda.

“Karena saya baru terpilih menjadi Ketua KNPI Kota Bima, minimal sudah melakukan salah satu hal untuk pemberdayaan pemuda. Yakni menyerahkan bibit ayam kampung sebanyak puluhan ekor kepada pemuda di Lingkungan Ranggo Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima. Semoga dengan hal itu, dapat mereka kembangkan untuk kehidupan baik dirinya maupun keluarganya,” sahut Ina usai melaksanakan kegiatan upacara Sumpah Pemuda di halaman kantor Walikota Bima, Senin (28/10/2018).

Tokoh Wanita sekaligus Ketua Partai Nasdem Kota Bima yang akrab disapa Ina ini menegaskan, di era kepemimpinannya akan menghidupkan kembali KNPI Kota Bima yang sempat mati suri selama tiga tahun lalu. Karena, kepengurusan DPD 2 KNPI Kota Bima dibawah kendali Zul Amirulhaq tiga tahun silam adalah gagal mengembangkan organisasi ini.

“KNPI selama tiga tahun silam dibawah kendali Zul Amirulhaq itu gagal. Maka sekarang, saya akan membuktikan kerja nyata sebagai Ketua KNPI. Mungkin saat ini saya tidak bisa berjanji muluk-muluk untuk melakukan ini dan itu namun hasilnya tak ada, tetapi kita buktikan saja nanti soal janji saya tersebut,” janjinya.

Target yang paling enting baginya adalah memberikan bantuan kepada pemuda yang sampai saat ini masih belum bisa berkreasi karena alasan permodalan. Salah satunya, yakni pemberdayaan pemuda melalui UMKM, ekonomi kreatif, melakukan penyuluhan di tingkat pemuda karena tidak sedikit jumlahnya yang terlibat dalam dunia Narkoba, Miras dan lainnya.

“Pada struktur kepengurusan kepengurusan KNPI Kota Bima tentu saja memiliki bagian-bagian (Devisi) yang tentu saja mengambil bagian untuk melakukan sesuatu pada masing-masing bidangnya. Dan OKP-OKP juga akan diberikan ruang untuk melakukan hal sama untuk kegiatan kepemudaan di Kota Bima,” jelas Ina.

Selain itu, guna memaknai sumpah pemuda-dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan kegiatan sosial. Kegiatan tersebut, direncanakannya akan dilaksanakan sebelum acara pentikan DPD 2 KNPI Kota Bima.

“Pelantikan pengurus DPD 2 KNPI Kota Bima akan dilaksanakan pada 7 November 2018. Namun sebelumnya itu, Insya Allah kita akan laksanakan kegiatan sosial seperti membersihkan panmtai, penanaman pohon di sejumlah titik, pembersihan Masjid-Musholah, donor darah dan sejumlah kegiatan sosial lainnya,” janjinya lagi.

Soal rencana penanaman pohon di sejumlah titik di Kota Bima tersebut, Ina mengaku akan menggandeng sejumlah instansi Pemerintah setempat. Yakni, Dinas Pariwisata dan Kodim 1608 Bima. “Untuk hal itu, kami di KNPI Kota Bima sudah membicarakannya terlebih dahulu dengan Dandim 1608 Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra. Insya Allah soal penghijauan ini kami akan berkolaborasi. Sekali lagi, Insya Allah kegiatan-kegiatan penting ini akan kami laksanakan sebelum pelantikan Kepengurusan DPD 2 KNPI Kota Bima,” paparnya.

Singkatnya, Ina bercita-cita besar untuk mengembangkan DPD 2 KNPI Kota Bima ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. DPD 2 KNPI Kota Bima bangkit menuju Perubahan di era kepemimpinannya adalah sebuah ekspektasi yang akan diwujudkannya dalam bentuk nyata. “Tiga tahun silam organisasi ini gagal berkembang, oleh karenanya saatnyalah kami bangkin menuju PERUBAHAN ke arah yang lebih baik,” tegas Ina. (RIZAL/WILDAN/BUYUNG/NANA/AL/GILANG)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.