Header Ads

Kapolres Bima Kota: Kebersamaan Mutlak Untuk Memperkuat KAMTIBMAS

Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah

Visioner Berita Kota Bima-Guna mewujudkan Ketertiban dan Keamanan Masyarakat (KAMTIBMAS) diakui bukan saja menjadi tugas serta tanggungjawab Polri. Tetapi, hal tersebut mutlak membutuhkan langkah dan gerakan bersama antara Polri dengan seluruh Tokoh. Yakni, Tokoh Masyarakat (Tomas), Tokoh Agama (Toga), Tokoh Pemuda (Topem) dan lainnya. Hal tersebut, ditegaskan oleh Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah kepada sejumlah awak media beberapa waktu lalu.

Menurut Kapolres Bima Kota yang baru dilantik menggantikan posisi AKBP Ida Bagus Winarta, S.IK ini-menciptakan momentum kebersamaan guna mewujudkan KAMTIBMAS tetrsebut, sesungguhnya tidaklah sulit. Tetapi, bisa dilakukan dengan pola paling sederhana.

“Acaranya sangatlah sederhana. Tapi di sana ada kita yang ikut merasakan kebersamaan itu. Keinginan untuk menjaga hubungan yang baik dengan Tomas, Toga, Topem dan lainnya tentu akan bisa dicapai ketika semuanya meringankan langkah untuk berkumpul dalam rangka memabahas sekaligus membahasakan hal-hal yang berkaitan dengan KAMTIBMAS,” terang Erwin.

Kapolres Bima Kota ternyata pandai menyannyi (Moment pernikahan salah seorang anggota Polres Bima Kota di Paruganae Convention Hall Kota Bima). Dok. Foto: 2 November 2018
Lebih logis lagi, Erwin menyatakan bahwa untuk memperkuat benteng KAMTIBMAS itu lebih kepada memperkuat sekaligus menjaga silaturrahmi dengan berbagai elemen masyarakat tersebut. Sebab, silaturrahmi merpakan wadah yang paling tepat untuk menjaga kerukunan hidup bermasyarakat. “Sebab, salah satu amalan yang paling mulia dalam beragama itu adalah menyambung silaturahmi. Dan dengan bersilaturahmi, kita bisa mendengar permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat," terangnya.

Erwin kemudian memberikan salah satu contoh paling sederhana terkait ekspektasi dimaksud. Yakni pada kegiatan sosial yang digelar masyarakat Desa Buncu Kecamatan Sape-kabupaten Bima pada Sabtu (3/11/2018).

“Warga yang berada di sana mengundang kami nyang bertugas di wilayah hukum Polres Bima Kota pada kegiatan meresmikan pelantikan pengurus Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM) Sape Utara yang keanggotaannya berasal dari Tomas, dan Topem setempat. Momentum tersebut merupakan salah satu cerminan dari kebersamaan antara Polri dengan masyarakat,” tandas Erwin.

Kapolres Bima Kota, AKBP Erwin Ardiansyah pada kegiatan di Sape Utara (2/11/2018)
Bukan itu saja, Erwin juga mengaku turut memberikan semangat kepada Iptu Afrah anggota Sat Brimob Polda Papua Barat sebagai salah seorang warga yang di tokohkan dari Kecamatan Sape-telah mendapatkan kesempatan ikut bergabung dalam Pasukan Garuda Indonesia untuk PBB di Sudan. Sekali lagi, acaranya memang sederhana, tetapi di sana ada kita rasakan kebersamaan itu untuk terus mewujudkan keinginan menjaga hubungan yang baik dimana Tomas, Toga dan Topem semuanya terkumpul di dalamnya,” ulasnya.

Sebagai kapolres Bima Kota yang baru beberapa hari resmi dilantik, Erwin kembali menjelaskan telah menggunakan beberapa kesempatan pertemuan dengan masyarakat. Dan pada moment tersebut, Erwin menyampaikan harapannya. Maksudnya, kepada masyarakat diharapkan adanya dukungan kerjasamanya dalam menjaga situasi KAMTIBMAS di masing-masing wilayahnya. Harap Erwin, apabila muncul permasalahan yang kemudian mengancam kondisi keamanan masyarakat, masyarakat harus segera melaporkan kepada pihak Polri.

“Insya Allah setiap masalah pasti ada solusinya jika kita mau duduk bersama dan selanjutnya menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah,” tuturnya.
Dengan situasi politik yang terjadi sekarang, Erwin mengharapkan agar masyarakatnya tidak mudah terpancing oleh upaya-upaya provokasi, isu dan atau permasalahan yang belum jelas akurasinya. “Diharapkan ditahun politik ini, kita tetap waspada agar jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum yang akan mengorbankan kita sebagai korbannya,” imbuhnya. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.