Header Ads

Dinda Teteskan Air Mata dan Menyerahkan Bantuan Pribadi Rp70 Juta Untuk Korban Kebakaran di Renda

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE saat menyerahkan bantuan pribadi kepada korban kebakaran di Renda
Visioner Berita Kabupaten Bima-Ganasnya api dua hari lalu, praktis telah telah membuat puluhan KK di Desa Renda Kecamatan Belo Kabupaten Bima-NTB menjadi miskin seketika dan berimbaskan kepada duka yang sulit terlupakan. Perasaan duka cita bahkan tercucurnya air mata berbagai pihak ketika melihat peristiwa kebakaran dan kondisi yang dialami oleh para korban kebakaran, juga diakui sebagai kelaziman untuk dan atas nama kemanusiaan. 

Rasa iba teramat dalam atas peristiwa yang menimpa korban kebakaran di Renda itu, pun lahir pada Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE. Rabu siang (20/2/2019), Wanita pertama yang menjadi Bupati pada wilaha Indonesia bagian Timur sekaligus Ketua DPD 2 Parta Golkar setempat ini bertandang ke Desa Renda guna melihat secara langsung dampak yang ditimbulkan oleh peristiwa miris dan bahkan mengundang air mata dari berbagai pihak.

Pada moment tersebut, selain meminta korban kebakaran agar tetap tabah, sabar sabar ikhlas-Ketua KONI Kabupaten Bima yang akrab disapa Dinda ini juga sempat meneteskan air mata sebagai wujud keprihatinan sekaligus kesedihannya yang teramat dalam atas musibah yang menimpa para korban bencana kebakaran. Tak hanya itu, Dinda juga menyerahkan bantuan pribadinya kepada korban kebakaran tersebut sebesar Rp70 juta.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri saat menyampaikan sambutan dihadapan korban kebakaran di Renda
“Siapapun termasuk kita pasti merasa iba dan terketuk hatinya ketika melihat secara langsung kondisi yang menimpa korban di Renda. Dan siapapun akan terketuk hatinya terkait kondisi korban dimaksud,” ujar Dinda kepada Visioner, Rabu (20/2/2019).

Ditanya soal bantuan pribadinya bagi korban bencana kebakaran di Renda, Dinda enggan berkomentar. Namun atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, pihaknya tidak akan pernah tinggal diam. “Ada beberapa langkah yang sudah kami lakukan untuk menyikapi peristiwa kebakaran yang menimpa puluhan KK di Renda. Diantaranya menyerahkan bantuan tanggap darurat, melakukan proses pendataan hingga pembersihan lokasi kebakaran yang juga melibatkan pihak TNI maupun Polri,” tandasnya. 

Proses pendataan terhadap dampak dari bencana kebakaran tersebut, didesaknya harus dipercepat sebagai salah satu proses untuk mempercepat membantu warga yang tertimpa bencana. “Lazimnya, Pemerintah tidak pernah tinggal diam. Kami terus bekerja dan melayani setiap warga yang tertimpa bencana, tak terkecuali di Renda. Kepada korban kebakaran di Renda, saya atas nama Pemerintah mengharapkan agar tetap bersabar, tabah dan ikhlas menerima cobaan ini. Insya Allah, Pemerintah akan tetap membantunya,” harap Dinda.

Di tenda pengungsian ini air mata korban kebakaran di Renda nampak nyata saat menyambut kehadiran Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE
Dinda kemudian menyatakan apresiasi, terimakasih kepada pihak-pihak di luar Pemerintah karena telah hadir memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Renda. Sebab, sentuhan kemanusiaan dari para pihak tersebut diakuinya sangat membantu para korban kebakaran di Renda.

“Jangan pernah berhenti berbuat baik untuk sesama, Insya Allah hal tersebut akan tercatat sebagai ladang amal bagi kita semua untuk hari kelak. Sementara kebutuhan-kebutuhan lain yang bersifat mendesak untuk korban bencana di Renda, juga akn disikapi secara segera. Instansi Pemerintah yang berkaitan dengan peristiwa kebakaran tersebut, diharapkan juga bisa bergerak secara cepat pula,” imbuh Politisi wanita cantik, murah senyum, baik, komunikatif dan dikenal dengan kaya akan kesolehan sosial ini.

Membangun kembali rumah korban kebakaran pasca peristiwa itu terjadi, diakuinya akan dilakukan oleh Pemerintah sebagai wujud tanggungjawabnya kepada pihak yang dilayani (masyarakat). Oleh karenanya, proses, tahapan dan mekanismenya harus dilewati secara actual pula.

“Setelah semua proses dan tahapan administrasinya terlewati, maka langkah selanjutnya akan ada sikap nyata dari Pemerintah untuk korban kebakaran di Reda. Untuk itu, kami sangat berharap agar korban bencana tersebut bersabar sembari menunggu proses dan tahapan dimaksud,” pungkas Dinda.

Moment GP Ansor menyerahkan bantuan untuk korban bencana kebakaran di Renda
Catatan terkini Visioner menjelaskan, bantuan-bantuan khususnya dari organisasi di luar Pemerintah sejak kemarin hingga sekarang diakui terus berdatangan untuk korban kebakaran di Renda. Hal tersebut, juga diakui oleh Kades Renda, Lukman SE. Salah satunya, yakni datang dari GP Ansor baik Kota maupun Kabupaten Bima.

“Alhamdulillah bantuan dari organisasi di luar Pemerintah dan masyarakat biasa masih berdatangan untuk korban bencana kebakaran di Renda. Oleh karena itu, saya atas nama Kades Renda menyatakan apresiasi, terimakasih sekaligus bangga karena pihak-pihak tersebut telah hadir di Renda dengan sentuhan kemanusiaan untuk korban bencana korban kebakaran ini. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada rekan-rekan wartawan karena telah mempbulikasikan peristiwa kebakaran di Renda ini,” tutur Lukman, Rabu (20/2/2019).

Ucapan terimakasih, apresiasi dan rasa bangganya, juga disampaikan oleh Lukman kepada Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, pihak TNI dan Polri serta pihak-pihak lainnya karena telah hadir serta memberikan bantuan kepada korban kebakaran di Renda.

“Tadi siang, Bupati Bima datang ke Renda. Beliau juga sempat menyapa dan memberikan bantuan pribadi kepada korban kebakaran di Renda. Bantuan tersebut, yakni berbentuk uang. Pada moment tersebut, Bupati Bima juga sempat duduk bersama dengan korban kebakaran dalam waktu yang lumayan lama. Pada moment tersebut, Bupati Bima juga berharap agar korban kebakaran tetap bersabar, tabah, ikhlas dan tegar dalam menghadapi cobaan ini. Alhamdulillah, warga Renda khususnya korban kebakaran sangat apresiatif menyambut kehadiran Bupati Bima pada moment tersebut,” jelas Lukman.

Lukman menambahkan, bantuan untuk korban kebakaran di Renda juga datang dari pihak PT. PLN (Persero) Cabang Bima. Bantuan tersebut, yakni dalam bentuk Sembako dan lainnya yang dibutuhkan oleh korban bencana kebakaran di Renda. Saat ini, pihak PLN sedang memperbaiki jaringan listrik yang rusak akibat kebakaran di wilayah itu. "Terimakasih kami kepada PLN. Untuk pihak Perbankan di daerah ini, sampai sekarang belum datang memberikan bantuan kepada korban bencana," tandasnya.

Namun, Lukman juga nmenyampaikan bahwa ruang-ruang bantuan-bantuan untuk korban bencana di Renda tersebut masih dibuka seluas-luasnya. Untuk penyaluran bantuan bagi korban bencana tersebut ujarnya, telah dibangun Posko di Desa Renda pula. “Bagi para pihak yang ingin menyalurkan bantuan tersebut bisa langsung ke posko yang sudah dibangun di Desa Renda,” tuturnya. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.