Selain Penghijauan, Kini KHJB Hadirkan Terobosan Baru-Menginisiasi Deklarasi Eco Office

Foto Bersama Pihak KHJB Dengan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE
Visioner Berita Kabupaten Bima-Kiprah (pengabdian) Komunitas Hijau Jao Bima (KHJB) pada lingkungan, sesungguhnya bukan hal baru bagi masyarakat Bima. Gerakan-gerakan mulia dan actuasl yang dilakukannya bahkan diakui oleh publik, selama ini bahkan hingga sekarang terlihat pada aksi penghijauan pada kawasan-kawasan hutan gundul sebagai akibat dari tindak kejahatan pembalakan oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab.

Masih soal lingkungan, kini KHJB menghadirkan terobosan baru. Yakni menginisiasi deklarasi Eco Office di kalangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima. Komunitas yang fokus pada isu lingkungan dan penghijauan tersebut, sudah mulai mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera mendeklarasikan komitmen penerapan Eco Office sejak Februari 2019.

Inisiatif tersebut, lahir karena sudah saatnya semua pihak agar tak hanya memikirkan lingkungan tempat tinggal saja. Tetapi, juga mulai memikirkan lingkungan kerjanya. Makasudnya, memikirkan manajemen lingkungan dalam kegiatan perkantoran.

Catatan pentingnya, Eco Office adalah kantor peduli lingkungan yang telah mewujudkan penerapan sistem manajemen lingkungan dalam kegiatan perkantoran. Tujuannya diakui lebih kepada menciptakan lingkungan kantor yang bersih, indah, nyaman dan menyehatkan.

Selain itu, Eco Office juga bertujuan juga untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pemakaian sumber daya alam. Ketua Dewan Pendiri KHJB, Didik Fardiansyah menjelaskan, bahwa sudah saatnya Pemkab Bima berpikir serius dalam menerapkan Eco Office. Misalnya dengan cara menyetop penggunaan sampah plastik di lingkungan kantor. "Air mineral kemasan/sekali pakai bisa diganti dengan penggunaan tumbler atau botol air minum yang bisa diisi ulang,” jelasnya, Minggu (24/3/2019).

Didik juga mempertanyakan soal tempat kerja sudah siap menerapkan konsep Eco Office atau sebaliknya. “Jawabannya tergantung kepada kekuatan komitmen setiap individu.Sebenarnya yang menjadi masalah bukan sampahnya, tapi mindset masyarakat yang perlu dirubah,” terangnya.

Sebagai komunitas hijau yang sudah berbadan hukum, KHJB sudah beberapa kali melakukan pertemuan intern dengan lingkup Pemkab Bima untuk menyampaikan inisiatif tersebut. “Kami selaku dewan pengurus KHJB sudah dua kali bertemu dengan pihak Pemkab Bima. Pertemuan pertama di kantor Bupati Bima dan diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda). Dan pertemuan kedua, langsung dengan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE di kediamannya pada Sabtu (16/3/2019),”, ungkap Ketua Dewan Pengurus KHJB, Anwar Sarijo.

Pada moment pertemuan tersebut jelas Anwar, Bupati Bima menyambut baik dan berterima kasih kepada KHJB atas inisiatifnya untuk segera melakukan deklarasi Eco Office. Sebagai tindak lanjut dari pernyataan sikap Pemda Bima tandasnya, Bupati Bima mengaku sudah menyiapkan konsep surat edaran untuk disebarkan kepada seluruh SKPD/OPD di jajaran Pemkab Bima.

KHJB sebagai mitra Pemkab Bima, menawarkan konsep untuk mendeklarasikan komitmen tersebut pada 21 April 2019 yang bertepatan dengan Hari Bumi Internasional (HBI). "Selain deklarasi, kami juga akan melakukan aksi penanaman mangrove di sepanjang pantai Kalaki,” tutur Ketua Dewan Pengurus yang akrab disapa Aby ini.

Selain itu, Aby bersama relawan Jao Bima berharap agar program ini berkelanjutan dan SKPD/OPD Kabupaten Bima dapat menerapkan konsep Eco office. "Selain mendukung program Gubernur NTB tentang Zero Waste, juga dapat menjadikan Kantor dan tempat kerja lebih asri, nyaman dan bebas dari sampah,” harapnya.

Rencana mulia ini praktis saja disambut baik oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE. Pada moment pertemuan dengan pihak KHJB di kediamanya, Bupati Bima menyatakan apfresiasi dan terimakasihnya atas inisiasi deklarasi Eco Office yang berorientasi kepada lingkungan yang sehat ini (penyehatan lingkungan). “Terimakasih telah hadir sekaligus menawarkan rencana mulia ini. Oleh karenanya, tentu saja akan kami dukung sepenuhnya dan siap membangun kerjasama yang baik dengan Eco Office ini,” sahut Bupati Bima dengan nada singkat. (RIZAL/GILANG)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.