Header Ads

Kinerja Kolaboratif Sukses Tuntaskan Rumah Bapak Tua Renta

Listriknya Dibantu Secara Gratis Oleh PT. PLN Cabang Bima

Inilah Rumah Baru M. Saleh Muhammad
Visioner Berita Kabupaten Bima-M. Saleh Muhammad warga asal RT 03 Dusun kampo Amba Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima, kini sudah tersenyum lega. Betapa tidak, rumah panggungnya yang sebelumnya dalam kondisi memprihatinkan kini pembangunannya sudah dituntaskan secara kolaboratif oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Camat Woha Irfan DJ, SH beserta jajarannya. Danramil Woha Kapten Kapten Kav Sukahar dan jajarannya, Kapolsek Woha Iptu Edy Prayitno beserta pasukannya. Dan aparat Desa Talabiu yang juga melibatkan masyarakatnya.

Kamis malam (11/4/2019), Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE membenarkan bahwa pembangunan rumah M. Saleh Muhamamd tersebut telah dituntaskan. Oleh karenanya tandas Bupati Bima, kini yang bersangkutan sudah bisa hidup di tempat yang layak seperti tetangga di sekitarnya.

“Alhamdulillah, kini yang bersangkutan sudah nyaman tinggal di rumah baru. Ini adalah salah satu bentuk perhatian kami. Terimakasih kepada semua pihak yang terlibat secara kolaboratif  sehingga pembangunan rumah tersebut sudah bisa dituntaskan. Dan terimakasih serta apresiasi, juga kami sampaikan kepada media massa yang intens mempublikasikan masalah ini,” tandas Politisi asal Partai Golkar yang akrab disapa Dinda ini.

Secara terpisah, Camat Woha Irfan DJ, SH juga membenarkan bahwa pembangunan rumah tersebut sudah berhasil dituntaskan. Oleh karenanya, M. Saleh Muhammad kini sudah menempati rumah yang sangat layak. Penyelesaian pembangunan rumah tersebut jelasnya, yakni sekitar satu minggu. “Total biaya yang dikumpulkan oleh berbagai pihak yang terlibat pada pembangunan rumah tersebut termasuk Bupati Bima, yakni sekitar Rp9 juta,” terangnya, Jum’at (12/4/2019).

Sisi Salam Rumah M. Saleh Muhammad
Irfan menjelaskan, atap rumah tersebut yang sebelumnya dari genteng namun kini sudah digantikan dengan seng. Mulai dari tiang, dinding hingga lantai rumah itu kini sudah digantikan dengan material berupa kayu yang baru. “Bangunan rumahnya sudah sangat fix. Sekarang tinggal isi rumahnya saja yang perlu diperhatikan,” harap Irfan.

Keterlibatan pihak PT. PLN Cabang Bima (Persero) terkait realitas kehidupan sosial M. Saleh Muhammad ini, juga diakui adanya. Bentuknya, pihak PLN memasang listrik di rumah itu secara gratis. “Alhamdulillah, Listriknya dipasang secara gratis oleh pihak PLN Cabang Bima. Dan kemungkinan besar sekarang listriknya sudah nyala. Oleh karena itu, kami patut mengapreasiasi dan terimakasih sekaligus bangga kepada pihak PLN,” ucapnya.

Irfan menjelaskan, pihak keluarganya dapat menemani M. Saleh Muhammad baik siang maupun malamnya. “Sebagai Camat Woha, saya sudah mengingatkan kepada anaknya yakni Arsyad agar bisa tidur bersama M. Saleh Muhammad pada malam harinya. Kan kasihan kalau dia tidur sendiri di rumah yang baru dibangun itu,” harap Irfan lagi.

Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE
Untuk kesejahteraan hidup M. Saleh Muhammad, Irfan meminta kepada semua pihak untuk membantunya terutama dalam bentuk makanan-minuman. Sebab, siapapun tidak akan mengalami kerugian jika bisa membantu yang bersangkutan.

“Kepada para tetangganya, kami berharap agar bisa membantu M. Saleh Muhammad di sisa hidupnya ini. Dala kaitan itu, Alhamdulillah tetangganya itu berjanji kepada saya akan siap membantu yang bersangkutan. Sementara tugas kami atas nama Pemerintah, selanjutnya akan mengusahakan Jaminan Hidup (Jadup) bagi M. Saleh Muhammd ini. Sekali lagi, Insya Allah soal Jadupnya untuk sehari-hari akan kami upayakan membangun komunikasi dengan Kabag Kesra Setda Kabupaten Bima,” ujar Irfan.

Singkatnya, setelah pembangunan rumah tersebut dituntaskan-pihaknya langsung melakukan kegiatan serah terima dengan M. Saleh Muhammad. Serah terma rumah tersebut secara resmi, dilakukan pada Rabu (10/4/2019). “Yang hadir pada moment serah terima rumah tersebut yakni Kapolsek Woha, Danramil Woha, Kepala PLN, dan Pemerintah Desa Talabiu. Intinya, pembangunan rumah tersebut sukses dituntaskan. Terimakasih kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi membantunya. Ucapan yang sama, juga kami sampaikan kepada rekan-rekan Wartawan yang intens memberitakan masalah ini,” pungkas Irfan. (TIM VISIONER)  

No comments

Powered by Blogger.