Header Ads

Syamsuri Firdaus (Anak Kuli) Gegerkan Dunia-Diundang Joko Widodo di Istana Negara

Tiba di Istana Negara, Firdaus Disambut dan Mencium Tangan Presiden Joko Widodo (28/5/2019)
Visioner Berita Jakarta, Indonesia-Syamsuri Firdaus (18) adalah warga kelahiran Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima-NTB. Pada tingkat kehidupan sosial, Syamsuri berada pada tataran ekonomi “rendah”. Betapa tidak, ayah kandungnya (Abdullah Ahmad, Red) bekerja sebagai kuli (petani).

Namun dibalik kondisi kemiskinan yang menerpanya, ternyata terselip sebuah potensi yang mengagumkan. Yakni Syamsuri pandai mengaji dan kerap menjadi juara 1 pada MTQ mulai dari NTB, NTT hingga menjadi delegasi Indonesia pada event MTQ Internasional ke 7 di Istanbul Turki. Alhasil, anak muda belia yang lahir dari rahim seorang ibu bernama Dahlia Arahman ini berhasil menjadi juara 1 dan mengalahkan peserta dari 86 negara.

Atas prestasi kelas dunia yang diraihnya itu, Mahasiswa Baru (Maba) jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) pada Universitas Indonesia (UI) ini langsung disambut hangat hingga berpelukan dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Qori asal Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Provinsi NTB Syamsuri Firdaus berhasil meraih juara 1 MTQ Internasional yang ke-7 di Turki diundang Presiden RI di Istana Negara, Selasa (28/05/19). Syamsuri Firdaus meraih juara 1 dengan menyisihkan 68 peserta perwakilan dari negara lain.

Dan atas prestasi kelas dunia yang diraihnya itu, Syamsuri Firdaus bukan saja mendapatkan piala dan piagam penghargaan. Tetapi, justeru lebih dari itu. Pun atas prestasi besarnya itu pula, nama anak kuli itu sukses memenuhi beranda Media Sosial (Medsos) seperti Facebook, InstaGram (IG), Twetter dan Media Online. Publik baik di seluruh Indonesia bahkan di Dunia, kini seolah menempatkan sosok anak muda yang satu ini sebagai bintang paling populer saat ini.

Syamsuri Firdaus Disambut Hangat dan Ramah Oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara (28/5/2019)
Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah praktis saja kontan saja terharu, bangga, apresiatif dan berterimakasih atas prestasi gemilang kelas dunia yang sukses diraih oleh Syamsuri Firdaus. Tak hanya itu, Dr. Zul pun telah menyiapkan kado special buat Syamsuri Firdaus. Yakni uang sebesar Rp25 juta dan mengumrohkanya bersama dengan kedua orang tuanya.

Sementara itu, Bupati-Wakil Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dachlan M. Noer (Dinda-Dachlan) telah mempersiapkan kado istimewa untuk Syamsuri Firdaus. Hanya saja, hingga detik ini belum diketahui bentuk kado yang diberikan oleh Dinda-Dachlan kepada Syamsuri Firdaus ini. Namun yang pasti, Dinda-Dachlan telah menyatakan telah mematangkan kesiapannya untuk menjemput kepulagan Syamsuri Firdaus ke kampung halamannya. “Yang jelas ada dong hadiah istimewa dari kami,” janji Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE.

Untuk memastikan bentuk kado yang akan diberikan kepada Firdaus tersebut, Dinda mengajak wartawan untuk meliput secara langsung moment penjemputan Firdaus nantinya. Dinda kemudian menyatakan, selain apresiatif, haru dan bangga-prestasi yang telah diraih oleh Firdaus tersebut merupakan buktinya nyata bahwa Kabupaten Bima memiliki potensi SDM berkelas dunia.

Oleh karenanya, atas nama Bupati Bima ia menyatakan rasa haru, bangga, apresiatif yang luar biasa. Tak  hanya itu, Firdaus pun diakuinya telah mengharumkan nama Bima, NTB dan Indonesia di mata dunia. “Kita harus bangga, semoga prestasi gemilang ini dapat terus ia pertahankan. Dan, diharapkan dikemudian hari akan muncul Firdaus-Firdaus yang lainnya,” harap Dinda.

Hari ini, Selasa (28/5/2019)-nama Firdaus kembali gegerkan Nusantara. Yakni pada pukul 12.15 WIB, Firdaus diundang secara resmi oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Catatan sejumlah awak media mengungkap, Firdaus berada di Istana Negara danm berbincang-bincang dengan Jokowi sekitar 15 menit lamanya.

Menurut informasi yang diperoleh Visioner mengungkap, pada moment tersebut Jokowi juga sempat mempertanyakan tentang perasaan Syamsuri Firdaus saat menerima piagam penghargaan dari Presiden Turki. Tak hanya itu, Jokowi pun mempertanyakan tentang perjalanan karier Qur’an Syamsuri Firdaus sejak awal hingga berhasil menjadi juara 1 MTQ Internasional di Istanbul Turki.

Moment Perbincangan Singkat Syamsuri Firdaus dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara (28/5/2019)
Masih menurut informasi yang diperoleh Visioner, di Istana Negara itu pula Presiden Jokowi menyerahkan hadiah berupa uang dan sebuah bingkisan untuk Firdaus. Hanya saja, hingga kini isi bingkisan tersebut belum diketahui.

Selain itu, Jokowi juga menyatakan rasa haru sekaligus kebanggaan atas prestasi kelas dunia yang telah diraih oleh anak Indonesia kelahiran Bima bernama Syamsuri Firdaus ini. Selain itu, pada ujung pertemuan di Istana negara tersebut Jokowi pun berharap agar Firdaus dapat mempertahankan prestasi terbaiknya ini.

Sementara itu, Syamsuri Firdaus kepada sejumlah awak media di Istana Negara menyatakan bahwa uang yang diterimanya dari Jokowi akan digunakan untuk menghajikan kedua orang tuanya ke Tanah Suci Mekkah. “Insya Allah hadiah uang yang saya terima dari Presiden Jokowi akan dipersembahkan persembahkan untuk menghajikan kedua orang tua saya,” ujarnya.

Kabar terkini yang diterima oleh Visioner menjelaskan, orang tua Firdaus telah mematangkan persiapan untuk menggelar do’a syukuran. Hal tersebut, akan dilaksanakan saat Syamsuri Firdaus kembali ke Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.  
 Lutfi-Feri Memberikan Ucapan Selamat Kepada Syamsuri Firdaus
Rasa haru,  bangga dan apresiasi atas prestasi terbaik yang diraih oleh Syamsuri Firdaus tersebut,  juga datang dari Walikota-Wakil Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE-Fery Sofiyan, SH (lutfi-Fery). Sebab, Syamsuri Firdaus telah mengharumkan nama Bima dan bahkan Kabupaten Dompu karena memiliki kesamaan budaya di mata dunia. 

Olehnya demikian, atas nama Bima Lutfi-Fery secara khusus mengucapkan selamat kepada yang bersangkutan dengan harapan agar mampu mempertahankan prestasi terbaik yang sukses diraihnya itu di kemudian hari. Tak hanya itu,  Lutfi-Fery berharap agar generasi Bima baik Kota maupun Kabupaten Bima bisa memetik hikmah besar dari prestasi yang diraih Firdaus ini. "Atas nama Pemkot Bima,  kami ucapkan selamat kepada Syamsuri Firdaus,"tutur Lutfi-Fery. 

Catatan lain Visioner, prestasi kelas dunia melaui ajang MTQ bukan saja diraih oleh Syamsuri Firdaus. Tetapi hal yang sama juga diraih oleh seorang guru honor pada Pondok Pesantren Al-Hussainy Kota Bima yakni Budiman Hasan.  

Budiman merupakan delegasi Indonesia yang mengikuti event MTQ Internasional atau International Holy Quran Memorization (Hafidz) Recitation (Qiraah) Competition 2017 yang berlangsung di Thailand pada (7-11/4/2017). Atas prestasinya itu, Budiman Hasan juga berhasil mendapatkan perhatian Nasional Melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI  dan hadiah puluhan juta rupiah dari Pemkot Bima dibawah kendali Walikota-Wakil Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin-H. A.Rahman, SE. (TIM VISIONER

No comments

Powered by Blogger.