Header Ads

Diyakini Perpusnas Akan Bantu Kota Bima Rp9 M Lebih Untuk Bangun Perpustakaan

Penyerahan Plakat Oleh Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE Kepada Kepala Perpusnas RI, Dr. H. Yusuf Bando (14/6/2019)
Visioner Berita Jakarta-Kepala Dinas Perpustakaan Kota Bima, Drs. H. Mahfud M.AP menjelaskan, bangunan perpustakaan setempat sangat tidak memadai. Di sisi anggaran, Pemkot Bima harus mempeperjuangkan anggaran ke Pemerintah Pusat untuk pembangunan gedung Perpustakaan yang representatif.

Oleh karenanya, pada Januari 2019 pihaknya mengajukan proposal secara resmi yang ditujukan kepada pihak Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di Jakarta. Sementara Master Plan hingga Detail Enmginering Detail (DED) bagi pembangunan Perpustakaan tersebut, diakuinya telah dibuat.

“Poposal dan Master Plan serta DED pembangunan Perpustakaan tersebut telah kami serahkan kepada pihak Perpusnas di jakarta. Insya Allah tahun 2020 pihak Perpusnas akan membantu anggaran lebih dari Rp9 M untuk pembangunan Perpustakaan di Kota Bima. Hal tersebut, terkuak pada rapat di Perpusnas Jakarta yang melibatkan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, Kepala Bappeda Kota Bima, Drs. H. Fahrun Razi M.Si dan Kabag Humas setempat Ir. H. A. Malik M.AP pada Jum’at (14/6/2019).

Namun sebelum rencana tersebut dilaksanakan jelas, maka pihak Perpusnas terlebih dahulu akan menurunkan timnya untuk melakukan verifikasi secara factual di Kota Bima. “Semuanya masih dalam proses, oleh karenanya Walikota Bima akan terus memperjuangkan guna menghadirkan anggaran untuk pembangunan Perpustakaan dimaksud. Pada pertemuan penting itu, Pak Walikota Bima sudah menjelaskan semuanya dan Insya Allah pihak Perpusnas akan memperjuangkan anggaran bagi pembangunan gedung Perpustakaan Kota Bima tahun 2020,” jelas Mahfud.

Foto Bersama Rombongan Walikota Bima Dengan Pihak Perpusnas RI Usai Pertemuan Penting (14/6/2019)
Kehadiran rombongan Walikota Bima di gedung Perpusnas tersebut, diakuinya diterima secara langsung oleh Kepala Perpusnas, Dr. H. Syarif Bando. “Setelah melihat Master Plan, DED dan lainnya tentang bangunan Perpusatakaan Kota Bima tersebut, Kepala Perpusnas menyatakan siap membantu. Hal tersebut mencerminkan adanya keyakinan bahwa Kepala Perpusnas RI siap membantu anggaran bagi pembangunan gedung Perpustakaan Kota Bima,” jelas Mahfud.

Mahfud kembali menjelaskan, kepastian atau sebaliknya Kota Bima akan mendapatkan bantuan dari Perpusnas tersebut akan diumumkan pada saatnya nanti. “Kita juga belum tahu tentang berapa daerah yang mendapatkan bantuan senada. Sebab, hingga saat ini masih diverifikasi oleh pihak Perpusnas RI. Insya Allah pada Agustus atau September 2019, pihak Perpusnas RI akan datang ke Kota Bima untuk melakukan verifikasi bangunan Perpustakaan di Kota Bima,” sebut Mahfud.

Keterlibatan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE dalam memperjuangkan hal ini, diakuinya tak bisa dipungkiri. “Setelah Pak Walikota Bima melihat langsung kondisi bangunan Perpustakaan setempat, kami langsung diperintahkan membuat proposal permohonan bantuan anggaran kepada pihak Perpusnas RI. Setelah semuanya kelar, Proposal tersebut langsung ditandatangani oleh Walikota Bima dan selanjutnya kami kirim ke Perpusnas sekitar Pebruari 2019,” tandas mahfud.

Selanjutnya kata Mahfud, pihaknya langsung bertemu dengan pihak Perpusnas RI di Jakarta untuk membahas lebih lanjut proposal tersebut.

“Saat itu pihak Perpusnas RI mengharapkan agar Pak Walikota Bima diminta untuk sowan sekaligus membahas Proposal itu dengan Kepala Perpusnas. Namun karena kegiatan Pak Walikota maupun Kepala perpusnas yang terlalu padat, akhirnya rencana pertemuan beberapa bulan menjadi tertunda. Tetapi, Alhamdulillah pada Jum’at (14/6/2019) Walikota Bima berhasil bertemu dengan Kepala Perpusnas RI. Pertemuan di Kantor Pusat Perpusnas tersebut, berlangsung beberapa menit. Tetapi inti dari pertemuan itu, pihak Perpusnas RI menyatakan siap membantu anggaran bagi pembangunan Perpustakaan di Kota Bima pada tahun 2020,” pungkas Mahfud. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.