Perhatian Pada Dunia Pendidikan “Minim”, Ini Rekomendasi Bersama Rektor Manivesto HMI Cabang Bima Untuk SDM Unggulan

Moment Kegiatan Yang Digelar HMI Cabang Bima, Kamis (2/5/2024)

Visioner Berita Kota Bima-“Memanusiakan Manusia” diakui sebagai misi utama dunia pendidikan di Indonesia, tak terkecuali di Bima. Seiring dengan momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tertanggal 2 Mei Tahun 2024, dijelaskan berbagai Universitas swasta di Bima dihadapkan dengan “masalah serius” yang dinilai disebabkan oleh minimnya perhatian Pemerintah, terutama untuk Sumber Daya Manusia (SDM) Unggulan.

Sentuhan yang dinilai sangat minim tersebut, diakui bukan hal baru. Tetapi diakui dirasakan masih berlangsung sampai dengan saat ini. Atas dasar hal itu, Rabu (2/5/2024) Salah satu Organisasi mahasiswa yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bima menggelar kegiatan penting ) dengan sejumlah Rektor dari beberapa Universitas di Bima.

Dari kegiatan penting tersebut, diakui melahirkan kesepakatan bersama yang ditandatangani secara Rakor tersebut dijelaskan telah ditandatangani bersama secara resmi yang disertai dengan sejumlah penjelasan dan harapan besar kepada Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima. Informasi ini diperoleh Media Online www.visionerbima.com kepada Ketua Umum (Ketum) HMI Cabang Bima yakni Fitrah, Rabu (5/5/2024).

Fitrah menjelaskan, Moment tanggal 2 Mei tahun 2024 sebagai momentum memperingati hari pendidikan adalah momentum yang baik dan tetap untuk merefleksikan perjalanan perjalanan dunai pendidikan Nasional, lebih khusus pengelolaan dunai pendulikan di Kota dan Kabupaten Bima. Secara filosifis pendidkan adalah hak warga Negara, sekaligus kewajiban Negara termasuk pemerintah daerah untuk memfasilitasi, menyelenggarakan dan mewujudkannya dengan adil dan bermutu.

Fitrah menegaskan, tidak ada satupun bangsa dan peradaban yang menajak maja tanpa memperhatikan pendidikan yang berkualitas. Sementara realitasnya saat ini, Negara harus hadir pada fase awal, yakni hanya menyetuh penyelenggarana pendidikan usia dini, tingakat dasar, pertama dan menengah. Sedangkan untuk fase penajaman keahlian dan kepakaran SDM baru disentuh dengan cara-cara yang parsial dan partikuler, lewat ragam beasiswa seperti KIP yang jumlahnya masih sangat terbatas.

Artinya menurut Fitrah, kehadiran Negara pada pendidikan tinggi (mahasiswa) masih sangat jauh dari ideal, bahkan tidak hadir sama sekali. Oleh karena itu lewat momentum ini IIMI Cabang Bima berikhtiar mengajukan rekomendasi kepada pemerintah daerah merancang peta jalan afirması untuk pendidikan tinggi.

Tujuan dari manivesto pengembangan SDM unggul Bima adalah sebagai berikut:

-Menyiapkan SDM Unggul Bima, utamanya mereka merka yang asca SMA/SMK yang cerdas dan unggul tetapi tidak mampu secara ekonomi.

-Menyiapkan alokasi minimal 2 persen APBD untuk mengafirmasi pengembangan SDM Unggul Bima

-Manivesto Pengembangan SDM Unggul Bima

Berdasarkan permasalah dan tujuan yang di uraian tersebut, maka dengan ini HMI Cabang Bima mengajukan menivestor pengembangan SDM unggul Bima sebagai berikut:

-Meminta DPRD Kota Bima, kabupaten Bima, Walikota Bima, Bupati Bima untuk segera membentuk tim kerja rancangan naskah akademik perda Pengembangan SDM Unggul Bima.

-Meminta DPRD Kota Bima, kabupaten Bima, Walikota Bima, Bupati Bima mengalokasikan minim 2 porsen APBD untuk mengafirmasi pembiyaan beasiswa SDM Unggul Bima, yang di khususkan untuk sumber daya manusia pasca sma/SMK.

Berdasarkan permasalah dan tujuan yang di uraian di atas, maka dengan ini HMI Cabang Bima mengajukan menivestor pengembangan SDM unggul Bima sebagai berikut:

-Meminta DPRD Kota Bima, kabupaten Bima, Walikota Bima, Bupati Bima untuk segera membentuk tim kerja rancangan naskah akademik perda Pengembangan SDM Unggul Bima.

-Meminta DPRD Kota Bima, kabupaten Bima, Walikota Bima, Bupati Bima mengalokasikananggaran  minimal 2 porsen dari APBD untuk mengafirmasi pembiyaan beasiswa SDM Unggul Bima, yang di khususkan untuk SDM Pasca Sarjana /SMK.

Rakor tersebut ditandatangani bersama secara resmi oleh Ketua Umum HMI Cabang Bima, Fitrah, Rektor Universitas Mbojo (Umbo), Assoc Prof. Rifai, M.Si, Rektor Universitas Muhammadiyah Bima (UMB), Assoc Prof. DR. Ridwan, SH, MH dan Rektor Universitas Nggusuwaru (UNSWA), DR. Nasution, M.Pd. (ISRAT/FAHRIZ/JOEL/RUDY/AL)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.