Header Ads

Gubernur Luncurkan Aplikasi Bisnis iLoPETA, Dengan 12 Fitur Layanan

Yang Suka Ngoceh Harus Dipekerjakan

Bersama Gubernur NTB, Drs. Dr. H. Zulkieflimansyah di iLoPETA Kota Bima
Visioner Berita Kota Bima-Kian kerasnya persaingan (kompetisi) bagi keberlangsungan hidup dan masa depan di era globalisasi yang sarat dengan digital, ternyata tak membuat sebahagian anak-anak muda khususnya di Bima kehilangan akal untuk berkarya yang mampu menghasilkan baik bagi dirinya, keluarganya bahkan orang lain. Sebut saja, Babuju Comunity, iLoPETA dengan kinerja nyata dalam bentuk pengembangan bisnis.

Babuju Comunity misalnya, dinilai sukses menggerakan dunia usaha mulai dari budidaya ayam, lele dan lainya. Sementara iLoPETA dengan sejumlah usaha mulai dari kuliner, ojek online hingga ke usaha sumber daya alam (SDA) alias hasil pertanian dan tanaman pangan di Bima. Usaha-usaha yang dibangun oleh dua komunitas yang ada di Kota Bima tersebut, bukan saja soal keuntungan yang diperolehnya. Tetapi, juga mampu menghidupkan dirinya (karyawan), keluarganya dan yang lebih penting adalah pengikisan angka pengangguran.

Terkait karya terbaik yang dilakukan oleh kalangan muda Kota bima ini, sukses mengundang perhatian Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah. Atas usaha yang tergolong sudah lama ini, Gubernur NTB terpanggil untuk melihatnya secara langsung, berikut catatan singkatnya,-

Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah, didampingi Wakil Walikota Bima, Ferry Sofyan, SH dan Wakil Bupati Bupati, Drs.Dahlan M.Noer meluncurkan aplikasi startUp iLoPETA, di Uma IloPETA, Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima, Selasa (20/8-2019). Sebuah sistem informasi untuk layanan jasa bisnis dan transportasi yang menggabungkan 12 fitur layanan dalam satu Aplikasi.

Aplikasi itu merupakan satu-satunya atau pertama kalinya di NTB, sebagai buah karya krativitas dari 3 orang pemuda asal Bima, Yakni Agil, S.Kom,  Arif sarjana Elektronika dan  Indra yang merupakan Sarjana Pendidikan Matematika lulusan STKIP Bima.

Fitur-fitur dalam IloPETA tersebut, sangat mudah dapat diakses melalui android atau diunduh melalui geogle playstore. Dan telah menyediakan fasilitas untuk promosi dan pemasaran berbagai produk UMKM, termasuk menyediakan ruang konsultasi pembuatan website dan percetakan.

Fitur-fitur tersebut meliputi iloservice Ilofood (pemasaran kuliner) ilojek untuk ojek online, ilocar (taksi online), ilopickup (untuk jasa pengangkutan/pengiriman barang),  ilopro ( jasa layanan konsultasi Website dan percetakan),ilonews (akses berita dari berbagai media yang ada di NTB) dan ilomall ( jasa layanan belanja). Dan difasilitasi oleh Bank  BNI cabang Bima selaku mitra pembina UMKM.

Pada kesempatan  tersebut Gubernur yang lebih akrab disapa Doktor Zul itu menyampaikan terima kasih kepada jajaran  perbankan yang telah menfasilitasi anak-anak muda kota dan Kabupaten Bima untuk mengembangkan kreativitasnya. Sehingga teknologi yang sangat bermanfaat bagi UMKM itu menjadi mungkin terwujud.

"Ini merupakan langkah awal untuk bisa menggurangi pengangguran dan kemiskinan", tegas Gubernur Zul. Karena menurutnya, Bima kedepan adalah bima yang membutuhkan karya nyata. Sehingga Gubernur berpesan kepada Wakil Walikota dan juga Wakil Bupati Bima yang hadir pada saat itu, agar kedepan lebih banyak mengembangkan beasiswa pendidikan untuk anak-anak pada bidang teknologi baik informatika maupun matematika dan fisika.

Gubernur menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi kedepan akan sangat ditentukan oleh pertumbuhan teknologinya. Misalnya smartphone kita dalam waktu kedepan, mungkin akan dilengkapi dengan artificial intelegen (AI ) sehingga mampu mendeskripsikan suasana hati dan fikiran. Itulah yang menggambarkan bahwa kemajuan tekhnologi akan menjadi penopang utama bagi kemajuan ekonomi dan peradaban suatu bangsa, tegasnya.

Gubernur Doktor Zul, juga mengungkapkan bahwa pada tanggal 9 september 2019 ini, Presiden RI, Jokowi dijadwalkan akan kembali mengunjungi NTB untuk melaksanakan ground breaking pembangunan sirkuit MotoGP di KEK Mandalika Resort di Lombok Tengah. Menyambut event internasional olah raga balap yang akan menghadirkan jutaan orang  dan banyak peluang bisnis di tahun 2021 mendatang, maka Gubernur mengajak seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah daerah, utamanya anak-anak muda Bima dan NTB untuk menyiapkan diri dengan bekal ilmu dan teknologi. Sehingga  kelak tidak hanya menjadi penonton, tetapi menjadi pemain utama dalam menyambut peluang-peluang yang ada.

Dipenghujung kegiatan tersebut, Gubernur NTB menyentil perilaku-perilaku anak bangsa yang hanya bisa bersuara sumbang tetapi lemah dari sisi karya untuk keberlangsungan hidup dan masa depanya seperti yang dilakukan oleh Babuju Comunity dan iLoPETA. “Mereka-mereka yang suka ngoceh itu harus dikaryakan. Karena dengan hal itu, mereka akan berhenti ngoceh. Jadi-ruang ruang kerja bagi mereka harus disediakan bagi keberlangsungan hidup dan masa depannya,” ucap Gubernur NTB ini. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.