Walikota Bima Tinjau Langsung Ratusan Lansia Yang Ikut Operasi Katarak

Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE di Lokasi Operasi Katarak
Visioner Berita Kota Bima-Pemerintah Kota Bima bekerja sama dengan BNN Bima, PERDAMI NTB dan FHF NTB menggelar kegiatan operasi katarak gratis bagi masyarakat Kota Bima yang tersebar di lima kecamatan yang difasilitasi oleh Bagian Kesra Setda Kota Bima dan Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bima, Rabu (27/11/2019). Kegiatan operasi katarak  yang dihelat rutin setiap tahun itu diikuti ratusan masyarakat Lanjut Usia (Lansia) Kota Bima. 

Hadir kepala Direktur Rumah Sakit, Kepala BNN Bima, Kepala Dinas Kesehatan, Kabag Kesra, Camat dan Lurah lingkup Kota Bima. Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima Drs.H. Azhari menyampaikan jumlah penderita katarak yang ada di kota bima masih sekitar 5 ribu orang namun peserta yang mendaftar sekarang sekitar 200 orang dan setiap tahunnya pemerintah akan terus berusaha untuk melakukan operasi gratis kepada setiap penderita katarak sehingga kedepannya Kota Bima akan bebas dari penderita katarak. “Target operasi kali ini sebanyak 200 orang, untuk saat ini yang sudah mendaftar sudah banyak mencapai target” ucapnya.

Selama kegiatan operasi katarak itu, sebanyak 15 orang tim dari Rumah Sakit Mata Mataram akan melayani para lansia. Kemudian di ruangan operasi, 4 orang dokter akan menjalankan tugas. Diakui Azhari, operasi katarak ini bekerja sama dengan BNNK Bima, RS Mata Mataram, Perdami, FHF NTB dan didukung penganggarannya dari Bagian Kesra Setda Kota Bima. Sementara untuk peserta tersebar di seluruh kecamatan yang sudah mendaftarkan diri di 7 Puskesmas Kota Bima. 

Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE berharap agar kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan bagi warga Kota Bima yang menderita katarak dan menjalani operasi katarak bisa sembuh dan kembali beraktifitas seperti biasa. "Operasi gratis ini digelar hari ini sampai besok. Setelah dioperasi, peserta diharapkan bisa kembali ke RSUD Kota Bima untuk pemeriksaan lebih lanjut," ujarnya.  Lebih lanjut dijelaskannya bahwa diharapkan kegiatan operasi katarak gratis ini dapat dilaksanakan secara berkala hingga Kota Bima bisa bebas dari Katarak.

Salah seorang warga yang menjadi Pasien operasi katarak Muhammad Amin mengucapkan terimakasih untuk pelayanan yang diberikan penyelenggara kegiatan tersebut. Dirinya bersama istri yang menjalani operasi merasa sangat bahagia. Sebab, sudah beberapa tahun terakhir ini sudah tidak bisa melihat dengan jelas. "Mata saya semuanya sudah kabur, hari ini dioperasi sebelah, semoga lancar," harapnya. Ia pun berharap jika ada lagi kegiatan operasi katarak yang sama di gelar tahun depan, akan ikut berpartisipasi dan di operasi untuk menyembuhkan katarak pada bagian sebelah matanya. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.