Header Ads

Kalak BPBD Akui Kendaraan Operasional Bantuan BNPB RI Digunakan Untuk Kepentingan Pribadi

                                                                   Kalak BPBD Kota Bima, Ir. H. Sarafuddin
Visioner Berita Kota Bima-Pertanyaan sekaligus sentilan publil tentang mobil operasional bantuan BNPB RI dengan nomor plat B 9289 TSC untuk Kota Bima yang dipakai untuk mengangkut semen pada Rabu (11/3/2020), akhirnya terjawab. Kepala Pelaksana Bada Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Kota Bima, Ir. H. Sarafuddin membenarkan bahwa semen yang diangkut menggunakan mobil tersebut bukan untuk kepentingan masyarakat. Tetapi, untuk kepentingan pribadi.

Kepentingan yang dia maksudkan, bukan terkait dengan dirinya. Tetapi, semen yang diangkut menggunakan mobil operasional itu adalah untuk kepentingan pribadi supirnya-sebut saja Arif. “Pada Rabu pagi (11/3/2020) itu, saya sedang mengikuti kegiatan peresmian Masjid M. Nur Latif oleh Walikota Bima yang dirangkaikan dengan kegiatan Dzikir dan Do’a bersama. Saat itu, Arif meminta izin ke saya untuk menambal ban mobil tersebut. Dan atas permintaan itu, akhirnya saya mempersilahkanya,” kata Sarafuddin.
Diketahuinya bahwa kendaraan tersebut digunakan untuk mengangkut semen yakni setelah adanya informasi yang kemudian diperkuat oleh pemberitaan pada media online visionerbima.com. “sungguh, saya tidak tahu kalau kendaraan tersebut digunakan oleh Arif untuk mengangkut semen. Sebab, awalnya dia minta izin ke saya untuk menambal ban mobil operasional itu.
Sarafuddin mengaku, atas dasar hal itu akhirnya memanggil Arif, dan menegaskan untuk tidak mengulangi lagi perbuatanya. Dan saat apel pagi yang dilaksanakan pada Kamis pagi (12/2/2020), dirinya menekankan kepada seluruh pegawai BPBD Kota Bima untuk memberikan keteladanan yang baik kepada masyarakat. “Semen yang diangkut oleh Arif menggunakan kendaraan operasional itu tidak banyak juga. Jumlah hanya 4 zak saja. Pasca kejadian tersebut, saya sudah tegaskan kepada Arif untuk tidak mengulangi lagi perbuatanya,” katanya lagi.
Inilah Mobil Komando Operasional BPBD Kota Bima Yang Digunakan Untuk Mengangkut Sement Itu
Kendaraan tersebut, diakui tidak bersifat special. Maksudnya bisa digunakan untuk mengangkut semen dan lainya pada kondisi bersifat insidentil. “Misalnya, kendaraan tersebut juga digunakan untuk mengangkut semen untuk proyek pembangunan rumah relokasi di Kelurahan Oi Fo’o. Pertimbanganya, karena jalan di sana tidak bisa dilalui oleh kendaraan yang lain. Untuk itu, kami gunakan kendaraan operasional ini untuk mengangkut semen bagi pelaksanaan proyek relokasi di Oi Fo’o. Kendaraan operasional tersebut, juga sering digunakan untuk membantu masyarakat pada kondisi insidentil yang berkaitajn dengan bencana. Sekali lagi, kendaraan tersebut tidak statis pada operasional kami saja,” terangnya.
Kendaraan tersebut, diakuinya diperoleh dari bantuan BNPB RI pada tahun 2016 lalu, tepatnya setelah Kota Biam landa banjir bandang. Pada kondisi insidentil yang menimpa Kota Bima tahun 2016, kendaraan tersebut diakuinya sering digunakan untuk mengangkut kebutuhan masyarakat.
“Soal perawatanya, sejak diserahkan ke Kota Bima sampai sekarang masih kami rawat dengan baik. Kondisinyapun masih sangat mulus. Sebaiknya, masalah ini jangan dibesar-besarkan. Masalah si Arif yang menyalahgunakan kendaraan itu sudah saya sikapi dengan tegas. Dan, ia pun menyadari kesalahanya, dan berjanji tak akan mengulangi lagi perbuatanya,” jelasnya. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.