Header Ads

Pemerintah Provinsi NTB Tolak Kapal Pesiar Viking Sun

Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah
Visioner Berita NTB-Meski memberikan ruang kepada para wisatawan yang berkunjung ke Provinsi NTB, bukan berarti pihak Pemerintah Provinsi tidak memiliki ketegasan dalam mewaspadai segala sesuatunya, terlebih dengan isu global saat ini yang sedang marak merebaknya wabah virus corona atau Covid-19. Terkait dengan adanya hal ini, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menolak kapal pesiar Viking Sun untuk berlabuh di Pelabuhan Gili Mas, Kabupaten Lombok Barat.

Hal tersebut merupakan langkah Pemprov NTB mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. “Kita tidak terima. Meski mereka juga mengkonfirmasi nggak ada rute pelayaran ke Lombok,” tegas Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah pada awak media, Senin (9/3/2020).

Tidak diberikan izin kapal pesiar Viking Sun berlabuh di Pelabuhan Gili Mas kata Wakil Gubernur, lantaran kapal pesiar tersebut juga ditolak kehadirannya di wilayah Semarang dan Surabaya. Itu lantaran menyusul dua penumpang kapal tersebut yang diindikasikan suspect virus corona, Walaupun pada akhirnya ternyata indikasi itu tidak terbukti. “Karena kemarin ada indikasi, kami tidak mau. kita membatalkan dan dia juga membatalkan. Kita tidak mau terima kalau ada indikasi tersebut,” kata Hj Rohmi didampingi Kepala Dispar, Kepala KKP, Kepala Dikes, Kepala Dishub, Kepala Diskominfotik, Kabag Pemberitaan Humaspro NTB dan Asisten I Setda NTB.
Menurutnya, Pemerintah Provinsi NTB berkomitmen akan mempersilahkan kapal-kapal pesiar masuk ke wilayah NTB, namun harus tetap dilakukan pemeriksaan ekstra ketat. Salah satunya, kapal pesiar MS Columbus yang akan datang pada Selasa (10/3/2020).
Meski demikian ditegaskan oleh Wakil Gubernur NTB, pihaknya tidak ingin menjadi ancaman jika kapal tersebut dipaksakan bersandar di Lombok. “Kalau kapal pesiar lainnya yang datang, kita persilahkan. Tapi harus dengan pemeriksaan ekstra ketat,” jelas Wagub NTB.
Di tahun ini lebih jauh disampaikannya, ada sekitar 28 cal kapal pesiar sandar di NTB. Sementara yang sudah bersandar sampai dengan saat ini sudah enam kapal pesiar. Kapal pesiar berbendera Bahama, MV Albatros. “Insya Allah, besok pagi Tim KKP juga akan melakukan pemeriksaan ekstra ketat pada kapal MS Columbus. Kondisi pemeriksaan oleh tim KKP ini sama kayak kapal pesiar MV Albatros yang sudah sandar pada hari ini,” pungkas Wakil Gubernur NTB.(TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.