Header Ads

Pemkot Bersama H. Muhammad Syafrudin Semprot Disinfektan Keliling Kota

HP dan Camera Visioner Basah Kuyup Oleh Cairan Disinfektan
Kegiatan Penyemprotan Disinfektan di Kota Bima Oleh Pemkot Setempat (28/3/2020)
Visioner Berita Kota Bima-Upaya penyemprotan disinfektan oleh Pemkot Bima di berbagai lokasi termasuk tempat pelayanan guna mengantisipasi agar warga setempat terhindar dari wabah Covid-19, hingga kini masih berlangsung. Hal yang sama, juga dilakukan oleh TNI dan Polri di Bima.

Setelah melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai lokasi, Sabtu (28/3/2020), Pemkot Bima yang melibatkan Kepala Dinas Kesehatan setempat, Drs. H. Azhari, M.Si, Kepala BPBD Kota Bima,. Ir. H. Sarafuddin dan Kasat Pol PP, M. Nor Majid, SH kembali melakukan hal yang sama. Menariknya, kali ini upaya kemanusiaan ini melibatkan anggota Komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafrudin, ST, MM.

Aksi penyemprotan disinfektan menggunakan tiga unit mobil Damkar Kota Bima ini dilakukan di jalan raya Soekarno-Hatta, dan jalan Gajah mada yang dimulai dari depan Kantor Walikota Bima, di sepanjang jalan raya ke arah barat hingga ke taman wisata Amahami yang berlokasi di Kelurahan Dara Kecamatan Rasanae Barat-Kota Bima.
Pada moment penting tersebut, Visioner dan salah seorang wartawan dari koran Stabilitas yakni Aris juga ikut terlibat di dalam kegiatan kemanusiaan ini. Usai melakukan penyemprotan di taman Amahami, rombongan menerukan perjalan melakukan hal yang sama di termina Dara, puasta pertokoan Kota Bima, lapangan sera suba, berbelok arah kembali ke jalan Gajah, lapangan Pahlawan Raba, depan Rutan Raba-Bima, jalan baru Kelurahan Sadia hingga berakhir di perempatan Sadia.

Liputan l;angsung Visioner pada momjent penting ini, upaya Penyemrotan disinfektan di mulai sekitar pukul 15.45 Wita dan berkahir sekitar pukul 18.20 Wita. Kendati suasana panasnya matahari di Kota Bima menyengat, namun tak menyurutkan pasukan kemanusiaan ini untuk melakukan penyemprotan disinfektan. Bahkan di tengah jalan di sebelah barat Masjid Raya Al-Muwahiddin Kota Bima, salah satu mobil penyemprotan disinfektan sempat mengalami gangguan.


Namun, gangguan kendaraan tersebut berhasil diselesaikan oleh seorang Driver yakni Ade Black yang juga pegawai Damkar Kota Bima. Selanjutnya, kendaraan tersebut berhasil digunakan untuk melakukan penyemprotan hingga berakhir di perempatan lampu Merah Sadia Kecamatan Mpuna Kota Bima. Aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh rombongan kemanusiaan ini, pun disambut ramai oleh masyarakat di sepanjang baik di jalan Soekarno-Hatta maupun di sepanjang jalan Gajah Mada.

Anggota Komisi IV DPR RI, H. Muhammad Syafrudin, ST, MM Pada Moment Penyemprotan Disinfektan di kota Bima (28/3/2020)
“Aksi kemanusiaan yang kita lakukan hari ini, merupakan bentuk nyata dari perhatian atas sesama agar terhindar dari wabah Covid-19 di Kota Bima. Lewat kesempatan ini, saya berharap agar masyarakat Kota Bima tetap waspada. Melakukan upaya antisipasi agar terhindari dari serangan Covid-19. Diantaranya membiasakan diri dengan pola hidup sehat, makan makanan yang bergizi, mengkonsumsi multi vitamin, jaga jarak antar sesama sekitar 1 meter, hindari tempat-tempat ramai, menaati himbauan dari Pemerintah, dan jangan meninggalkan rumah. Pesan ini disampaikan adalah demi keselamatan kita semua dari masalah serius yang sedang dihadapi bangsa dan negara,” imbuh  anggota DPR RI dari Fraksi PAN yakni, H. Muhamad Syafrudin, ST, MM.

Ia kemudian berharap agar kekurangan APD baik bagi dunia kesehatan maupun masyarakat umum seperti masker, fresh up, anti septik dan lainya dapat ditutupi secara segera oleh Pemerintah. Berbagai pihak termasuk para Pengusaha asal Bima, Dompu, Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) agar menyempatkan diri membantu kekurangan yang dialami oleh petugas kesehatan maupun masyarakat umum dimaksud.

“Atas nama Anggota DPR RI Dapil Pulau Sumbawa mengharapkan kepada Pemerintah Pusat melalui BPNP RI agar membantu kekurangan yang sedang dihadapi oleh masyarakat se Pulau Sumbawa terutama APD untuk petugas Medis mulai dari Puskesmas hingga Rumas Sakit (RS). Sebab, hal tersebut sangat dibutuhkian saat ini,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Drs. H. Azhari yang dimintai komentarnya menyatakan bahwa penyemprotan disinfektan guna mencegah agar masyarakat setempat terhindari dari Covid-19 sudah dilakukan lebih dari satu kali. Sementara upaya yang sama dilakukan pada Sabtu (28/3/2020) merupakan kali ke sekian yang dilakukan oleh Pemerintah yang melibatkan Dikes Kota Bima, Sat Pol PP setempat dan BPBD Kota Bima.

Kadis Kesehatan Kota Bima, Drs. H. Azhari, M.Si
Upaya ini paparnya, tentu saja akan dilakukan secara terus menerus sampai batas waktu yang belum ditentukan. Kolaborasi yang dinilai sangat apik melalui kegiatan penyemprotan disinfektan di wilayah Kota Bima, diharapkan berjalan lancar dan direspon secara positif oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Bima.

“Yang kami lakukan dalam kaitan ini, merupakan bentuk nayat dari komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) dibawah kendali Walikota-Wakil Walikjota, H. Muhammad Lutfi, SE-Feri Sofiyan,SH (Lutfi-Feri) di dalam mengantisipasi agar masyarakat Kota Bima terhindari wabah Covid-19. Selain melakukan penyemprotan disinfektan, kami juga masih gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat Kota Bima terhindari dari serangan Covid-19. Pada kesempatan ini pula, kami atas nama Pemkot Bima, kami menyampaikan terimakasih, bangga dan apresiasi atas keterlibatan H. Muhammad Syafrudin, ST, MM dalam kegiatan penyemprotan disinfektan di Kota Bima hari ini,” ucapnya.

Sementara sumber pembiayaan untuk penyemprotan disinfektan baik yang sudah dilakukan maupun yang digunakan  untuk pembelian bahan-bahan dan cairan disinfektan tersebut, diakuinya bersumber dari Dikes Kota Bima. “Sebua biaya bersumber dari Dikes Kota Bima. Insya Allah, kita masih memiliki biaya untuk melakukan hal yang sama di kemudian hari. Namun, kita juga masih merasakan kekurangan dari sisi pembiayaan dalam menghadapi masalah Covid-19 ini,” pungkasnya.

Pada moment penyemprotan disinfektan di Kota Bima ini, juga terjadi peristiwa yang menimpa media online visionerbima.com. Yakni, Camera DSLR dan HP milik yang digunakan oleh Pimpinan Redaksi visionerbima.com. Rizal AG basah kuyup oleh cairan disinfektan. Peristiwa tersebut terjadi disaat upaya penyemprotan disinfektan di pusat pertokoan Kota Bima.

Pimpinan Redaksi visionerbima.com, Rizal AG Sedang Mengecek Kembali Camera dan HPnya Yang Diguyur Cairan Disinfektan
Kronologisnya, Rizal yang saat itu sedang berada di atap Mobil Damkar tiba-tiba diguyur oleh cairan disinfektan. Munculnya semburan cairan disinfektan tersebut terjadi secara tiba-tiba alias tanpa aba-aba terlerbih dahulu dari Driver Damkar. Bukan saja HP dan Camera yang basah kuyup oleh cairan disinfektan, tetapi pakaian yang ada di badan Rizal juga mengalami hal yang sama. Kasat Pol PP Kota Bima, M. Nor Majid, SH dan beberapa personil pasukan Damkar yang berada di atap kendaraan itu juga basah kyup oleh cairan disinfektan.

Sementara kondisi Camera dan HP milik Rizal yang basah kuyup karena cairan disinfektan tersebut, kini diakuinya sedang dikeringkan. Kendati HP tersebut bawah kuyup, namun pada saat peliputan tersebut diakuinya sempat dikeringkan dan kembali digunakan untuk melakukan siaran langsung melalui Facebook. “Kejadian awal yang saya alami pada moment tersebut yakni saat melakukan siaran langsung di pusat pertokoan Kota Bima. Disaat siaran langsung sedang dilakukan, tiba-tiba muncul cairan disinfektan dari bawah dan berhasil membasahi HP dan Camera DSLR saya. Selanjutnya, HP saya matikan,” ujarnya.

Rizal kemudian mencoba mengeringkan HP miliknya dan kemudian kembali digunakan untuk melakukan siaran langsung. Siaran langsung yang dilakukanya selama moment tersebut, diakuinya agar publik mengetahui tentang kegiatan penyemprotan disinfektan oleh Pemkot Bima yang juga melibatkan anggota DPR RI, H. Muhammad Syafrudin, ST, MM. “Empat kali siaran langsung mengalami gangguan. Itu semua akibat HP saya mengalami gangguan karena diguyur oleh cairan disinfektan. Alhamdulillah, kini HP dan camerra DSLR ini sudah agak normal kembali. Tidak apa-apa, apapun kita korban demi upaya kemanusiaan ini,” pungkas Rizal. 

Pada moment kegiatan penyemprotan disinfektan dimaksud, isteri Walikota Bima yakni Hj. Ellya Alwainy juga menyatakan apresiasinya baik kepada rombongan termasuk kepada Rizal AG.  Hal itu diketahui melalui komentarnya pada kegiatan siarang langsung oleh Rizal AG. "Tetap semangat, dan jangan lupa menggunakan masker. Hati-hati, dan sampaikan salam hormat saya kepada seluruh personil yang ikut dalam kegiatan ini, termasuk kepada H. Muhammad Syafrudin, ST, MM," ujar Ellya. (TIM VISIONER

No comments

Powered by Blogger.