Header Ads

Cegah Masyarakat Dari Ancaman Covid-19, Bupati-Wakil Bupati Bima Bagikan Masker Secara Gratis

Ellya Dengan Pasukan PKKnya Kembali Membagikan Maskerr Secara Gratis di Jalan Raya
Kegiatan Pembagian Masker Oleh Bupati Bima Beserta Jajaranya dan Forkopimda di Cabang Talabiu (7/4/2020)
Visioner Berita Kabupaten Bima-Sejak awal hingga saat ini dalam mengantisipasi serangan Covid-19, berbagai upaya sudah dan sedang dilakukan oleh Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP)-Drs. H. Dahlan M. Noer (Dahlan). Yakni dimulai dari penyuluhan, penyemprotan disinfektan hingga membangun posko pengendalian dan pengawasan bagi para pendatang di wilayah perbatasan Kabupaten Bima dengan Kabupaten Dompu-sebut saja di wilayah Desa Rora Kecamatan Madapangga.

Tak hanya, Pemerintahan  IDP-Dahlan juga telah mengucurkan anggaran Rp2,5 miliar yang dimanfaatkan untuk mengadakan berbagai kebutuhan dalam penanganan Covid-19 oleh Tim Gugus bentukan Pemkab Bima. Upaya tersebut, diakui lebih kepada menjawab kelangkaan beragam bentuk APD baik untuk masyarakat maupun para petugas medis, masker adalah salah satunya yang dibutuhkan sejak awal hingga saat ini.

Dari proses perencanaan yang diakui cukup matang, kini Pemerintahan Dinda-Dahlan mewujudkan kegiatan mulia di tengah masyarakat membutuhkanya dalam upaya mengantisipasi serangan Covid-19. Yakni, membagikan masker kepada masyarakat di jalan raya di perempatan Desa Talabiu Kecamatan Woha Kabupaten Bima.

Kegiatan mulia dalam bentuk pembagian masker yang juga melibatkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yakni TNI, Polri, Kejari Bima, Ketua PN Raba-Bima tersebut dilaksanakan pada Selasa siang (7/4/2020). Liputan langsung sejumlah awak media pada moment yang juga melibatkan Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dahlan M. Noer dan Sekda Kabupaten Bima Drs. HM. Taufik H.AK serta sejumlah Pimpinan SKPD terkait tersebut melaporkan, para pengguna jalan terlihat sangat senang dengan apa yang dilakukan oleh Pemerintah ini.

Tak hanya itu, pada moment tersebut terlihat adanya para pengguna jalan raya melakukan foto bersama dengan Bupati Bima setelah menerima masker. Singkatnya, sambutan masyarakat khususnya para pengguna jalan raya terkait kegitan mulia ini, dinilai cukup baik.

Tampak Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE Bersama Kajari Bima, Suroto SH, MH Membagikan Masker Kepada Pengguna Jalan Raya di Cabang Talabiu (7/4/2020)
Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE menjelaskan bahwa pembagian masker itu bertujuan mensosialisasikan sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menggunakan masker demi mencegah penularan Covid-19 di Kabupaten Bima. “Agenda ini sengaja dilakukan oleh seluruh unsur di daerah karena merupakan tanggung jawab secara bersama,” terangnya.

Diakuinya, Pemerintah Daerah berkewajiban untuk memberikan pemahaman dan penyadaran pada masyarakat secara umum dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang salah satunya dengan cara menggunakan masker. “Kami langsung membagikan masker gratis untuk pengendara dan pengguna jalan,” tandasnya.

Ibu dua anak yang dikenal ramah ini mengaku kegiatan yang dilakukan pihaknya tersebut juga bertujuan untuk membangun gerakan pakai masker guna mencegah penyebaran Covid-19 di tengah-tengah masyarakat  Kabupaten Bima. “Dengan gerakan ini tingkat kesadaran masyarakat dalam mencegah penyebaran covid-19 akan semakin tinggi,” urainya.

Pada moment tersebut, Bupati Bima mengajak semua pihak untuk sama-sama melakukan hal positif dalam menghadapi dampak Covid-19. Antara lain tetap sabar dan berikhtiar pada yang maha kuasa dengan harapan semoga masalah Covid-19 segera selesai.

Masih soal itu, Pemerintah daerah juga telah meminta Dandim 1608/Bima dan Kapolres Bima Kabupaten agar terus membantu dalam meningkatkan upaya pencegahan Covid-19 pada masing-masing wilayah dengan terus berkoordinasi lintas sektoral dan menghimbau kepada masyarakat untuk mentaati dan melaksanakan semua anjuran Pemerintah. “Ini tentunya harus dilakukan terus menerus sehingga dapat meningkatkan  kesadaran masyarakat secara mandiri. Dan akan lebih efektif dalam upaya percepatan penanganan penyebaran virus covid-19,” pungkasnya.

Nampak Ketua PKK Kota Bima, Hj Ellya Alwainy H. Muhammad Membagikan Masker Kepada Pengendara dan Pengguna Jalan Raya (6/4/2020)
Kegiatan pembagian masker secara gratis kepada para pengendara dan pengguna jalan raya, kembali dilaksanakan oleh Ketua TP-PKK Kota Bima, Hj.Ellya Alwainy H. Muhammad Lutfi, SE. Ellya bersama pasukan PKKnya, membagikan masker secara gratis kepada para pengendara dan pengguna jalan raya mulai dari di depan gedung Paruganae Convention Hall Kota Bima hingga perempatan Lancar Jaya Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat.

Liputan langsung sejumlah awak media pada moment tersebut melaporkan, kegiatan kemanusiaan yang bersumber dari anggaran pribadi pasukan PKK Kota Bima ini berlangsung sekitar satu jam lamanya. Seperti biasa, pada kegiatan kali kedua yang dilakukan oleh Ellya bersama pasukan PKKnya ini juga disambut dengan sangat baik oleh para penerima manfaat.

Dan jumlah masker yang dibagikan secara gratis kepada para pengendara dan pengguna jalan raya ini, diakui tidaklah sedikit. Meski demikian, kekurangan masker yang dirasakan oleh masyarakat Kota Bima ditengah masalah Covid-19 yang menimpa bangsa dan negara ini bukan sekedar wacana. Namun, sejak awal hingga saat ini diakui sebagai fakta tak terbantah. Olehnya demikian, Ellya bersama pasukan PKKnya akan terus berupaya untuk berjuang menghadirkan masker pada hari-hari berikutnya. “Jumlah masker dibagikan kali keduanya ini sebanyak 1000 lembar. Masker yang telkah dibagikan itu adalah terbuat dari tenunan khas Bima,” tandas Ellya.

Kegiatan kemanusiaan tersebut, nampaknya akan berlanjut besok di seluruh Puskesmas dan Rumas Sakit (RS) di Kota Bima, Rabu (8/4/2020). Dalam kaitan itu, Ellya mengaku akan membagikan minuman segar berupa susu beruang, buah vita dan masker kepada para petugas medis. “Insya Allah besok hal tersebut akan kami bagikan kepada seluruh Puskesmas dan RS di Kota Bima,” terangnya.

Sementara pada Jum’at (10/4/2020), Ellya bersama pasukanya akan membagikan sebanyak 2000 lembar masker untuk para pedagang dan pengunjung di pasar tradisional Kota Bima di Amahami Kecamatan Rasanae Barat. “Kalau bisa ya Visioner juga bisa ikut melakukan peliputan secara langsung tentang kegiata yang akan kami lakukan baik besok maupun pada hari Jum’at,” harap Ellya. 

Pada sesi lainya, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE telah mengeluarkan edaran secara resmi yang mewajibkan masyarakat kota Bima menggunakan masker. Kebijakan resmi ini, lebih kepada mengantisipasi agar masyarakat tidak terjangkit oleh Covid-19. Kebijakan ini dikeluarkan secara resmi pada Selasa (7/4/2020). Selain itu, Pemkot Bima juga berencana akan membagikan masker secara gratis kepada masyarakat. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.