Ditengah Pandemi Covid-19, Tim Penggerak PKK Aktif Lakukan Aksi Pencegahan

Ketua TP-PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah (Baju Biru).
Visioner Berita Mataram NTB-Tim Penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota di NTB tidak tinggal diam di tengah pandemi Covid-19 ini. Organisasi kemasyarakatan ini secara aktif melakukan sejumlah upaya pencegahan Covid-19. Mulai dari pengadaan ribuan masker hingga pemberian bingkisan parcel untuk para tenaga medis di rumah sakit.

Lantaran di masa Covid-19 ini tidak bisa leluasa melakukan aktivitas pertemuan secara langsung, Ketua TP-PKK NTB, Hj. Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah melaksanakan silaturrahim secara virtual dengan seluruh Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-NTB, Rabu (6/5/2020).

Ia menjelaskan, Tim Penggerak PKK terus bergerak bersama untuk kembali menyatukan langkah dan arah, agar gerakan PKK tetap terlaksana, sebab bagaimanapun juga, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini membutuhkan aksi bersama dan gotong royong.

“Ini mungkin akan berjalan lama tapi yang jelas kita tetap menjaga kesehatan keluarga, kita berharap agar semua ibu-ibu tetap memiliki upaya membantu pemberdayaan kesejahteraan keluarga di wilayah masing-masing,” kata Hj. Niken.

Pada silaturrahim kali ini, selain menjelaskan program kerja rutin, Hj. Niken juga mendengar paparan dan kendala apa saja yang dihadapi dari masing-masing TP-PKK Kabupaten/Kota di NTB dalam melaksanakan program kerja di lapangan.

Hal ini penting untuk dibedah, mengingat sebaran Covid-19 di NTB makin luas dan jumlah penderita semakin bertambah. Misalnya per tanggal 5 Mei kemarin, jumlah kasus positif sudah mencapai 289 kasus, termasuk di sana puluhan anak-anak.

Karena itulah PKK NTB memberikan arahan kepada Ketua TP-PKK Kabupaten/Kota se-NTB agar PKK aktif mendukung amanat pemerintah, salah satunya adalah dengan memantau perkembangan UP2K- PKK yang ada untuk diberdayakan dalam pembuatan masker.

“Begitu juga program kelompok dasa wisma yang sudah berjalan agar lebih optimal. Serta pembentukan dasa wisma sebaiknya dilanjutkan sebagai kekuatan ketahanan masyarakat,” tutur Hj. Niken.

Program lainnya yang telah dilakukan adalah, pemberian 100 bingkisan parcel buah kepada tenaga medis yang berada di Rumah Sakit Provinsi NTB, dan Rumah Sakit Daerah Kota Mataram dan 11 Puskesmas se-Kota Mataram.

Selain itu TP-PKK juga mengadakan 5000 lembar masker dan 265 botol hand sanitizer yang dibagikan ke masyarakat, pasien yang berkunjung di Puskesmas, pedagang di pasar, kusir cidomo di pasar, para kader posyandu, kader PKK dan masyarakat, pembagian gentong cuci tangan, bantuan sembako, dan bingkisan kue kepada tenaga medis.

Kedepannya, Niken bersama jajarannya akan melaksanakan pemberian bantuan paket sembako kepada masyarakat, sebanyak 100 paket. Dimana 50 paket diberikan kepada salah satu desa binaan TP. PKK NTB dan 50 paket untuk desa binaan Kabupaten/Kota.

Tak hanya itu, PKK akan melaksanakan kunjungan ke Panti Jompo, pembinaan imtaq pada remaja, kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM untuk permodalan kelompok-kelompok UP2K, kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan.

Program lain yang dilakukan seperti pemberian bibit tanaman hortikultura (cabai, tomat, terong, tanaman buah) dengan sasaran kepada 7.317 posyandu dengan masing-masing posyandu diperkirakan ada 40-50 KK, dan pemberian PMT kepada Ibu Hamil, anak stunting dalam rangka Gemar Ikan. “Kita berharap bisa melibatkan Tim PKK desa mendata dan memberikan bantuan tersebut,” tambahnya.

Terakhir, Niken menegaskan, PKK akan tetap bekerja membantu masyarakat dan keluarga di lingkungan masing-masing. “Walaupun tidak bisa bertemu secara fisik tapi kita bisa melakukan silaturrahmi dengan vicon seperti ini, saya berharap ada ide-ide tambahan dari ibu-ibu semua,” tandas Hj. Niken.(TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.