Header Ads

Kisah dan Sambutan Spektakuler Untuk Adzan Karena Dua Kali Mengharumkan Nama NTB, MAN 2 dan Kota Bima

Muhamamad Adzan
Visioner Berita Kota Bima-Nama siswa yang kini duduk di bangku kelas III Pada MAN 2 Kota Bima yakni Muhammad Adzan, praktis menjadi salah satu trend topik di Indonesia. Dunia pendidikan diKota Bima dan pihak MAN 2 Kota Bima pun tentu saja bangga dan terharu.

Betapa tidak, pada 17 Agustus 2019 Adzan merupakan salah satu personil Paskibraka Nasional dan bertindak sebagai Komandan Kelompok (Danpok) 17 di Istnana Negara yang saksikan langsung oleh Presiden RI dan para pejabat teras negara baik Menteri, Kapolri dan Panglima TNI. Kesuksesan Adzan saat itu, praktis saja menjadi cerita manis publik di Nusantara, khususnya di Bima.

Keberhasilan Adzan dalam kaitan itu, tentu saja tak serta-merta. Tetapi, berkat kemampuan para pembina Paskibraka Kota Bima, para Pelatih dan Instrukturnya. Adzan ditempa dengan berbagai konsep dan strategi mulai dari soal mental, keilmuan, kesabaran, ketekukan dan keuletan hingga sukses tapil sebagai Danpok Paskibraka di Istana Negara pada 17 Agustus tahun 2019.

Hj. Ellya Alwainy H. Muhammad Lutfi, SE Memasangkan Songket Khas Bima Kepada Adzan di Depan Ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima (20/8/2020)
Atas kesuksesan anak muda belia yang pernah ikut pada Fashion Show Kota Bima tahun 2018 dengan memperagakan pakaian khas Bima ini, bukan diberikan piagam penghargaan. Namun juga uang dari berbagai pihak. Antara lain Pemerintah Pusat melalui Kemendikpora, Pemprov NTB, dan Pemerintah Kota Bima.

Kesuksesan anak muda yang bercita-cita menjadi Akpol ini, nampaknya belum berakhir sampai di situ. Tertanggal 17 Agustus 2020, Adzan kembali tampil sebagai pembentang bendera merah putih di Istana Negara Jakarta. Lagi-lagi, dalam kaitan ini Adzan diakui sebagai “satu-satunya” anak muda yang digunakan oleh Negara untuk terlibat pada perhelatan besar bernama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Istana Negara. Hal itu diakui oleh pihak Kemendikpora RI.

Keberhasilan Adzan untuk kedua kalinya ini, diakui bukan serta-merta terjadi begitu saja. Tetapi melalui proses dan tahapan seleksi yang sangat panjang. Dalam catatan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kota Bima, dari 34 Provinsi di Indonesia-Adzan terpilih sebagai personil Paskibraka urutan ke 8 dengan scoring nilai rata-rata 8. Hal itu dikemukakan oleh Plt Kadisparpora Kota Bima, Yulianingsih, SE.

Moment Foto Bersama Usai Pemasangan Songket Terhadap Adzan di Depan Ruang VIP Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima (20/8/2020)
“Alhamdulillah, sungguh prestasi luar biasa yang diraih oleh anakda Adzan ini. Betapa tidak, sudah dua kali dia tampil di moment Paskibraka Nasional. Ini tentu saja menjadi kebanggaan buat kita semua, khususnya masyarakat Kota Bima,” tandas Yuli.

Adzan tercatat sebagai “satu-satunya” di Indonesia yang dua kali tampil pada moment Paskiraka Nasional di Istana Negara pada HUT Kemerdekaan RI, yakni tahun 2019 dan 2020. “Dalam kaitan itu, Adzan bukan saja mengharumkan nama MAN 2 Kota Bima, tetapi juga Kota Bima beserta seluruh masyarakatnya. Kita bangga memiliki Adzan. Terimakasih Presiden RI, Gubernur NTB, Walikota-Wakil Walikota Bima, Ketua DPRD Kota Bima, Ketua PKK Kota Bima, Ketua Iswara Kota Bimakepada para pelatih Paskibraka baik Kota Bima maupun NTB, terimakasih kepada para Instruktur, terimakasih kepada pihak PPI, dan terimakasih kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Bima,” tandas Yuli.

Kamis (20/8/2020), tercatat sebagai sebuah sejarah penting sekaligus kenangan tak terlupakan oleh Adzan. Tiba di Bandara Muhammad Salahuddin Bima bersama pihak Kemendikpora RI, Mahfud, Wendy sebagai Pelatih dan guru MAN II Kota Bima-Adzan disambut oleh Ketua TP-PKK Kota Bima, Hj. Ellya Alwainy H. Muhammad Lutfi, SE, Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan S.Adm, Ketua Iswara Kota Bima, Desy, Ayah kandung Adzan yakni Muhammad beserta istri dan tiga orang adik kandungnya, beberapa personil guru MAN 2 Kota Bima, Bagian Humas Protokol Kota Bima dan sejumlah personil Paskibraka Kota Bima.

Moment Foto Bersama Usai Pemasangan Selempang dan Pengalungan Bunga Kepada Adzan di Luar Ruangan Bandara Muhammad Salahuddin Bima (20/8/2020)
Dari tangga pesawat menuju ruang VIP Bandara Sultan Salahuddin Bima, Adzan yang juga didampingi oleh delegasi dari Kemenpora RI, Mahfud langsung disambut oleh Ketua TP-PKK Kota Bima, H. Ellya Alwany. Di moment spektakuler tersebut, Ellya langsung memasangkan songker tradisional Bima pada kepalanya Adzan.

Beranjak dari ruang VIB Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Adzan nampaknya disambut oleh pihak MAN 2 Kota Bima. Sebelum beranjak menaiki Jeep Hartop, beberapa meter diluar pintu masuk Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima, Adzan langsung dikalungi bunga dari MAN 2 Kota Bima oleh Plt Kadisparpora Kota Bima, Yulianingsih, SE. Dan pada moment itu pula, Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan S.Adm memasangkan selempang dari pihak MAN pada Adzan.

Keramaian pada moment tersebut tak bisa dihindari. Sejumlah personil Paskibraka Kota Bima yang sejak awal menunggu kedatangan Adzan dar Jakarta, terlihat berada di tengah kerumunan warga yang juga menyambut kehadiran anak muda berkulit hitam manis dengan tinggi badan 181 Cm ini (Adzan). Pun pada saat itu pula, Adzan terlihat menyapa satu-satu warga yang menyambutnya dan selanjutnya berfoto bersama.

Moment Disaat Adzan Diarak-Araki Dari Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima Menuju Penyambutan di Kediaman Walikota Bima (20/8/2020)
Selanjutnya, Adzan bersama dua personil Paskibraka Kota Bima menaiki Mobil Hartop untuyk kemudian di arak di sepanjang jalan mulai dari Bandara Sultan Muhammad Salahuddin Bima hingga ke kediaman Walikota Bima di wilayah Kelurahan Rabadompu Kecamatan Rasanae Timur. Dalam perjalanan yang memakan waktu sekitar satu jam lamanya itu, Adzan dikawal oleh mobil yang ditumpangi oleh Hj. Ellya Alwainy, satu mobil berisikan sejumlah personil Paskibraka Kota Bima, kendaraan rombongan PPI, kendaraan yang ditumpangi oleh delegasi Kemenpora RI, kendaraan yang ditumpangi oleh warga Kota Bima dan lainya.

Lensa Camera sejumlah awak media termasuk di dalamnya ada media online visionerbima.com terus mengarah dengan baik (mendokumentasi baik dengan foto maupun video siaran langsung) ke arah Jeep Hartop yang yang ditumpangi Adzan dan orang personil Parkibraka Kota Bima. Memasuki Kota Bima, Adzan pun melambaikan tanganua terhadap warga.

Tiba di kediaman Walikota Bima, Adzan dan rombongan disambut oleh H. Muhammad Lutfi, SE (Walikota Bima). Masih dalam liputan langsung Visioner, nampalknya persiapan penyambutan Adzan sudah dilaksanakan secara matang oleh Pemkot Bima. Tenda-tenda yang dinilai istimewa dan kemudian menu makanan juga telah dipersiapkan lebih awal untuk Adzan serta rombongan yang yang menjemputnya.

Penyerahan Piagam Penghargaan dan BonusRp10 Juta Oleh Walikota Bima Kepada Adzan Yang Disaksikan Oleh Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan S.Adm (20/8/2020)
Di moment di kemdiaman Walikota Bima tersebut, Adzan diberikan piagam penghargaan dan bonus berupa uang senilai Rp10 juta. Angka ini, adalah sama dengan ketika Adzan berhasil menjadi Dampok Paskibraka di Istana Negara Jakarta tahun 2019.

“Adzan telah membuktikan prestasi terbaiknya. Yakni dua kali tampil sebagai personil paskibraka Nasional pada moment HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara (17/8/2019 dan 17/8/2020). Sungguh luar biasa, sebagai warga Kota Bima kita harus bangga. Kedepan, kita berharap adanya Adzan-Adzan yang lainya yang bisa mengharumkan nama daerah di kancah Nasional,” harap Walikota Bima dalam dalam sambutanya.

Keberhasilan yang diraih oleh Adzan dalam kaitan itu, diakuinya sebagai cerminan dari kerja keras para pelatih Paskibraka, para Instruktur, para pembinaya pada MAN 2 Kota Bima, pihak PPI serta doa dan dukungan seluruh masyarakat Kota Bima. “Kita bangga menjadi orang Bima. Karena, Adzan telah dua kali mengharumkan naka Kota Bima di kancah Nasional melalui Paskibraka. Oleh karenanya, selain bangga kita juga harus bersyukur kepada Allah SWT. Sungguh prestasi yang diraih oleh anak kita Adzan ini luar biasa, semga cita-cita besarnya kedepan bisa ia capai,” harap Walikota Bima.

Delegasi Kemenpora RI, Mahfud Saat Menyampaikan Sambutan dan Apresiasinya Atas Keberhasilan Adzan di Kediaman Walikota Bima (20/8/2020)
Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan, S.Adm juga menyampaikan hal sama pada moment dimaksud. Alfian kemudian menegaskan, Adzan adalah milik Kota Bima. Adzan adalah milik NTB. Dan Adzan adalah milik Indonesia. “Oleh karena itu, kita harus bangga dan bersyukur. Prestasi yang diraih oleh Adzan ini merupakan kebangaan bagi warga Kota Bima. Semoga kedepan lahir Adzan-Adzan yang lainya, itu harapan dan doa kita semua,” harapnya.

Sementara itu, mahfud selaku delegasi dari kemenpora RI yakni Mahfud menjelaskan bahwa prestasi yang diraih oleh Adzan dalam kaitan itu tercatat sebagai sejarah panjang dan kenangan terindah yang tidak bisa dilupakan dalam hidupnya. Mahfud mernerangkan, tidak mudah untuk tampil dua kali sebagai personil Paskibraka pada HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara. Namun diakuinya, Adzan mampu meretas keraguan itu.

“Sunggu ini merupakan “satu-satunya” peristiwa yang terjadi di Indonesia. Biasanya, setiap personil paskibraka hanya satu kali tampil di Istana Negara pada moment HUT Kemerdekaan RI. Dan setelah itu, mereka langsung menjadi Purna Paskibraka. Namun tidak demikian dengan Adzan, ia berhasil tampil dua kali di istana Negara. Yakni sebagai Danpok 17 pada HUT Kemerdekaan RI tahun 2019. Dan sebagai personil pembentang bendera merah putih pada HUT Kemerdekaan RI di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus tahun 2020,” tandasnya.

Moment Penyambutan Adzan di Kediaman Walikota Bima (20/8/2020)
Adzan berhasil tampiul kedua kalinya sebagai personil Paskibraka Nasional tahun 2020, tidak diraih dengan cara mudah. Namun diakuinya melalui proses dan tahapan yang teramat panjang dan sulit. Pada tahapan seleksi, Adzan mampu melewatinya dengan baik hingga terpilih menjadi personil Parkibraka Nasional untuk kedua kalinya di Istana Negara Jakarta.

“Sungguh luar biasa. Kita bangga memilikinya, dan orang Bima harusbangga memiliki Adzan. Keberhasilan Adzan dalam dua kali menjadi anggota Paskibraka Nasional, tentu saja menjadi sejarah panjang, istimewa dan kenangan terindah bagi warga NTB, khususnya Kota Bima. Semoga kedepan akanlahir-Adzan-Adzan lainya di Kota Bima ini. Terimakasih kepada semua  terutama para pelatih, instruktur dan pembina yang telah sukses mengantarkan Adzan untuk kedua kalinya di Istana Negara,” pungkas Mahfud.

Sementara itu, pada moment tersebut Adzan menyampaikan terimakasi kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan dan doanya hingga dirinya berhasil tampil sebagai personil Paskibraka Nasionalnya di Istana Negara. Ucapan special disampaikanya kepada para pelatih, Instruktir dan para pembiananya di MAN 2 Kota Bima karena telah mampu membuktikan edukasi terbaiknya hingga dirinya bisa kembali tampil sebagai personil Paskibraka Nasional pada HUT kemerdekaan RI di Istana Negara di Jakarta.

Dari Fix La Luna Lawata Kota Bima Untuk Adzan (20/8/2020)
“Saya juga menyampaikan terimakasih kepada Walikota Bima, Dinasparpora Kota Bima, Ketua TP-PKK Kota Bima, Ketua DPRD Kota Bima, Ketua Iswara Kota Bima, Kasek MAN 2 Kota Bima beserta guru-guru dan kepada seluruh masyarakat Kota Bima. Sebab, keberhasilan ini merupakan kesuksesan kita semua,” terang Adzan.

Berguru kepada keberhasianya dalam kaitan itu, Adzan mengajak anak-anak muda Kota Bima khusunya untuk terus berkarya dengan baik. Kemerdekaan RI diakuinya bukan saja lepas dari jajahan Belanda maupun Jepang. Namun juga tercermin kepada melepaskan diri dari berbagai belenggu kesusahan.

“Banyak cara untuk mengisi kemerdekaan RI, bukan saja melalui keberhasilan kita menjadi personil Paskibraka Nasional. Tetapi, juga bisa dilalkukan dengan karya-karya terbaik lainya. Anak-anak muda Bima khususnya, saya berharap dapat membuktikan karya terbaiknya untuk tujuan mengisi Kemerdekaan RI,” pungkas Adzan.

Ayah Kandung Adzan yakni Muahmmad Daud juga menyatakan kebanggaanya. Keberhasilan yang diraih oleh Adzan tersebut, diakuinya sebagai wujud nyata semua pihak yang terlibat di dalamnya. Keberhasilan Adzan pun diakuinya pula sebagai kebanggaan seluruh warga Kota Bima, dan NTB pada umumnya.

Penyerahan Cinderamata Dari Walikota Bima Kepada Delegasi kemenpora RI, Mahfud Atas Diantarnya Adzan ke Kota Bima. Moment Ini Berlangsung di Fix La Luna Lawata Kota Bima (20/8/2020)
“Terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah mulai dari Pusat, Pemprov NTB dan Kota Bima. Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada para pelatih, instruktur dan pembina arena sukses mengantarkan Adzan selama dua kali menjadi personil Paskibraka Nasional. Singkatnya, Alhamdulillah bahwa ini adalah keberhasilan dan kebanggaan kita semua,” tuturnya.

Apa saja yang diperoleh Adzan atas terbaiknya melalui moment Paskibraka Nasional di Istana Negara tersebut?. Dalam kaitan itu, Visioner berhasil menelusurinya dari beberapa sumber. Selain piagam penghargaan, Adzan juga mendapatkan uang sebesar Rp5 Pemerintah Pusat, Rp 10 juta dari Kemenag Kota Bima, Rp1,5 juta dari Pemprov NTB, Rp 2 juta dari Wakil Ketua DPRD NTB yakni H. Mori Hanafi, Rp10 juta dari Pemkot Bima serta bingkisan special dari Fix La Luna Lawata Kota Bima. Bingkisan special dari Fix La Luna untuk Adzan tersebut, diserahkan di Pantai Lawata Kota Bima.

Kado special dari Fix La Luna untuk Adzan ini diserahkan pada Kamis malam (20/8/2020), disaksikan oleh Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, pihak Disparpora Kota Bima, pihak PPI, kedua orang tua Adzan dan dan para pengunjung Fix La Luna. Penyerahan bingkisan yang didalamnya juga berupa uang yakni oleh Top Managemen Fiz La Luna, Fadlin.

Di Fix La Luna Lawata juga Walikota Bima menyerahkan Cinderamata Kepada Delegasi kemenpora RI yakni Mafud atas diantarnya Adzan ke Kota Bima. Pada moment itu pula, Walikota Bima menyerahkan bingkisan dari Fix La Luna untuk Mahfud. Tak hanya itu, malam itu juga Adzan, kedua orang ruanya, rombongan Walikota Bima, Mahfud serta pihak PPI melaksanakan kegiatan santap bersama di Fix La Luna. (TIM VISIONER

No comments

Powered by Blogger.