Disnaker Gelar Sosialisasi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri

Sosialisasi Penempatan tenaga kerja luar negeri.
Visioner Berita Kota Bima-Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Tenaga Kerja menggelar sosialisasi penempatan tenaga kerja luar negeri yang merupakan program peningkatan kesempatan kerja di Kota Bima, Kamis (17/9/2020) di Aula Kantor Camat Mpunda Kota Bima. Sosialisasi ini dibuka oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Bima, Ir. Hj. Rini Indriati.

Dalam laporannya Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, Drs. Abdul Gawis selaku ketua penyelenggara kegiatan melaporkan bahwa tujuan sosialisasi dilaksanakan guna mewujudkan hak dan kesempatan yang sama bagi tenaga kerja, memperoleh pekerjaan dan penghasilan yang layak. Selain itu, kegiatan ini dimaksudkan pula sebagai rekomendasi tenaga kerja luar negeri yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Bima adalah sebanyak 303 orang.

Kegiatan sosialisasi akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu Kamis, 17 September dan Senin, 21 September 2020 dengan peserta berjumlah 100 orang, terdiri dari tokoh masyarakat dan kelurahan se-Kota Bima serta kepala cabang P3MI dan petugas Dinas Tenaga Kerja Kota Bima.

Dalam sambutan Walikota Bima yang diwakili oleh Asisten Bidang Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Hj. Rini Indriati menyampaikan bahwa sosialisasi yang dilaksanakan pada hari ini menjadi salahsatu upaya kita memberikan informasi kepada para calon Tenaga Kerja Indonesia mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat, termasuk didalamnya hak dan kewajiban selama menjadi Pekerja Imigran Indonesia.

Oleh karena itu, sosialisasi ini sangat penting dengan tujuan melindungi para Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di Luar Negeri terutama untuk calon TKI baik jalur Prosedural maupun Non Prosedural yang akan bekerja di Luar Negeri.

"Masyarakat yang memilih untuk menjadi Pekerja Imigran Indonesia agar tidak melalui jalur illegal, hanya karena iming-iming kemudahan prosedur serta berharap para peserta sosialisasi bisa menyimak materi yang disampaikan dengan baik," ujar Asisten diakhir sambutannya. 

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut staf ahli bidang kemasyarakatan, kesra dan SDM, Drs. H. M. Farid MSi, Sekcam Mpunda dan para peserta sosialisasi. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.