Header Ads

Paling Lambat Alfa Mart Akan Beroperasi Pebruari 2021

 

                                             Manajemen Alfa Mart Kota Bima, Sukiman (Bas)

Visioner Berita Kota Bima-Keyakinan bahwa retail modern yakni Alfa Mart akan beroperasi di Kota Bima, tampaknya semakin kuat saja. Meski persyaratan administrasi bagi beroperasinya retail modern ini, namun Managemen Alfa Mart Kota Bima yakni Sukiman alias Bas memberikan memberikan keyakinan bahwa retail tersebut akan beroperasi di Kota Bima paling lambat pada Perbruari 2021.

Hal tersebut dijelaskan oleh Bas kepada Visioner beberapa hari lalu. “Insya Allah paling telat Alfa Mart akan beroperasi di Kota Bima pada Pebruari 2021,” terang Bas.

Bas kemudian menyatakan, pihaknya akan membuka tiga sampai dengan lima retail di Kota Bima sebagai langkah uji coba. “Langkah uji coba tersebut lebih kepada melihat tentang bagaimana perkembangan pasarnya,” jelas Bas.

Bas menegaskan, dalam satu retail akan merekrut tenaga kerja 8-10 orang. Namun yangdiutamakan sebagai karyawanya adalah warga di mana lokasi retail itu beroperasi. “Karyawan yang akan diterima tentu saja berijazah minimal SMA sederajat. Namun untuk kasir, tentu saja dibutuhkan yang bisa komputer,” ujar Bas.

Sementara soal gaji karyawan, Bas menyatakan yakni sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK). Yakni Rp2 juta lebih per bulan per orang. “Kita pastikan bahwa gaji mereka per bulan itu sesuai dengan standar UMK,” tutur Bas.

Bas memastikan bahwa kehadiran Alfa Mart tak akan merugikan para pedagang kecil yang ada di Kota Bima. Pertanyaan tentang seberapa jauh Alfa Mart akan menampung hasil karya UMKM di Kota Bima, tentu saja akan terlihat jelas pada MoU yang ditandatangani oleh pihaknya dengan Walikota Bima.

“Apa-apa saja hasil karya UMKM di Kota Bima yang akan ditampung oleh Alfa Mart, tentu saja akan dijelaskan melalui MoU dimaksud. Hasil karya yang ditampung tersebut, bukan langsung didroping oleh pihak UMKM. Tetapi, BUMD setempatlah yang menentukanya hasil karya UMKM Kota Bima yang akan ditampung di Alfa Mart,” papar Bas.

Bas kembali menegaskan, karyawan yang direkrut nantinya adalah mengutaman warga pada masing-masing wilayah beroperasinya Alfa Mart. “Ini bertujuan memberdayakan warga pada masing-masing wilayah beroperasinya Alfa Mart,” sebutnya.

Bas menambahkan, Alfa Mart nantinya akan dibuka 1x24 jam pada setiap harinya. “Kita akan beroperasi dalam 1x24 jam. Hal ini mempertimbangan kondisi masyarakat di Kota Bima. Sementara soal keamanan, saya yakin bahwa Kota Bima sangat aman dan masyarakatnya sangat sadar,” tandas Bas.

Lagi-lagi, Bas menegaskan bahwa kehadiran Alfa Mart di Kota Bima tidak akan merugikan para pedagang kecil maupun UMKM lainya. Sebagai contoh yang paling dekat kata Bas, sejak awal dampai dengan Alfa Mart beroperasi di Bima tak seorang pedagang kecil maupun UMKM yang mengaku mengalami kerugian.

“Malah di berbagai wilayah di Kabupaten Bima, masyarakatnya nmeminta agar Alfa Mart ditambah lagi. Maksudnya, bukan saja di Kecamatan Bolo. Itu artinya masyarakat di berbagai wilayah di Kabupaten Bima masih membutuhkan adanya penambahan Alfa Mart,” pungkas Bas. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.