Header Ads

Bantuan Untuk Korban Bencana di Kabupaten Bima Dari Berbagai Pihak Masih Terus Mengalir

Salah Satunya Dari Kota Bima Untuk Korban Banjir Bandang di Kabupaten Bima

Visioner Berita Kabupaten Bima-Duka dan air mata korban bencana di Kabupaten Bima yakni di Kecamatan Monta, Kecamatan Woha, Kecamatan Madapangga dan Kecamatan Bolo diakui hingga kini belum juga berakhir. Betapa tidak, harta benda mereka ludes digenangi air dan diseret banji bandang dengan ketinggian rata-rata sekitar satu meter, Sabtu (3/4/2021).

Bukan itu saja, bencana yang diakui terparah perna dalam sejarah akibat intensitas hujan selama dua hari serta gundulnya hutan ini, juga telah menghancurkan lahan persawahan warga, tambak bandeng warga, ternak warga dan lainya. Sedangkan kerusakan infrastruktur milik Pemerintah yang dinilai parah, dantaranya dunia Pendidikan, Kesehatan, Pos Polisi, Pos Koramil (Posramil), Kantor Desa, Kantor Camat dan lainya pula.

Sementara langkah awal yang dilakukan oleh Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti, SE yang juga menggandeng Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah bukan sekedar tinjauan pemukiman warga pasca bencana. Tetapi juga menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada korban bencana di empat Kecamatan di Kabupaten Bima. Haltersebut dilaksanakan pada Sabtu (3/4/2021).

Masih soal duka dan air mata para korban banjir di empat Kecamatan di Kabupaten Bima, dilaporkan bahwa sejak awal para pihak mendatanginya guna diberikan bantuan tanggap darurat. Antara lain mie intant, beras, minyak goreng, sabun mandi, odol, makanan ringan, telur, air mineral, selimut dan lainya.

Jum’at malam, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE langsung memerintahkan pihak BPBD setempat untuk bersinergi dengan berbagai elemen lain yang melakukan evakuasi korban bencana banjir bandang di Desa Rabakodo Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Dalam kaitan itu, BPBD Kota Bima yang bergabung dengan BPBD Kabupaten Bima, Tim SAD, TNI, Polri. TAGANA Kota dan Kabupaten Bima, TSBK Kota Bima dan lainya melakukan evakuasi korban bencana di Rabakodo hingga Sabtu pagi (3/3) sekitar jam 3.00 dini hari waktu setempat.

Makanan tanggap darurat dan bantuan dalam bentuk lain juga diserahkan oleh pihak BPBD Kota Bima kepada korban bencana banjir di sana. Ketua TP-PKK yang juga Ketua Dekranasda Kota Bima serta Ketua PUSPA Kota Bima yakni Hj. Elly Alwainy beserta jajaranya pun menyerahkan berbagai bantuan untuk korban bencana di Kabupaten Bima. Sabtu (3/4/2021), Elly yang juga istri Walikota Bima ini menyerahkan beragam bantuan kepada korban bencana di Kecamatan Bolo.

Panggilan jiwa atas nama kemanusiaan untuk korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima, juga dilakukan oleh Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan, S.Adm. Bantuan yang diberikan oleh Politisi Partai Golkar Kota Bima yang juga Ketua DPD II Partai berlambangkan pohon beringin tersebut yakni berupa makanantanggap darurat dan jenis bantuan lainya.

Masih soal menjawab duka dan air mata korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima, Karat Karang Taruna (KT) Kota Bima di bawah kendali Dita Pravitasari menyerahkan berbagai bentuk bantuan kepada korban bencana banjir bandang di Kota Bima, antara lain nasi bungkus. Dalam kaitan itu, Dita memerintahkan seluruh Karang Taruna di seluruh Kelurahan dan Kecamatan Kota Bima untuk bersatu memasak dan kemudian hasilnya diberikan kepada para korban banjir bandang di Kabupaten Bima.

Majelis Adat Dana Mbojo di bawah kendali Hj. Ferra Amelia, SE juga menyerahkan berbagai bentuk bantuan untuk para korban bencana di Kabupaten Bima. Bentuk bantuan berupa mie instan, air mineral, susu, sabun mandi, odol dan lainya. Pasuka Majelis Adat Dana Mbojo ini mulai menyerahkan bantuan kepada korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima yakni sejak Jum’at (2/4/2021) dan kemudian dilanjutkan pada Sabtu (4/4/2021).

Ormas-Ormas Islam yang ada di Kota Bima juga terpanggil untuk membantu korban bencana di Kabupaten Bima. Salah satu Ormas Islam tersebut yakni Muslimah Bima Peduli. Muslimah Bima Peduli menyerahkan bantuan kepada korban bencana yakni dalam bentuk makanan tanggap darurat dan bantuan-bantuan dalam bentuk lain. Sabtu (4/4/2021) di Kecamatan Bolo.

Aksi kemanusiaan yang dinilai sangat mulia untuk menjawab duka dan air mata para korban bencana di Kabupaten Bima, juga dilakukan oleh warga Kota Bima, antara lain Glipanda Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat, Tanjung Kelurahan Tanjung Kecamatan Rasanae Barat dan di sejumlah perkampungan lain di berbagai wilayah Kecamatan di Kota Bima. Warga Kota Bima tersebut menyerahkan beragam bentuk bantuan kepada korban bencana di Kabupaten Bima, Sabtu (4/4/2021).

Komunitas Pecinta Alam (KOPA) Mbojo yang berdomisili di Kota Bima, juga menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima. Bantuan tersebut diserahkan kepada korban bencana di Kabupaten Bima, Sabtu (4/4/2021).

Tak hanya itu, berbagai elemen lain yang berdomisili di Kota Bima yang salah satunya datang dari Assosiasi Jurnalis Indepen (AJI) juga menyerahkan bantuan kepada korban bencana di Kabupatren Bima. Bentuk bantuanya yakni berupa beras, dan diberikan kepada korban bencana banjir bandang di Kelurahan Rabakodo Kecamatan Woha, Sabtu (4/4/2021).

Kota Bima bergerak menyerahkan bantuan kepada korban bencana di berbagai wilayah di Kabupaten Bima dilakukan sejak awal dan masih berlangsung sampai dengan saat ini. Mereka bergerak sejak pagi, siang dan bahkan pada malam harinya. Pemerintah dan berbagai elemen masyarakat Kota Bima, diakuinya paling cepat terpanggil untuk menjawab duka dan air mata korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima.

Masih soal gerak nurani warga Kota Bima untuk para korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima, para pelaku usaha yang salah satunya Hokky Mart menyerahkan berbagai bentuk bantuan untuk korban bencana di Kabupaten Bima. Manager Hokky Marty yakni Hendra menjelaskan, pihaknya menyerahkan bantuan berupa mie instan sebanyak 100 dus, 50 dus air mineran dan 200 bungkus nasi.

Bantuan tersebut, diakuinya telah diberikan kepada korban bencana banjir bandang di sejumlah Desa di Kecamatan Monta, salah satunya di Desa Sie. Sementara Paguyuban Tiong Hoa di Kota Bima ujar Hendra, akan menyerahkan berbagai bentuk bantuan kepada korban bencana di Kabupaten Bima. Bantuan tersebut paparnya, akan disalurkan melalui Bupati Bima, Minggu (4/4/2021).

“Bentuk bantuanya antara lain mie instan, air mineral dan lainya termasuk terpal. Kami dari Paguyuban Tiong Hoa di Kota Bima menyerahkan bantuan tersebut semata-mata karena panggilan jiwa, untuk dan atas nama kemanusiaan,” tutur Hendra kepada Visioner, Sabtu (3/4/2021).

Khusus dari Kota Bima, membantu para korban bencana di kabupaten Bima belum berakhir sampai di situ. Tetapi, sejak Sabtu siang hingga malam Minggu (3/4/2021) berbagai elemen masyarakat di Kota Bima mengumpulkan berbagai bentuk bantuan yang selanjutnya (esok) akan diberkan kepada para korban bencana di Kabupaten Bima.

Lagi-lagi dari Kota Bima, Ketua Partai Gerindra Kota Bima yang juga Ketua DPC Partai Gerindra Kota Bima yakni Khalid Bin Walid bersama pasukanya menyerahkan bantuan berupa Sembako kepada korban bencana di salah satu wilayah di Kabupaten Bima.

“Bantuan tersebut, Alhamdulillah telah kamis serahkan kepada korban bencana banjir bandang di salah satu wilayah di Babupaten Bima. Kota dan Kabupaten Bima adalah sama. Sama bahasa dan sama pula karakteristiknya. Kota Bima dan Kabupaten Bima hanya dipisahkan oleh soal administrasi saja. Maka duka dan air mata saudara kita di Kabupaten Bima tidak boleh kita tonton saja. Untuk itu, kami hadir menyerahkan bantuan untuk mereka, semoga bermanfaat dan diharapkan agar korban bencana di sanatetap tabah dan ikhlas,” harap Walid, Sabtu (3/4/2021).

Ketua DPRD Kabupaten Bima, Muhammad Putra Feriyandi, S.IP juga menyerahkan bantuan dalam bentuk Sembako kepada korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima. Bantuan tersebut di serahkan di salah satu Desa di Kecamatan Madapangga, Sabtu (3/4/2021). Masih dari Partai Golkar Kabupaten Bima, anggota DPRD Kabupaten Bima yakni Muhammad Sidik juga menyerahlkan bantuan Sembako kepada korban bencana di Kecamatan Monta (3/4/2021)

Anggota DPRD NTB yakniAbdul Rauf, ST, MM juga tak ketinggalan membantu korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima. Bantuan yang diberikan oleh duta Partai Demokrat ini, bukan saja dalam bentuk makanan siap saji. Tetapi ada juga bantuan dalam bentuk lainya. Bantuan tersebut telah diserahkanya kepada mkorban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima, Sabtu (3/4/2021).

Singkatnya, beragam bantuan dari berbagai pihak untuk korban bencana banjir bandang di empat Kecamatan di Kabupaten Bima tersebut hingga kini masih mengalir. Penyerahan bantuan tersebut juga dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Bima yakni dari wilayah-wilayah yang tidak diserang oleh banjir bandang.

Beragam bantuan mulai dari tanggap darurat dan lainya sudah diberikan, dan rencananya masih akan dilanjutkan untuk esok harinya (4/4/2021). Panggilan jiwa atas nama kemanusiaan dalam bentuk menyerahkan bantuan kepada korban banjir bandang di Kabupaten Bima, juga datang dari Kerunan Keluarga Bima (KKB) yang ada di Kabupaten Sorong Irian Jaya.

Sementara dari dunia Akademisi, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima juga ikut berpartisipasi menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima. Kampus Biru di bawah kendali, Firdaus, SE (Ketua STIE Bima) ini telah menyerahkan beragam bantuan, salah satunya makanan siap saja. Bantuan tersebut telah di serahkan di salah satu wilayah di Kabupaten Bima, Sabtu (3/4/2021)

Sabtu malam (3/4/2021) pihak KKB Kabupaten Sorong Irian Jaya terlihat sedang berkumpul di salah satu Desa di Kecamatan Woha. Dikabarkan, KKB di Kabupaten Sorong akan menyerahkan beragam bantuan untuk korban bencana banjir bandang di Kabupaten Bima, salah satunya di Kecmatan Woha.

Lagi-lagi sentuhan kemanusiaan terhadap para korban bencana di Kabupaten Bima, juga datang dari Bupati Dompu, AKJ beserta jajaranya, dan juga berbagai elemen masyarakat Dompu. Dompu terpanggil atas nama Agama, manusia dan saudara dalam kaitan itu telah dimulai sejak Jum’at (3/4/2021).

Terkait sentuhan kemanusiaan dari Kabupaten Dompu tersebut, masyarakat Bima baik Kota maupun Kabupaten menyatakan apreasiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada AKJ danjajaranya, serta berbagai elemen masyarakat Dompu.

Secara terpisah, Bupati Bima Hj. Inda Dhamayanti Purtri, SE menyatakan rasa bersyukur, terimakasih dan apreasiasi dan kebanggaanya yang luar biasa atas partisipasi semua pihak di dalam membantu meringankan beban para korban bencana di empat Kecamatan di Kabupaten Bima ini.

Bantuan tersebut terangnya, tentu saja sangat bermanfaat bagi para korban bencana di Kabupaten Bima ini. Dan dalam kaitan itu, tak hanya korban bencana yang merasa terbantu, tetapi juga Pemerintah Kabupaten (Pemkab Bima).

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bima yang dua periode dengan sekarang menjabat sebagai Bupati Bima ini mengajak berbagai pihak untuk terus mengulurkan bantuan bagi korban bencana di empat Kecamatan di Kabupaten Bima ini. Sementara Pemerintah, diakuinya tetap melakukan hal yang sama dan terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan pihak Pemprov NTB maupun Pemerintah Pusat dalam menjawab harapan guna menuntaskan beragam insfrastruktur yang mengalami kerusakan teramat parah akibat banjir bandang di empat Kecamatan dimaksud.

“Jangan pernah berhenti berbuat baik dan menebarkan kebaikan terhadap sesama. Duka dan air mata korban bencana banjir bandang di empat Kecamatan di Kabupaten Bima, juga merupakan duka dan air mata kita semua. Pun kebahagian mereka juga kebahagiaan kita semua. Mari terus membantu mereka. Sekecil apapun bantuan yang kita berikan kepada mereka, tentu saja sangat besar manfaatnya. Semoga bantuan yang sudah diberikan kepada mereka akan menjadi ladang amal bagi kita semua di hari kelak nanti,” pungkas Bupati Bima. Teruslah Berbagi, Siapa Berikutnya? (FAHRIZ/RIZAL/GILANG/RUDY

No comments

Powered by Blogger.