Header Ads

Sambut HUT TNI Ke-76, Korem 162/WB Gelar Baksos Mulai Dari Pembagian Paket Sembako-Serbuan Vaksinasi

Great Moment Kegiatan Baksos Menyambut HUT TNI Ke-76 di SMPN 6 Mataram NTB (26/9/2021)

Visioner Berita Mataram, NTB-Kiprah TNI di berbagai ragam kegiatan sosial kemasyarakat di berbagai moment patut diapresiasi. Hal tersebut diakui bukan saja statis pada kegiatan TMM pada tiap tahunya. Tetapi juga tercatat pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan lain, salah satunya membantu korban bencana.

Pengabdian nyata TNI tersebut, tampaknya belum berakhir sampai di situ. Minggu (26/9/2021), Korem 162/WB menggelar kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) di SMPN 6 Mataram-NTB. Pada moment Baksos menyambut HUT TNI ke-76 pada tanggal 5 Oktober 2021, juga melibatkan pihak Polri dan Pemprov NTB.

Kiprah kemanusiaan ini meliputi donor darah, serbuan vaksinasi merdeka, membagikan paket Sembako kepada warga tak mampu, kaum dhuafa serta petuga kebersihan Kota Mataram dan membagikan kursi roda kepada penyandang cacat. Kegiatan yang dinilai mulia ini, dijelaskan dihadiri oleh Pimpinan TNI dan Polri di NTB, Gubernur NTB, Waka Polda NTB, Kasrem 162/WB, Sekda NTB, para Kasi Korem 162/WB dan PJU Polda NTB, Ketua Veteran NTB, Ketua dan Pengurus Dharma Pertiwi Daerah J NTB, Ketua Bhayangkari NTB serta undangan lainnya.

Disela-sela kegiatan Baksos menyambut HUT TNI ke-76 ini, Danrem 162/WB, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, SH, M.Han menjelaskan bahwa pada moment tersebut membagikan ratusan paket Sembako kepada masyarakat kurang mampu terutama kaum dhuafa, anak-anak yatim piatu, Lanjut Usia (Lansia) dan kepada  petugas kebersihan Kota Mataram.

Jenderal Bintang Satu berbadan tinggi semampai yang hobi olah raga ini menjelaskan, soal vaksin merupakan Program Nasional yang wajib dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah se Indonesia termasuk di NTB. Khusus di wilayah NTB, diharapkan dapat mencapai Herd Immunity untuk menjamin terlaksananya World Superbike (WSBK) maupun MotoGP Bulan November 2021. Dalam kaitan itu, hari ini pihaknya telah menyiapkan sebanyak 40.000 dosis vaksin.

“Namun khusus untuk kegiatan Baksos di SMPN 6 Mataram-NTB ini, disiapkan 1000 dosis vaksin dengan sasaran masyarakat di seputaran Kota Mataram. Saat ini di Kota Mataram, soal vaksinasi sudah lebih dari 80 persen. Dengan penambahan 1000 dosis vaksin ini, diharapkan menjadi lebih tinggi lagi jumlah masyarakat yang divaksin, “ harapnya.

Demikian juga Donor Darah, Perwira Tinggi (Pati) TNI Bintang Satu itu berharap bisa menghasilkan hingga 500 kantong darah untuk memenuhi stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI). Esensinmya terang Danrem 162/WB ini, yakni agarmasyarakat bisa mendapatkan dengan cepat saat membutuhkan darah.

“Sebab dengan setetes darah yang kita donorkan tentu saja bisa membantu menyelamatkan nyawa khususnya orang-orang dalam kondisi kritis,” terangnya.

Pada peringatan HUT TNI Ke-76 tahun ini, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani juga memohon doa restu kepada seluruh masyarakat agar diberikan kekuatan lahir dan batin sehingga TNI dapat berbuat yang terbaik dan lebih maksimal untuk rakyat dan bangsa Indonesia.

Pada moment Baksos tersebut, Kapolda NTB, Irjen Pol M. Iqbal mengakui bahwa TNI adalah mitra terpenting dan strategis dalam melaksanakan tugas-tugas Kepolisian baik menjaga keamanan, melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat serta pemeliharaan Kamtibmas.

“Apalagi di masa-masa krisis, Kepolisian tentunya akan selalu bersinergi sampai kapanpun karena TNI dan Polri adalah terdepan dalam menjaga keamanan masyarakat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegas Kapolda NTB.

Sosok Jenderal Bintang Dua yang dikenal santun, ramah, baik, agamis dan humanis ini menjelaskan, di masa pandemi Covid-19 saat ini TNI dan Polri di NTB berulang kali bergandengan tangan melakukan berbagai upaya, salah satunya menggelar vaksinasi massal dalam rangka mempercepat laju vaksinasi untuk mensupport Pemerintah Daerah.

“Mesin-mesin TNI dan Polri bersatu padu mewujudkan Herd Immunity di provinsi NTB. Pada moment ini pula, saya ucapkan selamat kepada TNI khususnya Korem 162/WB, Lanal Mataram, Lanud ZAM. Kepolisian daerah NTB selalu mensupport apapun tugas-tugas TNI untuk rakyat,” ujar Kapolda NTB.

Masih di moment yang sama, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah menyampaikan rasa bangga dan bahagia mendapat laporan dari Kapolda NTB bahwa vaksinasi masyarakat Lombok Tengah saat ini sudah melebihi angka50 persen. Gubernur NTB berharap, dalam seminggu lagi bisa melebihi target 70 persen dari persyaratan yang diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk bisa menyelenggarakan Internasional Event (IE) di NTB.

“Ekspektasi besar ini tidak mungkin bisa terlaksanakan tanpa kerja keras dan kekompakan kita bersama. Semoga kerjasama dan kolaborasi kita terus berlanjut sehingga pekerjaan yang begitu berat terasa ringan untuk dijinjing bersama,” harap Gubernur NTB.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB, H. Lalu Gita Ariyadi. Gta menerangkan,  soliditas tiga pilar (TNI, Polri dan Pemda) di Provinsi NTB merupakan kekuatan utuh untuk mensukseskan berbagai event-event Internasional yang dipercayakan oleh Pemerintah Pusat kepada Pemprov NTB.

“Kita mengajak seluruh elemen masyarakat di NTB agar bergandengan tangan mendukung Pemerintah, dan memberika dukungan penuh kepada TNI dan Polri. Dan dengan itu pula, Insya Allah NTB ini akan semakin Gemilang,” harap Gita.

Sekadar catatan penting, kegiatan Baksos dalam rangka menyambut HUT TNI ke-76 tahun 2021 ini juga dilaksanakan oleh TNI di seluruh Kabupaten/Kota di NTB. Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Media Online www.visionerbima.com, kiprah kegiatan Baksos tersebut masih berlangsung di seluruh Kabupaten/Kota di NTB. 

Catatan actual lainya yang diperoleh Media ini melaporkan, kegiatan vaksinasi Merdeka yang merupakan Progman Nasional ini, hingga saat ini masih dilaksanakan ileh Tiga Pilar di Kota Bima dan di Kabupaten Bima. Liputan langsung Media ini juga menjelaskan, berbagaicara dilakukan oleh Tiga Pilar tersebut mengajak sekaligus menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat untuk ikut serta dalam kegiatan vaksinasi Merdeka ini.

Kota Bima dan Kabupaten Bima Masih Gencar Melaksanakan Kegiatan Vaksinasi Merdeka

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE dan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE menjelaskan bahwa angka kesadaran masyarakat ddi dua daerah di Bima ini untuk ikut serta pada kegiatan vaksinasi Merdeka ini semakin ini. Hal tersebut tercermin kepada kian tingginya kehadiran masyarakat di dua daerah untuk divaksin pada tempat-tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah Daerah yakni di Mapolres Bima Kota dan Mapolres Bima Kabupaten serta di Kantor Kepala Desa dan Kantor Kelurahan di dua daerah ini pula.

Diakui pula, keterlibatan berbagai seluruh Tokoh baik Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan lainya untuk bersama-sama dengan Pemerintah di dua daerah ini di dalam mendorong sekaligus menumbuhkan tingkat kesadaran masyarakat terkait vaksin Merdeka ini bukan sekedar wacana.

Hal-hal menarik lainya yag dilakukan oleh Tiga Pila di dua daerah ini agar masyarakat ikut divaksin juga terlihat melalui Razia Gabungan di depan Mapolres Bima Kota maupun di depan Mapolres Bima Kabupaten. Para oengendara baik roda empat maupun kendaraan roda dua, distop dan kemudian divaksin oleh Tim Medis yang sudah disiapkan.

Sementara para pengendara yang memiliki riwayat gaga ginjal, batuk-pilek, sesak nafas, diabetes, hipoertensi dan penyakit berat lainya tidak diperkenankan untuk divaksin oleh Tim Medis. Dan sampai sejauh ini, kegiatan vaksinasi Merdeka di Kota dan Kabupaten Bima masih gencar dilaksanakan oleh Tiga Pilar. Dan sampai sejauh ini, tak ada keluhan apapun dari pihak yang telah divaksin. Tetapi, mereka malah menyatakan senang dan merasakan dampak positifnya setelah divaksin. (RIZAL/GILANG/FAHRIZ/AL/RUDY)

No comments

Powered by Blogger.