Header Ads

Bima Berduka, Mari Membantu-Bupati Instruksikan Tanggap Darurat Bencana Kebakaran di Naru Barat

Yang Tersisa Dari Musibah Kebakaran di Desa Naru Barat Kecamatan Sape-Kabupaten Bima (10/10/2021)

Visioner Berita Kabupaten Bima-Minggu (10/10/2021) Bima berduka. Puluhan rumah di dua RT di Desa Naru Barat Kecamatan Sape-Kabupaten, ludes terbakar dan rata dengan tanah. Harta benda para korban bencana pun hangus dilahap si jago merah. Hingga berita ini ditulis belum diketahui total kerugian yang dialami korban kebakaran.

Musibah kebakaran yang terjadi di Naru Barat, praktis saja menyambar duka dan air mata berbagai kalangan baik di dunia nyata maupun di Beranda Media Sosial (Medsos). Seruan agar berbagai pihak ikut menyalurkan bantuan baik dalam bentuk tanggap darurat dan lainya, hingga kini masih terus berlangsung.

Anak-anak muda dan mahasiswa di berbagai Perguruan Tinggi baik di Bima maupun di luar daerah juga diharapkan agar ikut bergerak turun ke jalan untuk mengetuk hati para pihak membantu korban kebakaran di Naru Barat. Hingga kini air mata duka korban kebakaran masih berlangsung, sekecil apapun bantuan yang diberikan oleh berbagai pihak tentu saja sangat bermakna bagi korban kebakaran.

Tak hanya itu, Gubernur NTB juga diharapkan agar segera mengetuk seluruh Kabupaten/Kota di NTB untuk ikut berpartisipasi membantu korban kebakaran di Naru Barat. Sebab, dengan cara itu pula akan bisa meringankan beban korban kebakaran di sana.

Para Pengusaha Bima dan lainya baik yang ada di seluruh wilayah di NTB maupun di luar daerah juga diharapkan terketuk hatinya untuk hadir dengan sentuhan kemanusiaanya kepada korban kebakaran di Naru Barat.

Dampak dari musibah kebakaran di Naru Barat bukan saja menghabisi harta benda mereka. Tetapi juga anak-anak sekolah pun kehilangan seragam sekolah dan perlengkapan lainya. Ludesnya rumah dan harta benda korban kebakaran di Naru Barat, juga mendesak Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo agar segera memperhatikanya.

DPRD Kabupaten Bima maupun DPRD Provinsi NTB juga didesak agar segera turun tangan serta menyusun langkah-pasti guna mempercepat penanganan atas musibah besar yang menimpa korban kebakaran di Naru Barat. Sementara itu, Bupati Bima H. Indah Dhamayanti Putri, SE telah menginstruksikan tanggap bencana kebakaran di Naru Barat. 

Bupati-Wakil Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE-Drs. H. Dachlan M. Noer Mengajak Semua Pihak Membantu Meringankan Beban Korban Kebakaran di Naru Barat

Instruksi itu menyusul terjadinya bencana kebakaran yang melanda dua RT di Desa Naru Barat Kecamatan Sape, Minggu (10/10). Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE langsung menginstruksikan tanggap darurat bencana kebakaran untuk menangani musibah kebakaran karena mengingat jumlah warga terdapat sebanyak 276 jiwa tergolong besar. Maka mulai hari ini (11/10/2021), Pemerintah daerah memutuskan untuk  membuka dapur umum yang dipusatkan di RT 12 Desa Naru Barat Kecamatan Sape.

Untuk keperluan dapur umum tersebut akan dikerahkan 30 personil Taruna Siaga Bencana (TAGANA), 16 orang mitra Dinas Sosial dari kelompok pelopor perdamaian dan bantuan 10 personil TAGANA Provinsi NTB.

"Minggu sore (10/10/2021), sebanyak 5 tenda sudah didirikan, terdiri dari 1 tenda besar Dinas Sosial dan 4 tenda keluarga dari BPBD untuk penampungan sementara warga terdampak," terang Bupati Bima.

Demikian halnya dengan pelayanan makan sore korban kebakaran berupa nasi bungkus dan air minum. Bantuan dari Dinas Sosial NTB berupa terpal, makanan siap saji, selimut dan tikar akan tiba di lokasi kebakaran Senin (11/10/2021) Jam 10.00 Wita. 

Masih terkait dukungan bagi para korban terdampak, Senin (11/10/2021) Bupati Bima akan memimpin langsung kegiatan tanggap bencana di Naru Barat bersama Perangkat Daerah terkait lingkup Pemerintah Kabupaten Bima dibawah koordinasi Asisten III. 

Perangkat Daerah tersebut yakni Dinas PUPR, Dinas Pertanian dan Perkebunan, DLH, Dinas  Nakertrans, Dinas Kominfostik, Dinas Kesehatan, Dinas Perkim,  Dinas Peternakan, Dinas Perikanan dan kelautan, BPBD  dan Dinas Sosial. 

Untuk penanganan logistik para korban kebakaran, Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial dan BPBD menyiapkan makanan siap saji dan menyediakan beras reguler bagi kegiatan dapur umum selama 1 minggu. 

Bupati Bima juga menyampaikan ucapan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya atas dukungan penuh aparat TNI-Polri dan semua pihak yang telah membantu menangani bencana kebakaran di Desa tersebut. 

Tak hanya itu, Bupati Bima juga sangat mengharapkan terketuk nurani para pihak baik di Bima maupun di luar daerah agar hadir dengan sentuhan kemanusiaanya guna membantu korban kebakaran di Naru Barat. Sebab hal tersebut sangat dibutuhkan oleh para korban kebakaran di Naru Barat.

"Korban kebakaran di Naru Barat kini sedang mengalami kesusahan. Oleh sebab itu, mari kita semua membantu mereka. Sekecil apapun bantuan yang kitaberikan kepada mereka, Insya Allah ada berkahnya dan sangat berarti bagi mereka pula," harap Bupati Bima. (TIM VISIONER)

No comments

Powered by Blogger.