Header Ads

Kodim 1608 Bima - BPBD Kota Bima Adakan Sosialisasi dan Pelatihan Siap Siaga Bencana Alam

Potret Foto Saat Pelatihan.

Visioner Berita Kota Bima-Kamis (28/10/2021), Kodim 1608/Bima bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima mengadakan pelatihan kesiapsiagaan bencana Alam dan sosialisasi penanggulangan bencana alam yang  bertempat di Makodim 1608/Bima Jalan Sukarno - Hatta Kelurahan Sadia Kecamatan Mpunda Kota Bima.

Acara yang bertemakan "Bersama TNI Meningkatkan Kesadaran dan Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Terjadinya Bencana Alam" tersebut diselenggarakan oleh Kodim 1608/Bima dan dihadiri oleh Kasdim 1608/Bima Mayor Inf Yudha Bakti Irawan, Kasi Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Bima Imawan M, Anggota BPBD Wilayah Bima, perwakilan masyarakat di masing masing Kecamatan Wilayah Bima dan perwakilan Babinsa Koramil jajaran Kodim 1608/Bima.

Dikatakan Kasdim 1608/Bima, Mayor INF Yudha Bhakti Irawan, Indonesia merupakan negeri dengan potensi bencana alam sangat tinggi khususnya untuk bencana gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami karena terletak pada pertemuan tiga lempeng/kerak bumi aktif.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tanggap bencana sehingga tau harus berbuat apa apabila terjadi bencana alam. Karena apa yang di butuhkan atau yang terjadi di lapangan hanya relawan yang mengetahui sehingga perlu kita latihkan fungsi dan peranan relawan dilapangan," jelasnya.

Lanjut dikatakan Kasdim, Para relawan juga harus mengetahui hal yang harus dilakukan pra bencana, saat bencana dan pasca bencana. Saat ini Pemerintah telah membuat sistem peringatan dini (early warning) yaitu sebuah upaya untuk memberikan tanda peringatan bahwa bencana kemungkinan akan segera terjadi.

Selain itu, manajemen bencana yang dilakukan Pemerintah meliputi pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, tanggap darurat, dan pemulihan atas pra bencana, saat bencana dan pasca bencana.

"Diharapkan dengan sosialisasi ini para peserta dapat menambah pengetahuannya dibidang bencana dan selalu siap dalam menghadapi bencana dan mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat evakuasi terjadi," tutup Mayor Yudha. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.