Header Ads

Education Festival III Insan Kamil Diresmikan, Ini Pesan Walikota Bima

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE.

Visioner Berita Kota Bima-Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE resmikan kegiatan Insan Kamil Education Festival III (IKAL EDUFEST) tahun 2021 dengan mengusung tema "Good Bye Pandemi Bersama Sekolah Penggerak Kita Siap Berprestasi" berpusat di Istana Kesultanan Asi Mbojo, Jumat (26/11/2021).

Walikota Bima turut didampingi OPD jajaran Pemerintah Kota Bima, Kepala Dinas Dikbud, Kepala Dinas Kesehatan. Pada momen itu, Walikota disambut dengan tarian Wura bongi monca dari siswi SMP Insan Kamil. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala PT. Bank NTB Syariah, Kepala Bank BSI, Pembina Yayasan Takwul, Ketua Yayasan Takwul, Kepala Museum Asi Mbojo serta ratusan peserta dan hadirin lainnya.

Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE menyampaikan Pemerintah Kota Bima selalu mendukung kegiatan untuk pendidikan dengan dana APBN yang tidak pernah kurang. 

"Yayasan Insan Kamil adalah sekolah swasta yang mampu menjadi sekolah penggerak, ini suatu prestasi yang patut diapreseasi dan dibanggakan dan diharapkan senantiasa bersinergi antara sekolah negeri dan swasta. Hari ini Kota Bima menggelontorkan anggaran untuk sektor pendidikan diangka hampir 23% lebih dari keseluruhan anggaran untuk tahun 2021," terangnya.

Dirinya mengapreseasi kegiatan seperti ini, apalagi berkaitan dengan pengembangan dan dukungan terhadap generasi sebagai penerus perjuangan bangsa khususnya Kota Bima kedepan. Hampir 57 festival di tahun 2020 tidak ada yang sukses dilaksanakan, alhamdulillah diakhir tahun 2021 ini pandemi berkurang, sehingga acara bisa terlaksana.

Menambahkan sambutannya beliau mengingatkan pentingnya menjaga hutan, dirajut dari kesadaran untuk tetap menjaga lingkungan sekitar kita mengingat hampir semua gunung bahkan hutan mulai di rusak.  Pemerintah telah bekerjasama dengan TNI-Polri serta sampai pada tingkat kelurahan untuk mencopot SPPT bagi masyarakat yang tetap merusak alam. Serta jalan tani baru akan dirusak sehingga akan menyulitkan kegiatan perambahan baru hutan-hutan yang ada.

“Tahun 2022 kita akan melakukan pembenahan dari hulu ke hilir, normalisasi sungai seperti sungai melayu dan padolo, perbaikan dan pengembangan infrastruktur dengan nilai sebesar 230 miliyar. Kesemuanya dilaksanakan 2022 sampai 2026," tambahnya.

Dukungan tersebut merupakan kerjasama Bank Dunia dan Jepang dalam upaya penyehatan kembali lingkungan dan perkotaan, serta perbaikan dan pengembangan infrastruktur serta hal lainnya yang menjadi prioritas utama.

“Dari seluruh Kota di Indonesia hanya ada 3 Kota, yakni Kota Bima, Kota Pontianak dan Manado," jelasnya.  

Melanjutkan arahan dan sambutannya Walikota Bima mengharapkan agar dengan terlaksananya acara ini menambah karakter generasi yang kuat.

“Semoga dengan terlaksananya acara ini semakin menguatkan karakter anak-anak kita, menjadi generasi yang berguna bagi bangsa dan negara lebih-lebih membanggakan keluarga dan orang tua, selamat kepada Insan Kamil," tutupnya. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.