Header Ads

Lagi, Sejumlah Kelurahan di Kota Bima Diterjang Banjir, BPBD Ingatkan Warga Tetap Waspada

Potret Banjir di Beberapa Kelurahan di Kota Bima.
Visioner Berita Kota Bima-Kondisi curah hujan lebat dari Sabtu kemarin (27/11/2021) hingga Minggu ini (28/11/2021) praktis mengundang trauma akan datangnya banjir di Wilayah Kota Bima.

Informasi terbaru BPBD Provinsi NTB melalui laman Facebooknya mengabarkan, ratusan rumah tersebar di hampir seluruh wilayah Kecamatan di Kota Bima terendam banjir.

Curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah Kota Bima sekitar pukul 12.20 - 14.20 Wita mengakibatkan debit air sungai meningkat.

Luapan air sungai di sekitaran wilayah Kota Bima tak mampu menampung aliran air, dan mengakibatkan banjir bandang yang meredam diantaranya rumah warga dan lahan pertanian.

Wilayah yang terdampak diantaranya yaitu, Kecamatan Rasanae Timur, tepatnya di Kelurahan Nungga, Kecamatan Rasanae Barat,Kelurahan Nae, Sarae, Kecamatan Raba, Kelurahan Kendo, Ntobo, Penaraga, bahkan di Kecamatan Asakota, tepatnya di Kelurahan Jatibaru, Kelurahan Melayu.

Sementara, jumlah KK dan jiwa yang terdampak yaitu 248 KK / 992 jiwa, dengan rincian, Kecamatan Raba Kelurahan Penaraga 147 KK / 588 jiwa, Kecamatan Rasanae Barat Kelurahan Nae 24 KK / 96 jiwa, Kelurahan Sarae 7 KK / 28 jiwa, serta di Kecamatan Asa Kota Kelurahan Melayu 70 KK / 280 jiwa.

Dampak lain yang ditimbulkannya, antara lain kalan tergenang di Kelurahan Kendo, 1 hektar Lahan pertanian di kelurahan Nungga.

Mengingat keterdesakan kondisi musibah banjir melanda wilayah ini, warga mengalami kesulitan mendapatkan Peralatan kebersihan, terpal, selimut juga makanan siap saji.

Menanggapi kondisi seperti ini, BPBD Kota Bima terus berkoordinasi dengan pihak kecamatan, TNI dan Polri. BPBD Provinsi NTB kemudian melakukan koordinasi dengan BPBD Kota Bima terkait penanganan kebencanaan dan bantuan logistik.

Lebih lanjut, upaya yang dilakukan untuk memobilisasi Kondisi kedaruratan semacam ini, pihak BPBD terus menggalang koordinasi dengan pihak terkait lainnya termasuk memantau perkembangan dan situasi terkini.

Hingga informasi ini diberitakan, kondisi cuaca di lokasi saat ini sudah kondusif, serta air mulai surut dan warga mulai membersihkan rumah masing-masing. 

Tim TRC BPBD Kota Bima sedang melakukan pendataan dampak bencana yang lebih akurat dengan personil yang terlibat yaitu BPBD Kota Bima, TNI/POLRI, Aparatur Desa dan Masyarakat sekitar.

Masyarakat untuk dihimbau tetap waspada terhadap kejadian bencana yang dapat terjadi secara tiba-tiba, memasuki musim penghujan disertai dengan periode fenomena La Nina yang masih terjadi. 

"Tetap update cuaca terkini dari media terpercaya agar #siapuntukselamat," imbau BPBD melalui akun BPBD NTB Provinsi. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.