Header Ads

Rusuh di Rutan Raba-Bima, Belasan Napi Diduga Berhasil Kabur, TNI dan Polri Turun Tangan

Tampak Kapolres Bima Kota Bersama Pasukanya dan Aparat TNI di Rutan Raba-Bima Sedang Melakukan Pengamanan Ekstra Ketat (1/2/2022).

Visioner Berita Kota Bima-Kota Bima kini kembali geger. Selasa sore (1/2/2022) sekitar pukul 15.45 Wita diduga terjadi kerusuhan di Rumah Tahanan (Rutan) Raba-Bima yang berlokasi di wilayah Kelurahan Rabangodu Selatan Kecamatan Raba-Kota Bima. Puluhan Nara Pidana (Napi) dikabarkan berhasil kabur dan hingga kini diinformasikan belum berhasil ditangkap kembali.

Berdasarkan informasi sementara yang dihimpun oleh Media Online www.visionerbima.com mengungkap, kasus tersebut diduga karena adanya tahanan yang mengeluhkan lambannya persidangan. Dan yang bersangkutan masih berstatus sebagai tahanan Jaksa dalam kasus dugaan penganiayaan.

Hingga berita ini dipublikasikan, Kepala Rutan Raba-Bima, Ismail M. Saleh SH, MH belum bisa memberikan keterangan kepada Media Massa karena alasan sedang sibuk menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi.

“Sebentar dulu, saya belum bisa memberikan keterangan kepada Media Massa karena sedang sibuk mengurus masalah yang sedang terjadi,” sahutnya dengan nada singkat melalui saluran selulernya, Selasa petang (1/2/2022).

Atas kejadian tersebut, aparat TNI asal Kodim 1608/Bima dan pihak Polres Bima Kota dibawah kendali Kapolres setempat, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH  bersama pasukanya yang juga melibatkan Patmor langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna mengamankan situasi.

Pantauan langsung sejumlah Awak Media melaporkan, hingga kini aparat keamanan masih berkonsentrasi melakukan pengamanan ekstra ketat di Rutan Raba-Bima. Dikabarkan pula, seluruh Unit di Mapolres Bima Kota dan aparat Polsek Rasana’e Timur dengan senjata lengkap hingga kini masih mengamankan situasi.

Dan hingga berita ini dipublikasikan, baik Kapolres Bima Kota maupun Wakapolres setempat belum berhasil dikonformasi. Namun yang pasti, sampai saat ini aparat masih melakukan pengamanan secara ketat di Rutan Raba-Bima. 

Sementara pertanyaan  soal dugaan berhasil kaburnya puluhan tahanan tersebut, hingga saat ini belum diperoleh jawaban. Liputan langsung terkini sejumlah Awak Media juga melaporkan, kaca Rutan juga banyak yang hancur akibat kekisruhan yang terjadi. Dab kabar terkini juga mengungkap, puluhan Napi yang sebelumnya diduga berhasil kabur namun kini disebutkan sudah kembali ke Rutan setempat,

Kondisi terkini di Rutan Raba-Bima dijelaskan sudah aman dan terkendali. Namun demikian, aparat keamanan masih tetap melakukan pengamanan ekstra ketat.

Soal pengamanan di Rutan Raba-Bima, Dandim 1608/Bima telah memerintahkan pasukan Kompi Senapan A 742/SWT. Saat ini pasukan Kompi Senapan A 742/SWT sedang stand by alias siap-siap menuju Rutan Raba-Bima.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH kepada Media ini. "Alhamdulillah kini kondisi Rutan Raba-Bima sudah berlangsung aman dan terkendali," terangnya.

Walau demikian, aparat keamanan baik TNI maupun Polri masih melakukan pengamanan secara ketat di Rutan Rava-Bima. Upaya pengamanan akan berakhir sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

"Sejak awal kami bergerak cepat melakukan pengamanan di sana. Dan Napi yang sempat Kabur juga sudah kembali ke Rutan Raba-Bima," pungkasnya. (TIM VISIONER/BERSAMBUNG) 

No comments

Powered by Blogger.