Header Ads

Gedung Perpustakaan Kota Bima Berlantai Tiga dan Termegah di NTB Diresmikan Oleh Kepala Perpusnas RI

Moment Spektakuler Pemotongan Pita Pada Acara Peresmian Perpusda Kota Bima, Selasa (22/3/2022)

Visioner Berita Kota Bima-Selasa (22/3/2022), tercipta sebuah peristiwa bersejarah di Kota Bima. Salah satu “maha karya” Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE yakni Perpusatakaan Daerah (Perpusda) Kota Bima berlantai tiga dan diakui termegah di NTB yang bersumber dari anggaran Pusat sebesar Rp10 Miliar diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yakni Drs. H. Muhammad Syarif Bando MM.

Momentum bersejarah ini dinilai sangat spektakuler karena dihadiri oleh tiga orang Kepala Daerah. Yakni Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE dan istrinya yang juga Ketua TP-PKK Kota Bima, HJ. Ellya Alwainy, Bupati Dompu yakni Abdul Kader Jaelani (AKJ) dan istrinya, Lilis Suryani (Ketua TP-PKK Kabupaten Dompu) dan Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE.

Tak hanya itu, hadir pula pada moment tersebut Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan, S.Adm, Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra S.IK, MH melalui Wakapolres setempat, Kompol Mujahidin S.Sos, Dandim 1608/Bima, Letkol Inf M. Zia Ulhaq S.Sos, delegasi dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Bima, Kepala Perpusatakaan Nusa Tenggara Barat (NTB), para Literasi Kota dan Kabupaten Bima, delegasi dari sejumlah Perguruan Tinggi Swasta di Bima, Rektor STKIP Taman Siswa (Tamsis), DR. Ibnu Khaldun, Rektor Universitas Muhammadyah Bima, DR Ridwan M. Said, SH, MH, Ketua MUI Kota Bima, Kepala Dinas Perpustakaan Kota, Drs. H. Mahfud, Kepala SKPD dan OPD Kota Bima, Kadis Perpustakaan Kabupaten Bima, dan sejumlah tamu penting lainya termasuk siswa-siswi dari sejumlah SMA di Kota Bima.

Liputan langsung sejumlah Awak Media melaporkan, sebelum kegiatan peresmian gedung Perpustakaan tersebut-Kepala Perpusnas RI beserta rombongan disambut dengan tarian tradisional Bima “Wura Bongi Monca” (penaburan dengan beras kuning) dan tarian “Buja Kadanda”.

Masih dalam liputan langsung sejumlah Awak Media, acara peresmian Perpusda Kota Bima ini ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan Prasasti. Moment pemotongan pita tersebut diserahkan secara langsung oleh Ketua Pespusnas RI kepada Ketua PKK Kota Bima, Hj. Ellya Alwainy H. Muhammad Lutffi. Sementara penandatanganan Prasasti dilakukan oleh Ketua Perpusnas RI dan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE.

Usai dua mata kegiatan tersebut dilaksanakan, Kepala Perpusnas RI langsung memasuki dan mengelilingi seluruh ruangan mulai dari lantai satu hingga lantai tiga Perpusatakaan dimaksud. Dan selama itu pula, Kepalda Perpusnas RI menyatakan kekagumanya tentang bentuk bangunan dan seluruh ornamen yang ada di dalamnya yang diakuinya sangat luar biasa.  

Tiba di lantai tiga gedung Perpusda Kota Bima sebagai pusat pelaksanaan seluruh rangkaian kegiatan termasuk Talk Show yang berlangsung selama lebih dari tiga jam lamanya itu, Kepala Perpusnas RI kembali menyatakan kekagumanya, Kekagumanya itu karena ia melihat adanya rumput sintentic berwarna hijau layaknya pada lapangan Futsal yang berposisi di sebelah timur ruang rapat utama (pusat pelaksanaan kegiatan).

Dalam sambutan singkatnya, Drs. Muhammad Syarif Bando MM menyatakan bahwa bangunan Perpustakaan Kota Bima ini merupakan satu-satunya yang termegah di NTB. Kemegahan Perpusda Kota Bima ini, diakuinya bukan saja nampak pada gedung yang memadu serasikan antara nuansa modern dengan ciri khas daerah Bima (“Nggusu Waru”).

Tetapi juga pada warna, seluruh ornamen yang ada di dalamnya, seluruh ruangan sangat sejuk karena full AC, dan lainya termasuk estetikanya yang nampak nyata di lantai tiga. Dan pada moment itu pula, Kepala Perpusnas RI ini juga memuji kualitas pekerjaan pihak Pelaksana proyek pembangunan Perpustakaan ini.

“Di NTB ini kami menggelontorkan anggara untuk pembangunan lima unit Perpustakaan. Namun yang paling indah dan megah adalah Perpusda Kota Bima. Dengan anggaran yang minim, tetapi mampu memngahlikan bangunan Perpustakaan indah dan megah ini. Padahal pagu anggaran bagi pembangunan lima unit Perpustakaa di NTB tersebut adalah sama yakni Rp10 Miliar. Oleh sebab itu, kami dari Perpusnas RI mengapresiasi dan bangga terhadap Walikota Bima dan pihak Pelaksana proyek pembangunan Perpustakaan ini,” terangnya.

Sementara tantangan yang akan dihadapi pasca Perpustakaan tersebut diresmikan yakni soal kekurangan buku bacaan. Oleh karenanya, direncanakan kekurangan tersebut akan dituntaskan pada tahun 2023.

“Insya Allah tahun 2023 nanti, kami akan mendrooping sebanyak 80 ribu buku untuk Perpusda Kota Bima ini,” paparnya.

Kepala Perpusnas RI ini kemudian berharap, dengan telah diresmikanya pembangunan Perpusda Kota Bima ini akan semakin meningkatkan minat baca bagi masyarakat setempat. Dan kehadiran Perpustakaan ini, diakuinya sebagai salah satu yang menguntungkan masyarakat Kota Bima.

Pada moment itu pula, Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE dalam sambutan singkatnya menyatakan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Pusat melalui Perpusnas RI karenatelah membantu anggara bagi pembangunan Perpusda Kota Bima.

“Untuk menghadirkan anggaran bagi pembangunan Perpustakaan ini tentu melalui nkerja keras, salah satunhnya yakni intensitas komunikasi, konsultasi dan komunikasi dengan Pemerintah Pusat melalui Perpusnas RI. Alhamdulillah proposal permohonan anggaran untuk pembangunan Perpustakaan ini direspon secara cepat oleh Pemerintah Pusat melalui Perpusnas RI. Olehnya demikian, kami nyatakan apresiasi dan tertimakasih yang setinggi-tingginya,” ujar Lutfi.

Politisi Partai Golkar yang juga mantan Anggota DPR RI dua periode ini kemudian menjelaskan, hadirnya Perpustakaan yang daikui termegah di NTB ini tentu saja memiliki dampak positif bagi Kota Bima beserta masyarakatnya. Antara lain yakni diharapkan bisa menumbuh kembangkan minat baca bagi masyarakat Kota Bima.  

“Kurangnya minat baca masyarakat Kota Bima selama ini, salah satunya karena belum adanya sarana dan fasilitas yang memadai. Olehnya demikian, dengan hadir dan telah diresmikanya Perpustakaan ini diharapkan mampu menumbuhkan kembangkan minat baca masyarakat Kota Bima. Dan inilah salah satunya yang bisa kami persembankan untuk Kota Bima serta masyarakatnya,” harapnya.

Lagi-lagi dalam liputan langsung sejumlah Awak Media di moment pewrsmian Perpusda Kota Bima, kegiatan juga dirangkaikan dengan penyerahan cindera mata dari Walikota Bima kepada Kepala Perpusnas RI. Tak hanya, di moment spektakuler itu Kepala Perpusnas RI menyerahkan cinder mata kepada banyak pihak yang hadir.

Cindera mata dari Perpusnas RI dala bentuk buku itu diberikan kepada Wakapolres Bima Kota, Kompol Mujahidin, Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan, S.Adm, Bupati Bima, Bupati Dompu, para pegiat Literasi Kota dan Kabupaten Bima, delegasi dari PTS di Bima, kalangan pelajar di Kota Bima, Dandim 1608 Bima, delegasi dari Sat Brimob Bataliyon C Pelopor dan lainya.

Dan pada moment yang sama, Kepala Perpusnas RI menyerahkan satu unit mobil operasional kepada Kepala Dinas Perpustakaan Kota Bima, Drs. H. Mahfud. Singkatnya, kegiatan spektakuler tersebut berlangsung dengan sangat meriah. Dan seluruh rangkaian kegiatan yang dimulai sejak pukul 8.00 Wita berakhir sekitar pukul 13.20 Wita. (TIM VISIONER) 

No comments

Powered by Blogger.