Header Ads

Wujudkan Kamtibmas Daerah, Kapolres Bima Kota Pimpin Apel dan Patroli Gabungan Berskala Besar

Moment Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra S.IK, MH Memimpin Apel Patroli Gabungan Berskala Besar (16/3/2022)

Visioner Berita Kota Bima-Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH seringkali menegaskan bahwa wilayah hukum Polres Bima harus tetap dalam kondisi aman dan kondusif. Sementara berbagai persoalan yang dianggap mengancam Kamtibmas daerah ini, ditegaskanya merupakan tanggungjawab bersama antara aparat keamanan dan seluruh elemen masyarakat.

Dan diakuinya pula, hingga saat ini kondisi Kamtibmas di daerah ini masih dalam kondisi aman dan sangat kondusif. Kendati demikian, berbagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kemungkinan yang dianggap mengancam keamanan daerah masih terus dilakukan oleh pihak TNI, Polri dan Sat Pol PP Kota Bima.

Guna menunjang hal tersebut, Rabu (16/3/2022) Kapolres Bima Kota yakni AKBP Henry Novika Chandra S.IK, MH memimpin apel gabungan dan patroli berkskala besar di sejumlah lokasi di wilayah hukum Polres Bima Kota. Patroli gabungan berskala besar tersbeut dimulai pada pukul 9.00 Wita hingga siang hari.

Lokasi-lokasi yang diberlakukan patroli gabungan berskala besar tersebut yakni di Kelurahan Penatoi, Kelurahan Melayu, kediaman Walikota Bima, Lembaga Pemsyarakatan (Lapas) Raba-Bima, Polsek Rasanae Timur, Polsek Rasanae Barat, Polsek Kawasan pelabuhan laut Bima, Polsek Asakota, Pasar Amahami dan Terminal Dara Kota Bima.

Moment Personil Patroli Gabungan Bersakala Besar di Kediaman Walikota Bima di Wilayah Kelurahan Rabadompu-Kota Bima (16/3/2022) 

Sedangkan kekuatan personil dalam patroli gabungan bersakala besar ini, dijelaskan berjumlah 50 orang yang dikendalikan secara langsung oleh Kapolres Bima Kota. Sementara pejabat Polres yang terlibat pada patroli gabungan berskala besar ini yakni Kasat Samapta, Kasat Bima, KBO Samapta, Bimas personil Samapta Polres Bima Kota, personil fungsi lalu lintas Polres Bima Kota dan personil Sat Binmas Polres Bima Kota.

Sementara perlengkpan dan kendaraan yang digunakan pada moment patroli gabungan berskala besar tersebut yakni 7 unit kendaraan roda dua Sat Samapta, 5 Unit Kendaraan roda dua merk Yamaha Vixion, 2 Unit mobil Dmax Samapta, 1 unit mobil Dmax Sat Lantas, 2 unit Mobil Box Dalmas beserta perlengkapan Dalmas, 1 unit Truk Dalmas Samapta, dan 2 unit mobil Binmas Polres Bima Kota.

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan, personil Sat Samapta Polres Bima Kota dan personil Lantas Polres Bima Kota melaksanakan AAP dan serta doa apel persiapan sebelum melaksanakan patroli guna di berikan keamanan dan keselamatan pada saat melaksanakan patroli gabungan bersekala besar di wilayah hukum Polres Bima Kota yang bertempat di lapangan apel Mako Polres Bima Kota.

Selanjutnya personil Sat Samapta Polres Bima Kota yang terlibat dalam patroli gabungan berskala besar bergeser melaksanakan patroli menyambangi warga masyarakat di jalan Gajah Mada Kelurahan Penatoi dan Kelurahan Melayu Kota Bima dan berdialog dengan masyarakat sekitar yang sedang berkumpul. Pada moment tersebut, pihak yang terlibat pada patroli gabungan berskala besar menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas agar tetap waspada terhadap keamanan lingkungan sekitar serta mengajak masyarakat bersinergi dengan Polri untuk secara bersama-sama menjaga kondusivitas serta menghimbau untuk tidak terpengaruh oleh kelompok-kelompok Islam Garis Keras (Igaras).

Moment Personil Patroli Gabungan Bersala Besar di Pasar Amahami-Kota Bima (16/3/2022)

Upaya selanjutnya, personil yang melaksanakan patroli gabungan bersekala besar menyambangi Kediaman Walikota Bima dan Kantor Ruma Tahanan Negara (Rutan) Raba-Bima. Pada Rutan tersebut, personil yang terlibat dalam partoli gabungan beskala besar melakukan dialog dengan petugas jaga. Tak hanya itu, para moment tersebut juga diberikan himbauan untk tetap waspada terhadap keamanan lingkungan sekitar dan tetap selalu memantau situasi dan kondisi sekitar guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak hanya itu, personil patroli gabungan bersekala besar bergeser melaksanakan patroli di Polsek Rasanae Timur, Polsek Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Bima, Polsek Rasanae Barat dan Polsek Asakota. Pada sejumlah tempat itu diberikan himbauan kepada personil Polsek untuk tetap waspada terhadap situasi dan kondisi sekitar, lebih memperketat pengawasan baik itu kendaraan maupun masyarakat yang keluar masuk dan melakukan patroli pada jam-jam rawan di sekitar lingkungan Polsek serta segera berkoordinasi dengan satuan piket fungsi Polres Bima Kota lainnya apabila menemukan hal-hal yang menonjol.

Upaya berikjutnya, personil patroli gabungan bersekala besar bergeser ke Pasar Amahami Kota Bima, menyambangi warga masyarakat sekitar pasar. Pada moment tersebut dilaksanakan upaya doalogis yang esensinya memberikan menghimbau agar waspada dan antisipasi terhadap penyebaran Covid-19 dan memberikan arahan kepada warga masyarakat untuk senantiasa mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 dengan menerapkan 5M serta mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan di sekitar pasar dan selalu menjaga kondusifitas Harkamtibmas.

Personil Patroli Gabungan Berskala Besar di Salah Satru Wilayah di Kota Bima (16/3/2022)

Usai di Pasar Amahami, personil patroli gabungan bersekala besar bergeser ke terminal Dara Kota Bima. Di terminal Dara Kota Bima personil patroli gabungan berskala besar melakukan berdialog dengan para petugas Dinas Perhubungan (Disjub) Kota Bima.

Dimoment itu pula, personil patroli gabungan berskala besar menghimbau agar tetap mematuhi Prokes dan selalu waspada terhadap lingkungan sekitar terminal serta melakukan pengecekan di setiap area terminal untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan tetap menjaga komunikasi dengan Polri apabila terjadi suatu tindakan kejahatan. Jika hal tersebut terjadi maka ditekankan agar segera melaporkan ke pihak Kepolisian terdekat untuk ditindak lanjuti secara cepat.

“Alhamdulillah kegiatan patrroli gabungan berskala besar tersebut di sejumlah tempat tersebut berlangsung dengan sukses, aman dan lancar. Kegiatan tersebut berangsung lebih dari 1 jam lamanya. Kegiatan penting tersebut dilaksanakan guna memastikan bahwa wilayah hukum Polres Bima Kota tetap dalam kondisi aman dan sangat kondusif. Tak hanya itu, kegiatan ini juga berorientasi kepada mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang dapat mengancam Kamtibmas daerah,” tegas Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra S.IK, MH. (TIM VISIONER) 

No comments

Powered by Blogger.