Header Ads

Ini Kali ke Sekian STIE Bima Bikin Geger, di Hadapan AHY-Firdaus Jelaskan IDP Alumni “Kampus Biru Itu”

Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM (Kanan) Bersama AHY (Kiri) Usai AHY Memberikan Kuliah Umum di STIE Bima (15/4/2022)

Visioner Berita Kota Bima-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima dibawah kendali Firdaus, ST, MM bukan saja telah berhasil mencetak ribuan wisudawan dan wisudawati. Tetapi, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang dikenal sebagai “Kampus Biru” tersebut juga telah berhasil membuktikan dedikasinya dalam menciptakan seabrek Enterpreneur muda.

Catatan penting Media Online www.visionerbima.com melaporkan, berbagai kegiatan penting yang menhadirkan sejumlah Tokoh-Tokoh Penting baik Nasional maupun Regional serta daerah acapkali digelar di PTS yang berlokasi di Tolobali Kelurahan Sarae Kecamatan Rasanae Barat tersebut. Masih dalam catatan penting Media ini, sederetan kegiatan penting yang telah dilaksanakan di STIE Bima tersebut dijelaskan lebih kepada mendorong anak negeri di Bima untuk tumbuh berkembang secara mandiri di bidang ekonomi dan kesejahteraan, baik untuk dirinya, keluarganya maupun orang lain.

Pada sebuah kesempatan, Ketua STIE Bima, Firdaus, ST, MM pernah menjelaskan bahwa doktrinitas soal kemandirian terhadap mahasiswa dan mahasiswi dimulai dari semester II dan seterusnya. Hal tersebut dijelaskanya agar mahasiswa-mahasiswi setempat bisa mandiri setelah diwisuda. Dan hal itu sangat kuat korelasinya dengan “life skill education” (“tenaga siap pakai”).

Alhasil, diakui tak sedikit wisudawan dan wisudawati lulusan STIE Bima yang berhasil menjadi Enterpreneur Muda baik di Kota maupun Kabupaten Bima. Dan atas sederetan keberhasilan itu pula, STIE Bima merupakan salah satu PTS yang paling gemari oleh masyarakat Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa dan bahkan dari Kabupaten Manggarai Barat (Mabar)-Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Setelah diwisuda, sudah banyak yang bisa membangun usaha sendiri. Hal tersebut bukan saja membantu diri mereka sendiri, tetapi juga orang tuanya, keluarganya dan bahkan orang lain. Dan itulah orientasi akhir setelah mereka di wisuda. Lebih jelasnya, yakni teciptanya Sarjana Ekonomi (SE) lulusan STIE Bima yang mandiri. Dan dengan itu pula, mereka sudah bisa menatap masa depan serta kleberlangsungan hidupnya,” tandas Firdaus kepada Media ini, saat itu,

Setelah membuktikan keberhasilanya menjadikan Kampus STIE Bima dijadikan STIE Bima sebagai pusat kegiatan yang berkaitan dengan Ekonomi, Jum’at (15/4/2022) PTS tersebut kembali gegerkan Bima. Yakni anak sulung dari mantan Presiden RI, SBY yakni Agus Hari Murti Yudhoyono (AHY) yang juag Ketua Umum DPP Partai Demokrat hadir selama lebih dari satu jam lamanya di STIE Bima.

IDP (Bupati Bima Dua Periode) Juga Alumni STIE Bima Saat Menghadiri
Kuliah Umum Oleh AHY (15/4/2022)

Pada moment yang berlangsung lebih dari satu jam lamanya itu, AHY memberikan kuliah umum di aula utama STIE Bima. Selama satu jam lebih itu, AHY mendorong anak bangsa untuk mampu berkompetisi dengan kemajuan zaman. Yakni mulai dari soal ekonomi, kesejahteraan, keamanan hingga tegaknya supremasi hukum.  

Pada moment itu pula, secara umum AHY menghimbau kepada anak-anak bangsa agar bisa memanfaatkan Ilmu dan Teknologi (IPTEK) agar tidak tertinggal serta mampu bersaing dengan negara-negara berkembang di dunia.

“Yang membuat mesin adalah manusia. Yang membuat elemen-elemenya adalah manusia. Yang menggerakan mesin adalah manusia pula. Oleh karenanya, manusia tidak boleh diatur oleh mesin. Tetapi manusialah yang mengatur mesin itu,” terang AHY.

AHY juga mendorong anak-anak muda milenial Indonesia termasuk di Bima agar bisa memanfaatkan IPTEK melalui Media Sosial (Medsos) dengan sebaik-baiknya. Sebab dengan IPTEK itu pula, maka anak-anak bangsa bisa mandiri, menatap masa depan serta keberlangsungan hidupnya.

“Indonesia memiliki banyak bahan baku menjadi bahan jadi yang bisa diolah dengan menggunakan kemampuan IPTEK. Hal tersebut tentu saja akan menjadi kemandirian anak-anak bangsa, baik hari ini, esok maupun selanjutnya. Untuk itu, saatnya kita bangkit mendedikasikan dirinya untuk berkarya dengan memanfaatkan ruang-ruang besar di tengah berlimpahnya potensi Sumber Daya Alam (SDA) di Indonesia,” pungkas lulusan terbaik di sejumlah Kampus di Amerika Serika serta Rektor Universita Pertahanan Indonesia ini (AHY).

Pada moment itu pula, Gubernur NTB yakni DR. H. Zulkieflimansyah dalam sambutanya menjelaskan bahwa NTB termasuk Bima memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) handal. Khususnya orang Bima yang memiliki SDM mumpuni, diakuinya tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Kalau AHY berkunjung ke seluruh daerah di Indonesia, tentu saja akan menemukan banyak orang Bima. Waktu saya mencalonkan diri sebagai Gubernur Banteng beberapa tahun silam, tercatat sekitar 15 ribu orang warga asli Bima di sana,” tandas DR. Zul.

DR. Zul kemudian menjelaskan bahwa NTB telah membuktikan sebagai daerah yang maju dan setara dengan daerah-daerah lain, khususnya di Indonesia. Tak hanya itu, melalui MottoGP Mandalika, NTB juga telah mampu membuktikan kemajuanya di mata dunia.

“Sebelumnya, Pemprof  NTB telah mengirim ribuah mahasiswa di berbagai Negara di Luar Negeri guna melanjutkan Study S2, salah satunya diu Malaysia. Hal tersebut dimaksudkan agar warga NTB bisa bersaing dengan negara-negara maju di dunia,” tandasnya.

Tahun ini (2022) diakuinya bahwa Pemprov NTB akan mengirim sekita 1000 Sarjana untuk melanjutkan Study S2 di sejumlah Negara. Esensinya agar setelah meraih predikat S2, mereka bisa memanfaatkan ilmunya dengan baik untuk mengelola SDA yang ada di NTB ini.

Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimansyah Saat Menyampaikan Sambutanya Pada Moment Kuliah Umum di STIE Bima Oleh AHY (15/4/2022)

“Dalam kaitan itu pula, saya berkeinginan agar mereka tidak pulang ke daerahnya. Maksudnya, cukuplah mereka menjadi nakhoda di sana bagi adik-adiknya di daerah dalam mengelola potensi SDA yang ada di NTB dengan kemampuan ilmu yang mereka miliki,” papar DR. Zul.

Sementara Ketua STIE Bima, Firdaus, ST MM dalam sambutanya menyatakan apresiasi, terimakasih, apresiasi dan penghormatan yang setinggi-tingginya atas kehadiran AHY pada STIE Bima ini. Kehadiran AHY yang memberikan mata kuliah umum lebih dari satu jam tersebut, diakuinya sangat bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi yang ada di STIE Bima.

“Jujur saja, ini merupakan suatu kehormatan yang sangat besar bagi kami di STIE Bima. Oleh karenanya, kami nyatakan apresiasi dan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada AHY maupun Gubernur NTB ini,” papar Firdaus yang disambut yel-yel oleh ratusan undangan yang hadir.

Di hadapan AHY dan Gubernur NTB serta seluruh tamu undangan tersebut, Firdaus mengungkap sesuatu yang dinilai sangat menarik. Yakni, Firdaus menyatakan bahwa Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE (IDP) merupakan Alumni STIE Bima bebera tahun silam.

“Pada moment ini, saya ingin menjelaskan kepada Pak AHY bahwa IDP (Politisi Partai Golkar) adalah salah satu Alumni dari STIE Bima,” ulasnya yang disambut ramai oleh seluruh undangan yang hadir pada moment tersebut.  

Tampak Wakapolres Bima, Kompol Mujahidin, S.Sos Menyambut AHY (15/4/2022) 

Masih dalam liputan langsung sejumlah Awak Media, moment spektakuler tersebut dihadiri oleh mantan Sekda NTB, H. Nanang Samudra, Ketua DPD Parai Demokrat NTB, TG Mahali Fikri, Anggota DPRD NTB dari Partai Demokrat, H. Arahman H. Abidin, SE dan Abdul Rauf, SE, M.Si, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, Wakil Bupati Bima, Drs. H. Dachlan M. Noer, Ketua DPD PAN Kota Bima yang juga Wakil Walikota Bima, Feri Sofyan, SH dan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bima, HM. Qurais H. Abidin, dan seluruh Pengurus DPC Partai Demokrat Kota dan Kabupaten Bima serta ratusan undangan penting lainya.

Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung sukses, aman, dan lancar. Aparat keamanan Polres Bima Kota dibawah kendali Kapolres setempat, AKBP Henry Novika Chandra, S.IK, MH melalui Wakapolres setempat, Kompol Mujahidin, S.Sos. Tak hanya itu, moment spektakuler tersebut juga diback up oleh aparat TNI dari Kodim 1608/Bima dibawah kendali Dandim setempat, Letkol In Muhammad Ziah Ulhaq. (TIM VISIONER) 

No comments

Powered by Blogger.