Header Ads

Menggembirakan Literasi, Mahasiswa STIT Bima Bedak Buku "Ndi Osu" di Gedung Perpusda

Potret Bersama Usai Bedah Buku.

Visioner Berita Kota Bima-Giat literasi menjadi hal penting dalam menunjang kualitas berpikir generasi, supaya melahirkan generasi yang kreatif dan inovasi, lebih khusus dikalangan pelajar dan mahasiswa. 

Menyadari urgensi kemajuan literasi tersebut, Sabtu 16 April 2022, HMPS PAI STIT Sunan Giri Bima bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bima melaksanakan kegiatan bedah buku berjudul “Ndi Osu” yang disusun oleh Sudirman Makka bertempat di lantai 2 gedung Perpusda Kota Bima.

Pada men itu, Ketua panitia Firiania menyampaikan dalam kegiatan tersebut mengusung tema "Mewujudkan semangat literasi untuk generasi melalui syair petuah Bima". Melalui kegiatan seperti ini dirinya berharap generasi muda peduli terhadap literasi.

“Semoga generasi muda lebih giat serta  semangat dalam mewujudkan literasi demi tercapainya kemajuan bangsa, lebih khusus peningkatan kualitas literasi daerah Kota Bima,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Umum HMPS PAI STIT Bima menambahkan, adanya kegiatan bedah buku "Ndi Osu" agar generasi lebih paham mengenai petuah yang terangkum dalam syair Bima, sebab masih banyak generasi yang sadar pentingnya memahami bahasa dan sastra daerah. 

“Buku Ndi Osu banyak mengandung nilai budaya, nilai yang berkaitan kearifan lokal diharapkan generasi tidak mudah dirasuki oleh budaya barat yang merusak perilaku,” tegasnya.

Dia menyampaikan dalam bedah buku berkualitas ini, pihaknya mengundang narasumber yang kompeten dibidangnya. Diantaranya Budayawan Husain Laodet,  Sastrawan La Ndolo Conary dan tokoh agama ustad Farhan S.Ag.

“Pandangan sastra agar generasi lebih cinta akan seni serta santun dalam bernarasi. Kemudian pandangan agama supaya generasi dan seluruh masyarakat idak lupa akan bekal untuk akhirat,” ungkapnya.

Selain itu, Puket 1 STIT Bima Ahmad Syagif HM, M.Pd.I memberi motivasi kepada pengurus HMPS PAI sebagai pelaksana kegiatan tetap semangat dan berpandangan maju.

“Pengurus HMPS PAI STIT Sunan Giri Bima terus maju dalam kegiatan yang bernilai kebaikan. Diskusi dan bedah buku Ndi Osu in menjadi motivasi agar mahasiswa semangat dalam meraih bekal baik untuk di dunia maupun akhirat. Sebaik-baiknya bekal hidup disiapkan dari sekarang, lebih cepat lebih baik,” tegasnya.

Hal yang serupa juga disampaikan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bima, M. Mahdum. Dia mengatakan generasi muda harus lebih cerdas dan semangat dalam mencintai duna literasi.

“Mewujudkan semangat literasi bagi generasi muda supaya lebih pandai dalam membaca. Membudayakan kmunikasi bahasa yang baik dan berwawasan luas,” ujarnya.

Kegiatan bedah buku ini dihadiri sekitar 100 peserta ditambah puluhan panitia pelaksana. Peserta yang datang dari perwakilan pengurus OSIS SMA dan SMK Se Kota Bima, serta sejumlah perwakilan organisasi internal dan eksternal kehamasiswaan Kota Bima. (La Ndolo)

No comments

Powered by Blogger.