Header Ads

Semarak Ramadhan Resmi Digelar, Remaja Masjid dan GPDeska Kecamatan Donggo Gelar Lomba Anak

Peresmian Kegiatan Semarak Ramadhan di Masjid Aqimudin Desa Kala Kecamatan Donggo.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Untuk menyemarakkan bulan suci ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022, Remaja Masjid Desa Kala dan GPDeska Kecamatan Donggo, Kabupaten Bima resmi menggelar kegiatan lomba anak di Masjid Aqimudin Desa setempat, Minggu (3/4/2022).

Kegiatan yang mengusung tema “Saatnya Dunia Gemar Mengaji” juga akan diisi dengan berbagai macam perlombaan yang diperuntukan kepada anak-anak agar mendapatkan kegiatan positif dan mendidik dalam bulan ramadhan.

Ketua Panitia Pelaksana Agil Fitrah menjelaskan, jika kegiatan yang digelar oleh Remaja Masjid Desa Kala dan GPDeska Kecamatan Donggo akan dilaksanakan selama bulan ramadhan ini, terhitung 3 April 2022 di Masjid Aqimudin Desa setempat. 

“Ini kegiatan semarak ramadhan kedua yang kita gelar, jika sebelumnya kita hanya melaksanakan kegiatan berupa ceramah atau tausiah, lomba azan, hafal surat pendek, namun kali ini kita ingin tampil beda,” terangnya. 

"Alhamdulillah, kegiatan yang akan dilakukan selama bulan ramadhan ini disambut antusias oleh anak-anak yang mengikuti lomba tersebut," tambahnya.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini bisa memberi dampak yang lebih tinggi untuk anak-anak dalam mengasah keberanian dan pengalaman mereka untuk berkompetisi dari tingkat Desa sampai tingkat lebih tinggi kedepannya.

“Kegiatan ini kita adakan sebagai bentuk langkah awal untuk mengasah keberanian keterampilan dan pengalaman dalam berkompetisi bagi anak anak yang mengikuti lomba ini,” ungkapnya.

Selain itu, Agil juga menambahkan, jika ada 8 jenis lomba yang akan digelar dalam rangkaian semarak ramadhan kali ini, meliputi lomba tilawah, hafidz, lomba azan, doa-doa, ceramah, cerdas cermat, tartil dan kaligrafi.

“Dari 8 jenis perlombaan tersebut, dibagi menjadi beberapa kategori seperti, hafidz, tartil, tilawah, adzan, ceramah, cerdas cermat dan doa-doa yang kita peruntukan untuk kategori siswa SD/SMP, hafidz dan doa-doa untuk TK,” urainya.

Selain itu, Ketua GPDeska Kecamatan Donggo, Ikhlas Sul Amal mengatakan kegiatan ini diadakan sebagai bentuk langkah awal untuk mengasah keberanian, keterampilan dan pengalaman dalam berkompetisi bagi anak-anak yang mengikuti lomba ini

"Terimakasih kepada berbagai pihak yang mensupport demi kesuksesan kegiatan ini," singkatnya.

Sementara itu Kepala Desa Kala melalui anggota BPD, Asmadi, SE mengungkapkan aparat Desa sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan islami yang diadakan oleh pemuda pemudi Desa Kala.

Ia berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun selama bulan ramadhan agar Desa Kala bisa terkenal dengan sebutan Desa santri.

“Melihat banyak anak-anak desa kita yang mempunyai bakat dan potensi di bidang Penghafal Qur’an (Hafidz) maupun bidang lainnya dan sudah banyak bukti bahwa anak anak desa kita sudah sering ikut lomba, dan memenangkan perlombaan tersebut, jadi perlu kita beri wadah untuk mengasah kemampuan anak-anak kita melalui kegiatan ini dan kita dukung terus perkembangannya,” ujarnya.

Secara terpisah, hal senada juga disampaikan Camat Donggo, Ardavis, SH. Dalam arahannya Ardavis turut mengapresiasi kegiatan semarak ramadhan tahun ini. 

"Ini awal yang baik untuk mengasah kemampuan anak-anak kita melalui kegiatan ini dan kita mendukung penuh kegiatan ini," katanya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat berjalan lancar tertib dan aman hingga pada akhir penutupan lomba. Dan semoga melalui kegiatan ini khususnya untuk anak-anak bisa dijadikan sebagai ajang untuk melatih semangat dan motivasi diri.

“Sebagaimana mestinya di bulan suci ramadhan bulan yang penuh barokah ini sudah sepatutnya kita memperbanyak beramal dan mengisi kegiatan yang bernilai ibadah kepada Allah SWT agar kita mendapatkan barokah dan nikmat dari Allah SWT dan mendapatkan syafaat dari Rasulullah Muhammad SAW,” tutupnya. 

Pantauan langsung media ini, kegiatan yang diresmikan Camat Donggo, Ardavis, SH turut dihadiri pejabat Pemerintah Desa Kala, anggota BPD Desa Kala, pengurus Karang Taruna Bhakti Remaja Desa Kala, pengurus GPDeska Kecamatan Donggo, pengurus Remaja Masjid Desa Kala, tokoh agama, tokoh pendidikan. tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda Desa setempat. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.