Header Ads

Ayo ke Bima! Sukseskan Event Nasional Teka Tambora 2022

Bupati dan Wakil Bupati Bima.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Pemerintah Kabupaten Bima melaui Dinas Pariwisata, akan menggelar event nasional Teka Tambora di mulai tanggal 27 hingga 29 Mei 2020, dalam rangka memperingati 207 tahun meletusnya gunung Tambora, yang berlokasi di Kecamatan Tambora Kabupaten Bima.

Gunung Tambora. Apa yang sobat pariwisata pikirkan saat mendengar nama tersebut? Ya, betul! Erupsi dahsyat tahun 1815. Efek kedahsyatan erupsinya cukup masif hingga membuat kawasan Amerika Utara dan Eropa mengalami tahun tanpa musim panas (The Year Without Summer).

Nah, untuk mengenang kedahsyatan erupsi Tambora 207 tahun silam, Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Bima kembali mengadakan event nasional Teka Tambora pada tanggal 27-29 Mei 2022 di Obyek Wisata Oi Tampuro dan Puncak Gunung Tambora.

Sobat Pariwisata tau ga? Klo event Teka Tambora ini sudah memasuki edisi yang ketiga loh! Kegiatan ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2018 dengan mengambil jalur pendakian Kawinda To’i.

Kemudian di tahun berikutnya juga mengambil jalur yang sama. Satu hal yang istimewa dari penyelenggaraan Teka Tambora ini adalah pengibaran bendara raksasa Merah Putih di bibir Kaldera Gunung Tambora.

Untuk tahun ini, Teka Tambora jadi lebih special loh! Kenapa? Karena ada kegiatan offroad dan trabas/trail adventure. Hadirnya 2 kegiatan itu dalam rangka menyongsong event MXGP di Kabupaten Sumbawa pada tanggal 24-26 Juni 2022.

Seru banget, kan? Jadi, tunggu apalagi?!? Ayo ke Bima dan kita sukseskan Teka Tambora 2022.

Sobat Pariwisata, Gunung Tambora punya 4 jalur pendakian resmi, salah satunya adalah Jalur Pendakian Piong. Jalur pendakian ini adalah salah satu jalur pendakian yang dapat diakses menggunakan mobil 4×4 ataupun dengan motor trail hingga ke pos 5. Lalu kalau sobat pariwisata ingin lanjut ke puncak, tinggal trekking sekitar 2 jam perjalanan.

Di jalur pendakian Piong ini, sobat pariwisata akan disambut 2 cindercone yang seolah-olah menjadi pintu gerbang pendakian, yaitu Doro Tabe To’i dan Doro Tabe Na’e. Dianggap pintu gerbang pendakian karena 2 cindercone tersebut berada di kanan dan kiri jalur pendakian, Doro Tabe To’i di sebelah kiri dan Doro Tabe Na’e di sebelah kanan.

Kalau sobat pariwisata suka selfie, pos 3 dan pos 5 adalah spot selfie paling bagus. Di pos 3, sobat pariwisata dapat melihat dan mengamati Doro Tabe Na’e dengan jelas. Kemudian di pos 5, sobat pariwisata dapat menikmati sunrise sambil melihat indahnya Teluk Sanggar dan Teluk Saleh.

Keren, kan? Jadi tunggu apalagi? Ayo ke Bima dan sukseskan event nasional Teka Tambora 2022.

Sobat Pariwisata tahu ngak berapa ketinggian Gunung Tambora sebelum erupsi? Dulu ketinggian Gunung Tambora mencapai sekitar 4300 mdpl (menurut berbagai sumber), namun karena erupsinya di tahun 1815, akhirnya Gunung Tambora mempunyai ketinggian seperti sekarang ini yaitu 2851 mdpl. Selain itu erupsi tersebut juga menyebabkan terbentuknya kaldera berdiameter 7 km dan kedalaman sekitar 1,2 km.

Nah, di event Teka Tambora ini, kegiatan intinya akan dipusatkan di bibir kaldera itu, Sobat Pariwisata. Nantinya Sobat Pariwisata bisa ikut membentangkan bendera Merah Putih Raksasa sepanjang 207 meter untuk memperingati 207 tahun erupsi dahsyat Gunung Tambora.

Gimana? Menarik kan Teka Tambora ini? Maka dari itu…ayo berpartisipasi dan sukseskan penyelenggaraan event nasional Teka Tambora 2022. Ayo ke Bima…TEKA TAMBORA!

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Aries Munandar ST. MT mengatakan, pada event nasional Teka Tambora kali ini, ada juga acara-acara menarik seperti rally wisata, educamp, temu bisnis pariwisata, pameran ekraf, tidak hanya itu, ada juga aksi sadar wisata, pentas seni, pemutaran Film, paralayang di Pos 3 Lereng Tambora dan pengibaran Bendera raksasa.

Selain itu juga, Anton sapaan akrab Kadis Pariwisata Kabupaten Bima juga menyampaikan, kegiatan Teka Tambora kali ini juga bakalan hadir Wira Nagara (Stand Up Comedian, Youtuber), Arsal Bahtiar (Content Creator Adventure). Nanti juga bakalan ada 70 Mobil Offroad dan 100 Trabaser yang siap menaklukkan jalur pendakian Piong.

Disamping itu juga, mantan Kepala BPBD Kabupaten Bima ini juga mengapresiasi dukungan diberikan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE dan Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan M. Noer, M. Pd, terhadap pelaksanaan event Teka Tambora yang ketiga dilaksanakan tingkat Kabupaten Bima. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.