Header Ads

Baca Gratis di Taman Amahami, Komunitas Taman Literasi Buku Diapresiasi Warga

Lapak Baca Gratis.

Visioner Berita Kota Bima-Minggu (15/5/2022), Komunitas Taman Literasi menggelar lapak baca gratis dan edukasi lingkungan di taman Amahami Kota Bima. Kegiatan positif itu langsung diapresiasi masyarakat.

Muhammad Al Husaini selaku pendiri komunitas menyampaikan bahwa harus ada gerakan yang sehat ditengah serangan teknologi yang buruk.

“Kami melihat ada satu kondisi yang candu. Candu terhadap gawai. Kota ini harus menciptakan atmosfer yang sehat ditengah serangan buruk teknologi pada anak-anak. Dengan adanya semangat ini, semoga dapat tertular untuk segera bertobat. Kembali ke jalan yang benar, gemar membaca,” jelasnya.

Selain itu, pemuda yang biasa disapa Rimba ini menambahkan bahwa fungsi buku adalah fungsi sosial.

“Kami buka lapak baca gratis ini setiap hari Minggu, pagi hari. Perlu teman-teman ketahui bahwa kegiatan Taman Literasi tidak hanya lapak baca. Awal pendirian, kami mengunjungi berbagai tempat yang jauh dari kota untuk berdampak, mendidik anak-anak. Dari buku kami menemukan banyak hal yang harus segera diperbaiki. Kami mengubah fungsi buku menjadi fungsi sosial,” ucapnya.

Sementara Fajar selaku sekretaris komunitas menjelaskan bahwa dari membuka lapak baca buku setiap pekan, terjadi komunikasi pembentuk kegiatan lainnya.

“Pertunjukan seni, kegiatan amal, bedah buku, nonton dan bedah film menjadi kegiatan tambahan di komunitas ini. Tidak hanya itu, dari perkumpulan ini, kami berdiskusi terkait isu-isu sosial untuk bergerak dan berdampak. Buku mengarahkan kami. Oleh sebab itu, buka bukumu dan mulailah membaca,” ujarnya.

Lanjut, Aya selaku partisipan pada lapak baca menambahkan bahwa sebagai pembaca kita harus turut menyuarakan penindasan.

“Kalau ada penindasan, masa iya kita bungkam. Masa kita sebagai pembaca tidak ‘turun’? Ada penggusuran misalnya, kita tidur,” ucapnya.

Secara terpisah, Intan sebagai pengunjung lapak baca mengharapkan Komunitas Taman Literasi solid dan aktif berkegiatan.

“Baru kali ini ada lapak baca di taman Amahami, ini membuka variasi kegiatan disini. Kegiatannya asik, membaca buku, bisa ngobrol sama kakak-kakak, berbagi dan menerima berbagai pengalaman hidup. Bisa juga dapat teman baru. Semoga Taman Literasi tetap solid dan aktif berkegiatan,” tandasnya. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.