Header Ads

Pemerintah Kota Bima aktif Melawan Stunting

Asisten 1 Kota Bima.

Visioner Berita Kota Bima-Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tingkat Kota Bima dengan tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting” bertempat di halaman kantor DPPKB, Senin (13/6/2022).

Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa. 

Acara tersebut dirangkaikan dengan lomba mewarnai untuk anak usia 3-5 tahun (PAUD/TK) yang menjadi momen untuk mengembalikan peran keluarga, terutama orang tua terhadap anak-anaknya.

Kepala DPPKB Kota Bima, Nurjanah, S.Sos menyampaikan ini adalah momentum penghargaan bagi keluarga Indonesia yang telah melaksanakan partisipasi dalam keluarga berencana atau bangga kencana.

"Harganas 2022 ini adalah salah satu momentum baik untuk meningkatkan program kerja Bangga Kencana secara umum dan khususnya upaya penurunan stunting,” kata Nurjanah dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Nurjanah mengatakan tujuan acara tersebut untuk meningkatkan komitmen seluruh pihak dan bersama-sama untuk mendukung pembangunan keluarga dalam mewujudkan keluarga bebas stunting dan 8 aksi penurunan angka stunting.

"Saya harap doa dan dukungan Pemerintah Kota untuk seluruh PLKB bergerak, untuk memberikan contoh silahkan mendownload aplikasi SIFOKER dan Pemerintah Kota Bima bisa membantu memberikan bintang 5 guna memberikan sumbangsih kepada Kota Bima," harap Kepala DPPKB tersebut.

Sementara itu mewakili Wali Kota Bima, Abdul Gawis selaku Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Sosial menyampaikan  peningkatan ketahanan dan kesejahteraan keluarga dapat ditelusuri melalui berbagai indikator yang merupakan pencerminan 8 fungsi keluarga.

"Saya mengajak untuk menerapkan 8 fungsi keluarga tersebut, sesuai dengan pepatah "Kalau terencana, semua lebih mudah," kata Asisten I.

Menutup sambutannya, Asisten I beharap semua pihak untuk dapat mengambil peran.

"Tolong dikoordinasikan agar langkah-langkah cerdas dapat diambil oleh Pemerintah Daerah terutama yaitu BKKBN, Dikes dan para kepala Puskesmas," tutup Asisten dalam sambutannya.

Acara Harganas dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Kepala BNN Kota Bima, Ketua DWP Kota Bima, Ketua OPD Lingkup Kota Bima, Ketua IBI Kota Bima, DWP KB Kota Bima, Kader KB dan Kepala Puskesmas Kota Bima. (FAHRIZ)

No comments

Powered by Blogger.