Header Ads

Dua Kegiatan Penting PangkogabWilhan II Didampingi Kaskogabwilhan II, Tanam Pohon dan Tinjau Kawasan Hutan

Aksi Penanaman Pohon Sawo Kecik di di area Markas Komando (Mako) Kogabwilhan II di Balikpapan-Kalimantan Timur (Kaltim) pada Jum’at (19/8/2022)

Visioner Berita Balikpapan dan Bali-Perhatian pihak Tentara Nasional soal lingkungan di Nusantara diakui bukan hal baru. Tetapi tercatat sudah lama, dan dijelaskan sebagai bentuk perhatian sekaligus keptihatinanya soal lingkungan hingga mengakibatkan kepada terjadinya banjir bandang di sejumlah daerah di Indonesia.

Antara lain hal tersebut tercermin kepada aksi pelestarian lingkungan yang dilaksanakan oleh pihak Pangkogabwilhan II di area Markas Komando (Mako) Kogabwilhan II di Balikpapan-Kalimantan Timur (Kaltim) pada Jum’at (19/8/2022). Hal penting tersebut dijelaskan oleh Kas Kogabwilhan II, Brigjend TNI Ahmadd Rizal Ramdhani, S.Sos, M.Han kepada sejumlah Awak Media.

Mantan Danrem 162/WB yang teah membuktikan kriprah terbaiknya dalam penanganan pasca bencana banjir bandang dan Covid-19 di NTB tersebut (Brigjend Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, M.Han) menjelaskan bahwa Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E beserta staf serta pengurus IKKT Cabang BS XII Kogabwilhan II melaksanakan kegiatan mulia yakni dalam bentuk menanam pohon secara simbolis di area Mako Kogabwilhan II di Amborawang, Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara, Balikpapan-Katim, Jum'at (19/8/2022).

Kegiatan tersebut diawali oleh Pangkogabwilhan II didampingi oleh Kas Kogabwilhan II Brigjen TNI Ahmad Rizal Rhamdani, S.Sos., S.H., M.Han dan staf Kogabwilhan II. Aksi penanaman pohon tersebut dilaksanakan secara simbolis dan diikuti oleh Ketua dan Wakil IKKT Cabang BS XII Kogabwilhan II yakni Ny. Erni Imran Baidirus dan Ny. Kirana Rizal Rhamdani beserta pengurusnya.

“Jenis pohon yang ditanam tersebut yakni Sawo kecik yang buahnya nantinya bermanfaat. Diantaranya bisa membantu pembentukan sel darah merah, mengatasi radang mulut, serta masih banyak manfaatnya dari pohon jenis ini,” harap Ahmad Rizal Ramdhani.

Ahmad Rizal Ramdhani kemudian berharap, adanya penanaman pohon ini selain akan melestarikan lingkungan juga bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar Mako Kogabwilhan II. Dan diharapkan pula agar kegiatan penanaman pohon juga dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat di Nusantara sebagai bentuk kecitaanya terhadap lingkungan di mana selama ini keap terjadi banjir bandang akibat kerusakan lingkungan, terutama di kawasan hutan.

“Pada kegiatan penanaman pohon di Mako Kaskogab Wilhan II tersebut juga turut hadir Inspektur, Kapoksahli, para asisten dan personil perwakilan Kogabwilhan II Balikpapan, Danlanal Balikpapan serta Danlanud Dhomber,” tandasnya.

Moment Peninjauan Tahura di Ngurah Rai, Denpasar-Bali (20/8/2022)

Masih soal aksi peduli lingkungan dari pihak TNI tersebut, pada Sabtu (20/8/2022) pihak Pankogabwilhan II beranjak ke Ngurah Rai, Denpasar-Bali. Pada hari itu, pihak Pankogabwilhan II, Marsdya TNI Imran Baidirus, S.E didampingi Kas Kogabwilhan II, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos, M.Han beserta stafnya meninjau Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove yang berlokasi di  Ngurah Rai, Denpasar-Bali.

“Tahura Ngurah Rai adalah kawasan Destinasi wisata Mangrove yang sering dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal. Selain itu memiliki manfaat yang begitu besar yaitu mampu untuk menahan adanya gelombang air laut yang sewaktu waktu masuk kedaratan,” terang Ahmad Rizal Ramdhani.

Dijelaskanya pula, dilokasi ini sendiri nantinya  akan disiapkan sebagai salah satu Venue kegiatan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar pada tanggal 15-16 November 2022.

“Pangkogabwilhan II selaku Panglima Komando Gabungan Terpadu Pengamanan VVIP (Pangkogabpadpam VVIP) KTT G20 mempunyai tugas pokok melaksanakan operasi pengamanan VVIP pada penyelenggaraan kegiatan presidensi G20 Indonesia tahun 2022 di Nusa Dua Bali dalam rangka menjamin keselamatan VVIP dan tetap menjaga tegaknya kehormatan bangsa Indonesia,” beber Ahmad Rizal Ramdhani.

Pada moment peninjauan Tahura tersebut ungkapnya, Pangkogabwilhan II menerima penjelasan dari komandan pasukan yang bertanggung jawab terhadap pengamanan lokasi tersebut, sekaligus memberikan penekanan agar nantinya seluruh pasukan yang terlibat selalu waspada dan bisa mencegah hal-hal yang akan mengganggu kelancaran kegiatan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

“Di moment penting ini pula, Pangkobawilhan II juga turut didampingi oleh Inspektur, Kapoksahli, para asisten Kogabwilhan II serta perwakilan dari Kementerian PUPR, pihak Kontraktor dan Konsultan,” pungkasnya. (TIM VISIONER) 

No comments

Powered by Blogger.