Header Ads

Gelar Seminar Wirausaha, Prodak Mahasiswa STIE Bima Dipuji Khalayak

Mahasiswa KKN STIE Bima di Kelurahan Kolo

Visioner Berita Kota Bima-Kampus biru di Bima yakni Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang dinakodai oleh Firdaus, ST, MM diakui telah mencetak ribuan Sarjana Ekonomi (SE). Rata-rata outputnya, para SE tersebut telah mampu Berdiri Diatas Kaki Sendiri(Berdikari) alias Mandiri setelah ditempat dengan ilmu kewirasahaan yang dimulai sejak Mahasiswa menginjakan kakinya di Kampus yang telah mampu membuktikan kehebatanya baik di kancah Nasional maupun Dunia (produk anak-anak STIE Bima hadir diarena MottoGP Mandalika-NTB).

Kerja keras para Dosen STIE Bima untuk membuktikan agar para Mahasiswanya mampu Berdikari, nampaknya belum berakhir sampai di situ. Sejak awal Agustus hingga saat ini, para mahasiswa STIE Bima melaksanakan kegiatan KKNT-MBKM di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota-Kota Bima. Kegiatan tersebut bukan saja bersifat serimonial semata. Tetapi juga dibarengi dengan kegiatan seminar tentang kewirausahaan yang berlangsung tiga hari berturut-turut.

Sedangkan esensi sekaligus orientasi utama dari kegiatan KKNT-MBKM yang dibarengi dengan seminar kewirausahaan tersebut, dijelaskan lebih kepada mengangkan potensi lokal yang sebelumnya dinilai belum terjamah. Antara lain, cumi diolah menjadi sambal cumi, kelapa diolah menjadi minyak kelapa asli, ikan tuna diolah menjadi bakso dan ambo tuna dan lainya, berikut catatanya,- 

Mahasiswa KKNT-MBKM STIE Bima untuk Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota-Kota Bima menggelar seminar Kewirausahaan. Kegiatan diikuti pelaku UMKM yang ada di Kelurahan setempat. Kegiatan KKNT-MBKM tersebut, dimulai sejak awal Agustus tahun 2022 dan akan berakhir dalam Minggu ini.

Liputan langsung Media Online www.visionerbima.com melaporkan, pada kegiatan KKNT-MBKM tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan seminar tentang kewirausahaan. Seminar kewirausahaan tersebut dilaksanakan selama tiga hari berturut di kantor Kelurahan Kolo. pada kegiatan seminar dimaksud, diterangkan melibatkan para pelaku UMKM di wilayah setempat, salah satunya Pengusaha Kulliner.

Masih dalam liputan langsung Media ini, pada hari pertama kegiatan seminar kewirausahaan ini diisi oleh Pemateri yakni Nurul Huda, MM (Dosen STIE Bima). Pada moment tersebut, Nurul Huda menerangkan tentang promosi produk secara digital. Sementara pada hari kedua kegiataan seminar tersebut, kelompok Mahasiswa KKNT-MBKM STIE Bima melaksanakan kegiatan pelatihan tentang inovasi produk kepada para pelaku UMKM setempat.

Antara Lain Hasil Karya Mahasiswa STIE Bima, Bahan Dasar Kelapa Diolah Menjadi Minyak Kelapa Murni

Sementara pada hari ketiga, kegiatan seminar kewirausahaan diisi oleh pemateri yakni Aliah Pratiwi, M. Ak (Dosen Ilmu Akutansi STIE Bima). pada moment tersebut, Aliah menerangkan tentang pembukuan keuangan yang berkaitan dengan dunia usaha secara sederhana. Dan kegiatan seminar kewirausahaan dimaksud juga dihadiri oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bima melalui Dinas Koperindag Kota Bima diwakilkan kepada Hermansyah, SE. 

Moment kegiatan tersebut mengangkat tema "Meningkatkan Inovasi Produk Dan Promosi Digital Berbasis Pengembangan UMKM Untuk Mewujudkan Kelurahan Mandiri Dan Berkelas". Sementara itu, para pelaku UMKM setempat menyatakan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan setinggi-tingginya kepada para pemateri dan mahasiswa KKNT-MBKM STIE Bima karena menghadirkan moment yang dianggap sangatpenting bagi perkembangan dunia usaha dimaksud. 

Ketua Posko KKNT-MBKM Kelurahan Kolo, Aldi Alvitra mengatakan bahwa kegiatan seminar tersebut adalah program wajib mahasiswa KKNT-MBKM STIE Bima. Sebagai upaya untuk memberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya berwirausaha.

"Memiliki pemahaman tentang wirausaha itu sangat penting. Bukan hanya semangat saja. Keduanya harus seimbang," tegasnya.

Selain pelatihan kewirausahaan, pada kesempatan yang sama juga diberikan materi tentang tehnik pembukuan keuangan. Sebab selama ini, para pelaku UMKM tidak bisa membedakan mana kebutuhan harian dan mana dana usaha.

"Kelemahan kita adalah uang usaha itu jadi uang harian. Wajar usaha kita dk berkembang," ujarnya.

Inilah Produk Unggulan Mahasiswa KKNT-MBKM STIE Bima di Kolo Yang Dipuji Itu

Pujian datang juga dari pemrintah Kelurahan Setempat. Sekretaris Lurah Kolo, Irwan S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa produk inovasi yang dikembangkan oleh mahasiswa KKNT-MBKM STIE Bima tidak pernah gagal dari tahun ke tahun.

"Produk yang dihasilkan memiliki nilai jual yang tinggi dan tahun ini merupakan salah satu produk yang sangat luar biasa," tuturnya.

Sebab beberapa prodak yang dihasilkan, selama ini tidak terpikirkan oleh masyarakatnya selama ini. Namun ditangan mahasiswa STIE Bima,

"Sebelumnya tidak terpikirkan oleh para UMKM untuk memproduksinya. Sekarang pandangan kami terbuka. Terimakasih adek-adek siswa STIE Bima," tuturnya.

Hal yang sama juga dalam materi yang disampaikan, perwakilan Diskoperindag Kota Bima Hermansyah, SE memuji kreatifitas mahasiswa KKN STIE Bima. Kata dia, prodak yang dihasilkan sangat bagus dan berkelas.

"Inovasi prodaknya bagus. Sangat luar biasa.  Desain packaging dan logo menarik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi," jelasnya.

Lanjut dia, selain itu prodak yang dihasilkan juga sangat praktis. "Kalau kita mau bawa kemana-mana juga gampang. Pede juga kita bawa," pujinya.

Adapun prodak yang dihasilkan mahasiswa KKNT-MBKM bimbingan Nurul Huda, M.M dan Jaenab, M.M yaitu Loligo Hot merupakan sambal yang diolah dari baby cumi dengan varian sambal cabe merah dan cabe ijo.

Selain itu, ada juga Stick Nako (Stick Tuna Kolo), merupakan stick yang diolah dari olahan daging ikan tuna. ada juga prodak VCO (Virgin Coconut Oil) merupakan mengembangkan produk minyak kelapa.

Setelah kegiatan seminar kewirausahaan, mahasiswa KKNT-MBKM melakukan pembinaan terhadap kelompok UMKM setempat.

"Setelah seminar, kami juga melakukan pelatihan pada kelompok usaha yang ada di Kelurahan Kolo," ujar Nurnaningsih, dalah satu mahadiswa mahasiswa KKNT-MBKM Kelurahan Kolo. (FAHRIZ/JOEL/RUDY/AL) 

No comments

Powered by Blogger.