Puncak Musim Hujan Cuaca Justeru Panas, Ini Penjelasan Kepala BMKG Bima

Kepala BMKG Bima.

Visioner Berita Kabupaten Bima-Wilayah Bima dan Dompu masih berada pada musim Hujan, namun beberapa hari terakahir ini cuaca di wilayah Bima dan Dompu terpantau cerah berawan, terasa panas serta tidak ada hujan yang turun, masyarakat mengeluh dan bertanya terkait dengan perubahan cuaca tersebut, padahal sebelumnya telah diprediksi bahwa saat ini (bulan Januari) wilayah Bima dan Dompu berada pada puncak musim hujan. 

Mengapa kondisi tersebut dapat terjadi? 

Ini penjelasan Kepala BMKG Bima Satria Topan Primadi, S.Si. Berdasarkan analisis Dinamika atmosfer ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya antara lain pertama, adanya pembentukan Sirkulasi Siklonik di sekitar Samudera Pasifik bagian Utara, menyebabkan perubahan aliran Monsun Asia masuk ke wilayah Bima dan Dompu. 

"Pada saat musim hujan berlangsung Monsun Asia yang membawa massa udara basah seharusnya cenderung aktif diatas wilayah Bima dan Dompu, tetapi karena kondisi tersebut massa uap air dari Asia menjadi terhalang dan berdampak pada pembentukan awan hujan di wilayah Bima dan Dompu berkurang," terangnya, Rabu (11/1/2023). 

Kedua, berdasarkan pola angin terpantau kondisi angin diatas wilayah Bima dan Dompu bergerak dari arah Selatan hingga Barat Laut dengan kecepatan yang cukup tinggi berkisar antara 20-30 km/jam. 

"Arah angin dari Selatan umumnya akan membawa massa udara kering ditambah dengan kecepatan angin yang tinggi dapat menghalangi pertumbuhan awan hujan," jelasnya.

Ketiga, kondisi kelembapan udara diatas wilayah Bima dan Dompu dari lapisan permukaan hingga 500 hpa terpantau cukup kering berkisar antara 30-50%, sehingga tidak cukup mendukung untuk perkembangn awan hujan. 

Berdasarkan pertimbangan dari perkembangan kondisi dinamika atmosfer saat initerpantau adanya pola angin baratan yang Kembali aktif di atas wilayah Bima dan Dompu, namun demikian kondisi kecepatan angin masih cukup tinggi pada lapisan dan kelembapan udara juga belum kondusif sehingga diprediksi cuaca di wilayah Bima dan Dompu selama sepekan kedepan antara tanggal 12-18 Januari 2023 adalah berawan, namun masih terdapat potensi hujan intensitas ringan-sedang pada siang hingga sore hari.

Untuk esok hari tanggal 12 Januari 2023 diprediksi berawan, terdapat potensi adanya hujan intensitas ringan-sedang pada siang hingga sore hari. 

Pada tanggal 13-15 Januari 2023 cuaca umunya berawan. Tanggal 16-18 Januari 2023 cuaca umunya berawan, terdapat potensi hujan ringan-sedang pada siang hingga sore hari. 

Kepada masyarakat, Topan harapakan untuk tetap memantau informasi BMKG guna mengantisipasi terjadiynya dampak bencana maupun kerugian dalam perencanaan kegiatan anda. Pantau infrmasi cuaca melaui melalui media sosial kami BMKG BIMA (Facebook: BMKG BIMA dan instgaram: @bmkg_bima), telepon 24 jam (0374) 42315 dan WhatsApp : +6282340448422. (FAHRIZ)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.