Kiprah Kemanusiaan PT Bank NTB Syariah Bima Hingga Dinobatkan Menjadi Yang Nomor Satu

Pimpinan Cabang (Pimcab) PT Bank NTB Syariah Bima, Iskandar H. Ibrahim

Visioner Berita Kota Bima-Kiprah kemanusiaan dalam bentuk memberikan bantuan kepada warga miskin terutama di Kota dan Kabupaten Bima pada tiap tahunya, dijelaskan sebagai sebuah kelaziman (kebiasaan) bagi PT Bank NTB Syariah Cabang Bima (Persero). Tak hanya itu, menyuntik modal bagi kelompok tani (Koptan) dan Kelompok Ternak (Kopnak) yang tidak memberatkan serta bagi hasil yang lebih banyak kepada Kelompok tersebut juga diakui dilakukan oleh dunia perbankan yang dinakhodai oleh Iskandar H. Ibrahim (Pimpinan Cabangnya).

Tak hanya itu, sistim pelayanan terhadap custamer baik Pemerintah maupun masyarakat umum juga diakui sangat cepat. Sementara dari berbagai indikator mulai dari soal pelayanan cepat dan lainya, Bank NTB Syariah Cabang Bima dinobatkan sebagai yang nomor satu di NTB pada tahun 2022. Sedangkan sistim pelayanan sangat cepat guna mengantisipasi keluhan para costumernya, tercatat hingga kini masih  pada PT Bank NTB Syariah Cabang Bima.

Masih soal bantuan kemanusiaan, bulan suci Ramadhan 1444 H (2023 M) ini kembali memberikan bantuan kepada fakir-miskin baik di Kota Bima maupun di Kabupaten Bima. Hal itu dibenarkan oleh Pimpinan Cabang (Pimcab) PT Bank NTB Syariah Bima, Iskandar H. Ibrahim kepada Media Online www.visionerbima.com di ruang kerjanya, Selasa (18/4/2023).

“Pada semester satu tahun 2023 ini tentu saja banyak kegiatan yang dilakukan oleh Bank ini. Salah satunya adalah mengisi kegiatan safari Ramadhan 1443 H. Hal tersebut merupakan instruksi Dirut PT Bank NTB,” terang sosok yang memiliki hobi beruda sekaligus Ketua Persatuan Bulu tangkis Indonesia (PBSI) Kota Bima ini.

Pada moment safari Ramadhan tersebut, pihaknya memanfaatkanya untuk membagikan Sembako kepada fakir-miskin di Kota Bima dan di Kabupaten Bima. Di Kabupaten Bima, Sembako tersebut dibagikan kepadadakir-miskin yang ada di wilayah Kecamatan Madapangga, tepatnya di sebuah Masjid di Desa Dena.

“Pada moment tersebut kami membagikan sebanyak 1250 paket Sembako kepada fakir-miskin. Sembako tersebut diperuntukan kepada fakir-miskin di wilayah Madapangga,” terang Iskandar.

Selanjutnya pihaknya menggelar kegiatan yang diakui sangat membantu masyarakat yang ada di Kota Bima. Yakni menggelar kegiatan pasar murah yang dipusatkan di lapangan Sera-Suba Kota Bima. Pada moment pasar murah yang dibuka secara resmi oleh Gubernur NTB, DR. H. Zulkiflemansyah tersebut, PT Bank NTB Syariah Kota Bima mendonasikan anggaran sebesar Rp30 juta.

“Hasil penjualan dari pasar murah tersebut, kami arahkan (sumbang) kepada beberapa Masjid yang ada di Kota Bima. Diharapkan agar bantuan yang diberikan itu bisa bermanfaat bagi para penerimanya,” tandas Iskandar.

Panggilan jiwa PT bank NTB Syariah Cabang Bima juga terkait dengan keluhan warga di sejumlah wilayah di Kota Bima, yakni soal kekurangan air bersih. Dalam kaitan itu, PT bank NTB Syariah Cabang Bima juga mendrooping air bersih di beberapa wilayah, salah satunya di Kelurahan Sambinae Kecamatan Mpunda-Kota Bima.

“Keluan warga soal air bersih tersebut, tentu saja kami di Bank ini harus terpanggil. Sebab, mereka sangat membutuhkan kehadiran kita juga. Alhamdulillah pendroopan air bersih tersebut bukan saja saja kami lakukan sebelum Bulan Ramadhan ini. Tetapi hal tersebut masih berlangsung sampai dengan saat ini,” papar Iskandar.

Terlepas dari itu, Iskandar memastikan bahwa PT Bank NTB Syariah Cabang Bima berhasil dinobatkan sebagai yang nomor satu soal performa terbaik di NTB pula. Lebih jelasnya, pada tahun 2022 tersebut PT bank NTB Syariah Cabang Bima dilebeli sebagai Kantor Cabang terbesar yang terbaik di NTB.

“Alhamdulillah kita di Bima berhasil menjdi yang terbaik soal kinerja dari 12 Kantor Cabang PT Bank NTB Syariah di NTB. Dalam kaitan itu, PT Bank NTB Syariah Cabang Bima berhasil memenuhi beberapa indikator (standar). Antara lain dari sisi neraca, pembiayaaan, Dana Pihak Ketiga (DPK) dan dari kinerja laba dan lainya,” ujar Iskandar.

Yak tak kalah pentingnya soal prestasi itu, diakuinya bahwa pihaknya mampu memastikan bahwa tidak adanya “ilustrasi” terkait degradasinya reputasi. Lebih jelasnya. Hal tersebut berlangsung sejak tahun 2021, tahun 2022 dan 2023 ini.

“Beberapa kejadian yang menyangkut aksi demonstrasi terkait tuntutan masyarakat dan lainya sebelumnya, namun Alhamdulillah mampu kami penuhi pada tahun 2022. Pada tahun itu kami bisa menunjukan kinerja terbaik dan mampu menjaga performen terbaik sehingga pada tahun 2022 berhasil dinobatkan sebagai Kantor Cabang PT Bank NTB Syariah terbaik di NTB ini,” ulasnya.

Sementara jelang moment hari raya Idul Adha 1444 H ini, dijelaskanya bahwa pihaknya telah menyuntik modal kepada beberapa Kopnak di Kota Bima dan di Kabupaten Bima. Dalam kaitan itu, pihaknya mendukung kegiatan IBI Amanah yakni soal pemeliharaan atau penggemukan sapi yang nantinya akan dipasarkan di moment lebaran haji.

“Dukungan tersebut kami terapkan di Desa Sie Kecamatan Monta-Kabupaten Bima. Sekali lagi, untuk hal itu lebih banyak di Kecamatan Monta. Tetapi kegiatan itu juga ada di Kota Bima yakni di wilayah Kelurahan Dodu dan Nungga Kecamatan Rasanae Timur,” bebernya.  

Soal biaya bagi Kopnak tersebut, diakui bahwa pihaknya menyuntik biaya sekitar Rp50 juta per Kopnak. Tetapi angkanya diakui lebih besar lagi jika kegiatan tersebut dihandle oleh perorangan.

“Guna mendukung kegiatan tersebut, Alhamdulillah kami sudah mengucurkan biaya sekitar Rp3 Miliar-Rp4 Miliar. Dalam kaitan itu, tentu saja kami punya target. Yakni Insya Allah kegiatan ini akan berakhir pada bulan April tahun 2023 dan akan berlanjut tersebut. Dan selanjutnya, kami akan melangsungkan kegiatan penyuntikan anggaran terkait dengan tunas jagung,” ungkapnya.

Kedua mata kegiatan tersebut, direncanakanya akan sama-sama tetap sama-sama dilaksanakan antinya. Terkait Kopnak dimaksud, Alhamdulillah suntikan anggaran tersebut telah diterapkan kepada 15 kelompok. Dan sampai saat ini, Alhadulillah hampir 16 Kopnak yang terbentuk. Sementara jumlah ternak pada masing-masing Kopnak tersebut, Alhamdulillah rata-rata 25 ekor sapi. Dan belasan Kopnak tersebut merupakan kelompok binaan PT Bank NTB Syariah Cabang Bima. Dan belasan kelompok tersebut adalah orang-orang yang sudah puluhan tahun bersama kami di PT Bank NTB Syariah Cabang Bima ini,” pungkas Iskandar. (TIM VISIONER) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.