Kota Bima Tuan Rumah Harganas 2023 dan “Istimewanya” Destinasi Wisata Kuliner Pantai Kolo

Moment Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE Membuka Secara Resmi Kegiatan Kemah Bhakti Stunting dan Jambore IPK di Pantai Kolo (26/7/2023)

Visioner Berita Kota Bima-Pelaksanaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun 2023, dijelaskan dipusatkan di Kota Bima. Dijelaskan pula, seluruh Kabupaten-Kota se Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Pemprov NTB juga terlibat di dalamnya.

Liputan langsung Media Online www.visionerbima.com melaporkan, tamu dari berbagai daerah di NTB tersebut sudah berada di Kota Bima sejak Rabu pagi (26/7/2023). Antara lain dari DP3AKB Kabupaten Lombok Timur (Lotim)-NTB. Masih soal moment Harganas yang dipusatkan di Kota Bima tersebut, Media ini sukses mengendus informasi yang dinilai sangat menarik.

Yakni di moment Harganas ini Walikota, H. Muhammad Lutfi,SE menempatkan destinasi wisata kulliner pantai Kolo di Kelurahan Kolo Kecamatan Asakota sebagai pusat kegiatan kemah bhakti stunting yang dirangkaikan dengan jambore IPK. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Bima pada Rabu sore (26/7/2023). Pun hal itu dinilai sebagai sesuatu yang “istimewa” sekaligus menambah pendapatan para pelaku UMKM kulliner di pantai Kolo.

Pasalnya, seluruh Bupati dan Walikota se NTB serta Gubernur NTB terlibat pada kegiatan kemah bhakti stunting dan jambore IPK dimaksud. Kegiatan ini diakui hanya berlangsung satu hari. Yakni dimulai sejak Rabu sore dan berakhir pada Kamis pagi (27/2023).

Penyerahan Sembako Kepada 20 KK di Kelurahan Kolo Usai Pembukaan Acara Kemah Bhakti Stunting dan Jambore IPK di Kolo (26/7/2023) 

Sementara total jumlah peserta dari seluruh Kabupaten-Kota se-NTB yang ikut pada kegiatan Harganas ini, diakui sebanyak 2000 orang. Ribuan orang tersebut, diantaranya Bupati, Walikota, dan delegasi dari Gunernur NTB. Dan dijelaskan pula, dominan peserta tersebut adalah dari BKKBN NTB dan seluruh instansi DP3A di NTB.

Hal tersebut dibenarkan oleh Walikota Bima melalui Kadis Kominfotik setempat, Drs. H. Mahfud. Mahfud menjelaskan, kegiatan kemah bhakti stunting dan jambore IPK yang dipusatkan di destinasi wisata kulliner pantai Kota, diakuinya bersumber dari ide dan gagasan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE.

“Kegiatan kemah bhakti stuntingdan jambore IPK dalam rangka menyambut Harganas ke-30 tahun 2023 tersebut, tentu saja memiliki nilai tersendiri bagi para pelaku UMKM kulliner yang ada di Kolo. Hal itu juga menjadi kebanggaan bagi warga Kolo pula,” terang Mahfud, Rabu (26/7/2023).

Mahfud kembali menandaskan, kemah bhakti stunting dan jambore IPK itu juga dirangkaikan dengan penyerahan Sembako kepada 20 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Kolo. Sembako tersebut diakuinya bersumber dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di seluruh Kabupaten-Kota di NTB pula.

Antara Lain Peserta Harganas ke-30 Tahun 2023 Dari Kabupaten Lombok Timur (Lotim)-NTB

“Selain ide dan gagasan Walikota Bima, dua mata kegiatan tersebut dilaksanakan di Kolo yakni atas kesepaatan Rapat Koordinasi (Rakor) yang melibatkan OPD terkait di Kota Bima, Camat dan Lurah se-Kota Bima. Rakor tersebut dipimpin oleh Plt. Sekda Kota Bima, Drs. H. Fakhruraji, M.Si. Rakor tersebut dilaksanakan beberapa hari sebelum kemah bhakti stunting dan jambore IPK dilaksanakan di Kolo,” tandas Mahfud.

Mahfud membeberkan, kegiatan Harganas ke-30 tahun 2023 ini, merupakan sejarah pertama dan bertepatan dengan kepempinan H. Muhammad Lutfi, SE sebagai Walikota Bima. Dan kegiatan tersebut, diakuinyadilaksanakan secara bergiliran pada tiap tahunya oleh Kabupaten-Kota se-NTB pula.

“Kali ini kegiatan Harganas tersebut dipusatkan di Kota Bima. Berbagai mata kegiatan pun dilaksanakan. Antara lain kemah bhakti stunting dan jambore IPK yang dilaksanakan di Kolo, gala dinner yang dilaksanakan di kegiatan di kediman Walikota Bima pada Rabu malam (26/7/2023). Sementara kegiatan puncak Harganas ke-30 tahun 2023 (upacara) dilaksanakan di halaman eks Kantor Bupati Bima di Raba pada Kamis (27/7/2023),” ujar Mahfud.

“Kehadiran ribuan peserta Harganas tersebut, tentu saja bukan saja memiliki nilai tersendiri bagi para pelaku UMKM di destinasi wisata kulliner di Kolo dan masyarakat setempat. Tetapi juga bagi para pelaku UMKM lainya yang ada di Kota Bima. Pun demikian halnya dengan pihak perhotelan yang ada di Kota Bima,” pungkas Mahfud. 

Tarian Yang Ditampilkan Oleh Anak-Anak PAUD Kota Bima di GSB Pada Kegiatan Harganas ke-30 Tahun 2023 (26/7/2023)

Moment Harganas ke-30 tahun 2023 yang dipusatkan di Kota Bima tersebut ujarnya, juga dirangkaikan dengan kegiatan gebyar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan tersebut, dijelaskan dilaksanakan di Gedung Seni Budaya (GSB) di Raba.

Kegiatan ini dihadiri dibuka secara resmi oleh Plt. Sekda Kota Bima dan dihadiri oleh para petinggi SKPD dari Kabupaten-Kota se-NTB. Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kadis Dikbud Kota Bima, Drs. H. Supratman, M.AP, para guru PAUD se Kota Bima dan lainya.

“Pada moment tersebut juga ditampilkan tari-tarian dan lainya yang dilaksanakan oleh anak-anak PAUD di Kota Bima. Kegiatan dimaksud dilaksanakan pada Rabu pagi (26/7/2023),” pungkas Mahfud. (TIM VISIONER) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.