Ratusan Mahasiswa Baru Ikut PBAK di Kampus STIPAR

Ratusan mahasiswa baru melaksanakan PBAK di Kampus STIPAR Soromandi Bima, Jum'at (8/9/2023).

Visioner Berita Kabupaten Bima-Hari ini, Jumat 8 September 2023, sebanyak 150 Mahasiswa Baru (Maba) melaksanakan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) di Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Soromandi Bima.

Turut hadir dalam kegiatan kemahasiswaan itu, Camat Soromandi, Julkifli, SH, M. Hum, Korwil Pendidikan Soromandi, Fahris Adam, M.Pd dan Anggota Polsek Soromandi, Bripka Herman. 

Kegiatan kemahasiswaan itu, Ketua STIPAR Soromandi Bima Abustam S,Sos, SH, MH berharap, dalam kegiatan PBAK ini panitia (Mahasiswa senior) tidak melakukan "Terapi fisik" pada mahasiswa baru. Sehingga menyebabkan tercederainya nama baik kampus. 

"Dalam kegiatan PBAK ini, saya tidak ingin ada semacam "Terapi fisik" terhadap Maba. Beberapa kasus di Bima, dalam kegiatan kemahasiswaan seperti ini pernah terjadi kekerasan terhadap mahasiswa yang mengikuti kegiatan pengenalan kampus mereka. Nama baik Kampus menjadi buah bibir masyarakat banyak. Ini yang perlu dihindari," harap Bustam.

Selain itu, Bustam juga berharap Kampus STIPAR Soromandi-Bima kedepan menjadi kampus pilihan. Sebab, kebutuhan sarjana pariwisata menjadi primadona di era sekarang. 

"Sektor Pariwisata menjadi idola. Dengan kesiapan sumber daya manusia di STIPAR kedepan akan memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah," tandasnya.

Pada kesempatan yang sama, Camat Soromandi Julkifli SH, M.Hum memaparkan, pentingnya sekolah pariwisata untuk kemajuan Bima kedepan. Menurutnya, keberadaan Kampus STIPAR Soromandi-Bima merupakan ujung tombak perubahan yang baik bagi NTB. Khususnya Daerah Bima. 

"Di Pulau  Sumbawa, satu-satunya kampus STIPAR Soromandi-Bima yang konsisten dibidang pariwasata. Ini menjadi kebanggaan kita bersama," papar dia.

Sambung Julkifli, Ia berharap dengan kehadiran mahasiswa baru menjadi warna baru di Soromandi. Dapat melakukan perubahan baik dari aspek keilmuan maupun sosial budaya. 

"Saya berpesan kepada Mahasiswa Baru agar dapat bersinergi dengan pemerintah dalam membangun daerah," pesan dia.

Korwil Pendidikan Kecamatan Soromandi, Fahris Adam, M.Pd menerangkan jika keberadaan Kampus STIPAR Soromandi-Bima sudah menunjukkan eksistensinya dalam merubah wajah Soromandi.

Menurut dia, Kampus STIPAR secara tidak langsung memberikan efek positif untuk aspek sosial, budaya dan ekonomi masyarakat sekitar. Terutama di Desa Punti. 

"Kita memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Civitas Akademika Kampus STIPAR Soromandi-Bima dengan kemampuan membangun daerah dibidang pendidikan," Tandas Fahris.

Sebagai informasi, kegiatan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) di Sekolah Tinggi Pariwisata (STIPAR) Soromandi Bima ini berlangsung hingga pekan depan.  (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.