Direktur CV Berkah Utama Tegaskan Pupuk Subsidi Tidak Dijual Secara Paket

Direktur CV Berkah Utama, Ardian, sedang berdiskusi dengan petani di Aula Camat Donggo.

Visioner Berita Kabupaten Bima-CV Berkah Utama selaku Distributor pupuk wilayah Kecamatan Donggo dan Soromandi, melakukan pertemuan dengan camat Donggo, BPP, Kelompok Tani, UPT pertanian dan seluruh Kades di Kecamatan setempat, Rabu (11/10/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Camat Donggo tersebut, Direktur CV Berkah Utama, Ardian, memastikan pendistribusian pupuk di Wilayah Kecamatan setempat berjalan lancar.

Hal itu ditandai melalui diskusi masyarakat tani, Kelompok Tani dan pengecer dengan pihak distributor.

Dalam pertemuan itu, Direktur CV Berkah Utama Ardian menegaskan, masyarakat tani tidak boleh membeli pupuk di tingkat pengecer dengan sistim paket. Misalnya pupuk subsidi dipaketkan dengan pupuk non subsidi.

"Kalau ada pengecer nakal begitu, lapor. Kami akan tindak lanjut," tegas Ardian.

Beragam polemik penyaluran pupuk di tingkat pengecer dan petani termasuk soal mewajibkan petani beli pupuk subsidi paket dengan pupuk non Subsidi. Ardian mengaku, tidak pernah berlakukan sistim seperti ini ditingkat pengecer.

"Kami dari CV Berkah Utama tidak pernah perintahkan pengecer untuk jual paket pupuk. Apalagi mengharuskan petani beli pupuk subsidi wajib dengan non subsidi. Sekali lagi, jika itu terjadi jangan sungkan memberikan laporan ke kami," tegasnya lagi.

Ardian menjelaskan, jatah pupuk untuk wilayah Kecamatan Donggo Tahun 2023 sebanyak 3 ribu lebih Ton pupuk Urea dan 1 ribu lebih Ton pupuk MPK Poska.

Dengan kuota sebanyak ini kata Ardian, sebenarnya Donggo tidak kekurangan pupuk. Masalahnya adalah banyak masyarakat petani di wilayah setempat yang bawa keluar pupuk ke wilayah lain. 

"Misalnya masyarakat Mpili bercocok tanam di wilayah Kabupaten Dompu. Untuk memenuhi kebutuhan tanaman jagung mereka disana, bawa keluarlah pupuk di Donggo. Sehingga, jatah untuk wilayah itu sendiri terjadi pengurangan. Ini sebenarnya yang tidak boleh dilakukan," ungkapnya.

Kaitan dengan ini, Ardian meminta pihak KP3 di Wilayah Kecamatan Donggo, bekerja sama mengawasi setiap kali pupuk turun ke wilayah setempat.

"Teman-teman Babinsa, Bhabinkamtibmas dan fungsi KP3 di Kecamatan Donggo kami minta kerja samanya untuk mengontrol sekaligus mengawasi pendistribusian pupuk di Donggo ini," pungkasnya.

Sementara itu, Camat Donggo Ardavis, S.Sos mengapresiasi kedatangan distributor pupuk CV Berkah Utama, hadir dan bertemu langsung dengan petani di Donggo.

Dia mengaku, pertemuan semacam ini penting dilakukan. Karena keluh kesah petani di lapangan terkait penyaluran pupuk yang dianggap tidak sesuai harapan bisa diterima langsung oleh pihak Distributor.

"Saya merasa bangga. Satu-satunya Distributor yang menaungi wilayah Kecamatan Donggo selama ini baru CV Berkah Utama yang bertemu langsung dengan masyarakat petani. Ini suatu kebanggaan untuk kami," ucap Ardavis. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.