Yayasan Kabua Dana Rasa Suplai 700 Bibit Pohon Kemiri Untuk Penghijauan di Desa Wilamaci

Relawan Kabua Dana Rasa, Ketua BPD dan puluhan warga Desa Wilamaci Kecamatan Monta Kabupaten Bima, sedang melakukan penanaman Bibit pohon Kemiri kemarin, Minggu (3/12/2023).

Visioner Berita Kabupaten Bima-Ditengah kegundulan hutan yang nyaris habis di Wilayah Kabupaten Bima, menyebabkan berbagai macam masalah.

Hal ini akan menjadi sumber bencana dan  sumber malapetaka bagi kehidupan. Bukan hanya manusia yang terancam, namun juga ekosistem makhluk hidup lain.

Hal tersebut karena hutan merupakan ekosistem kompleks yang berpengaruh pada hampir setiap spesies yang ada di bumi. Akibatnya, dampak buruk yang terjadi adalah banjir besar, tanah longsor dan bencana kekeringan.

Kaitan dengan itu, untuk mengantisipasi bencana yang berkepanjangan, Yayasan Kabua Dana Rasa menyuplai 700 bibit pohon Kemiri di Desa Wilamaci, Kecamatan Monta Kabupaten Bima. Tujuannya adalah menghijaukan kembali lokasi sekitar mata air So Oi Mawu Desa setempat.

Bersama PT. Pelni, Yayasan Kabua Dana Rasa merilis program pemberdayaan ekonomi berbasis pemulihan ekosistem dengan menyediakan ratusan pohon Kemiri untuk ditanam diarea lahan seluas 7 hektar dengan jarak 10 x 10 meter. 

Kegiatan sosial ini dilaksanakan kemarin, Minggu (4/12/2023). Dan melibatkan 40 lebih warga serta Ketua BPD Desa Wilamaci Kecamatan Monta.

Tak hanya itu, hadir juga Sekertaris Desa setempat. Serta inisator gerakan perduli lingkungan yakni relawan dari Yayasan Kabua Dana Rasa. 

Mereka sangat antusias menanam ratusan pohon Kemiri dengan harapan mata air dan lingkungan di Desa setempat terjaga.

"Semoga kedepan Pohon Kemiri ini tidak sekedar sebagai perlindungan mata air. Tetapi juga berdampak ekonomi bagi masyarakat Desa Wilamaci," harap ketua Yayasan Kabua Dana Rasa, Maulana Ishak, S.Pi, pada media online www.visionerbima.com Senin malam, (4/12/2023).

Aksi Penghijauan ini kata dia, untuk menepis isu kekeringan yang berlangsung lama di wilayah Kabupaten Bima. Kaitan dengan itu, gerakan perduli bersama dengan menanam ratusan bibit pohon Kemiri ini sebagai aksi nyata menjaga lingkungan terhadap bencana yang tak terduga.

"Kami berharap pohon Kemiri ini tumbuh besar dan mata air sebagai sumber kehidupan masyarakat tetap terjaga," tandasnya. (TIM VISIONER)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.