Di HUT Kota Bima Ke-22 Dinda Hadir Dengan Keindahan Balutan Busana Khas Etnis Donggo

"Indahnya" Dinda Dalam Balutan Busana Warisan Leluhur "Etnis Donggo" (Paling Kanan) di Moment HUT Kota Bima ke-22 (17/4/2024)

Visioner Berita Kota Bima-Rabu (17/4/2024) merupakan puncak kegiatan HUT Kota Bima ke-22. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Walikota Bima. Kegiatan sakral ini dipimpin secara langsung oleh Pj. Walikota Bima, Ir. H. Muhammat Rum, ST, MT.

Moment penting ini juga dihadari oleh sejumlah Kepala Daerah (Kada) di Pulau Sumbawa. Antara lain Bupati Dompu, H. Abdul Kadir Jaelani (AJK), Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, M. IP. Pada moment ini pula hadir Kapolda NTB, Irjend Pol Drs. Umar Faruk dan sejumlah pejabat terasnya (Direktur),  Kapolres Bima, AKBP Eko Sutomo, S.IK, M. IK, Kapolres Dompu, AKBP Zulkarnain, S.IK, Kapolres Bima, AKBP Yudha Pranata, S.IK, SH, Danson Sat Brimob Bataliyon C Pelopor, Dandim 1608/Bima, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Bima, Dr. Ahmad Hajar Zunaidi, MH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Raba-Bima, H. Muhammad Ruslan, SH, MH, Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan, S. Adm, Wakil Ketua DPRD setempat, Samsurih, SH, Kepala SKPD/OPD Pemkot Bima, Ketua MUI Kota Bima, Tokoh Masyarakat. Tokoh Agama, berbagai Organisasi termasuk Organisasi kepemudaaan, para Purnawirawan dari TNI,  pelajar dari berbagai sekolah di Kota Bima mulai dari SMPN sederajat hingga SMAN sederajat, Mahasiswa dan lainya.  

Bukan itu saja, HUT Kota Bima ini juga dihadiri oleh sejumlah politisi yang diperkirakan akan maju sebagai Bakal Calon (Balon) Walikota Bima periode 2025-2030. Yakni Feri Sofiyan, SH (Ketua DPD PAN) Kota Bima yang juga mantan Wakil Walikota setempat, H. Arahman H. Abidin, SE (mantan Wakil Walikota Bima yang kini masih menjabat sebagai angglota DPRD NTB) dari Partai Demokrat, mantan Ketua TP-PKK Kota Bima yang juga istri mantan Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE yakni Hj. Ellya Alwainy dan beberapa politisi lainya.

Liputan langsung sejumlah Awak Media melaporkan, seperti biasanya seluruh undangan HUT Kota Bima ini hadir dengan performa yang dinilai sangat menarik. Yakni mereka terlihat dalam balutan busana Bima. Baik Pj. Walikota Bima maupun tamu undangan yang pria, terlihat menggunakan “Sambolo”. Sementara Ketua TP-PKK Kota Bima dan seluruh hadirin yang perempuan terlihat dengan penampilan “Rimpu” (“Hijab tradisional) Bima.

Masih dalam liputan langsung sejumlah Awak Media, di tengah-tengah keramain moment sakral ini praktis saja nampak sebuah pemandangan teramat menarik dan bahkan dinilai sangat menakjubkan. Yakni kehadiran Bupati Bima, Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, M.IP dengan busana berbeda dengan yang lainya. Pada moment tersebut, Politisi partai Golkar yang merupakan Bupati wanita pertama di Indonesia bagian Timur ini hadir dengan performa dalam balutan busana “Etnis Donggo” mulai dari “Rimpu”hingga pada bagian tumitnya.

Dinda Saat Saat Tiba di Kantor Walikota Bima Dalam Kegiatan HUT Kota Bima ke-22 Tahun 2024 (17/4/2024)

Performa apik budaya warisan leluhurnya “Etis Donggo” pada diri sosok Bupati cantik yang dikenal ramah, santun, murah senyum, kaya akan kesholehan sosial dan “super star”  dalam dua kali Pilkada di Kabupaten Bima dinilai berhasil membuat suasana yang teramat berbeda di moment HUT Kota Bima ke-22 ini. Performa berbeda Politisi wanita yang dikenal sangat tangguh dan dikabarkan masuk dalam deretan Balon Gubernur NTB periode 2025-2030 yang akrab disapa Dinda ini, dinilai berhasil menambah deretan keindahan dan semua mata mengarah kepadanya.

Sekedar catatan penting, busana yang digunakan oleh Dinda di moment HUT Kota Bima tersebut terbuat dari sarung tenunan tradisional masyarakat Donggo atau yang dilkenal dengan “Tembe Donggo”. “Tembe Donggo” ini diakui sebagai salah satu kekayaan budaya warisan leuhurnya Bima. Dan hingga saat ini, “kekhasan Etnis Donggo” tersebut diakui masih terjaga serta bertahan sampai detik ini.  

Performa yang ditampilkan Dinda tersebut, sesungguhnya bukanlah yang pertama. Tetapi hal yang sama digunakan oleh Dinda pada HUT Kabupaten Bima dua tahun silam yang diselenggarakan di halaman kantor Bupati Bima di Desa Godo Kecamatan Woha-Kabupaten Bima. Atas hal itu berbagai pihak menyatakan apresiasi, terimakasih, bangga dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada istri mendiang (Alm) mantan Bupati Bima, H. Feri Zulkarnaen, ST ini (Dinda).  

Tak hanya itu, apresiasi yang dinilai luar biasa atas performa Dinda tersebut juga sempat menghiasi beranda Media Sosial (Medsos). Antara lain, InstaGram (IG), Facebook (FB), Twitter dan lainya (viral). Sebab, tak sedikit orang yang memposting foto Dinda dalam balutan busana “Etnis Donggo”. Dan foto tersebut, salah satunya bersumber dari ujung lensa Media Online www.visionerbima.com.

Penampilan Dinda tersebut juga tak luput dari perhatian berbagai Media Massa di Bima. Berbagai pertanyaan penting pun diarahkan kepada Bupati cantik bergigi gingsul ini. Namun sosok Politisi yang diakui suka menolong orang susah ini, hanya menjawab dengan nada singkat tetapi “penuh makna”.

“Ya, Bima kaya akan budaya serta kekhawasan warisan leluhurnya. Salah satunya adalah busana “Etnis Donggo” yang saya kenakan saat ini. Sebagai bagian terbesar dari keluarga Donggo, tentu saja saya nyatakan sangat bangga. Busana ini merupakan warisan leluhurnya “Etnis Donggo” yang harus dijaga, dipertahankan dan dilestarikan sampai kapanpun. Sekali lagi, We Loving You Donggo (kami cinta kepadamu Donggo),” sahut Dinda dengan nada singkat. (FAHRIZ/JOEL/RUDY/AL/ISRAT)  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.