Header Ads

Kesolehan Sosial Kapolda NTB Brigjend Pol Drs. Firli M.Si Untuk Mereka Yang Susah


Foto Bersama Kapolda NTB dengan penerima santuan
Visioner Berita Kota Bima-Acara Silaturrahmi Kapolda NTB Brigjend Pol Drs. Firli M.Si sekaligus meresmikan peresmian Rumah Susun (Rusun), Barak anggota Perintis dan markas Komando Polsek Rasanae Barat (Barat)-Polres Bima Kota yang dipusatkan di Mako Polres Bima Kota (3/12/2017), terkuak sejumlah persoanal menarik dan sangat mulia. Wajah jenderal yang satu ini, boleh saja terlihat sangat. Tetapi, hatinya dinilai lembut dan harum seperti bunga melati.

Ditengah-tengah Kapolda NTB ini menyampaikan sejumlah persoalan pentingng termasuk soal Pengamanan Pilkada kota Bima periode 2018-2023, terdapat beberapa anak-anak kecil yang menderita penyakit tergolong luar biasa, seperti jantungnya bocor, lumpuh dan lainnya. Mereka adalah adalah warga yang sudah dari sisi pembiayaan. Oleh karenanya, membutuhkan panggilan nurani para pihak yang menolongnya.

“Mereka membutuhkan pertolongan kita semua. Mereka wajib untuk ditolong. Menolong orang, jangan menunggu disaat kita sedang berada. Tetapi, memberikan pertolongan kepada mereka yang membutuhkan disaat kita susah, Insya Allah justeru itu yang memiliki nilai penting di mata Allah SWT. Soal rezeki, itu Allah yang mengaturnya. Apa yang kita berikan kepada mereka, Insya Allah ada berkahnya,” Ujar Kapolda NTB Brigjend Pol Drs. Firli, M.Si.

Kegiatan sosial kemasyarakatan pada konteks membantu sesama, diharapkannya dapat terus digalakkan oleh siapapun termasuk Polri. Sebab, masih banyak orang-orang sudah yang membutuhkan sentuhan, baik atas nama agama maupun kemanusiaan.

“Derita yang mereka alami,m itu jelas memanggil kita semua untuk menyentuhkan. Jangan berbicara soal nominalnya, tetapi yang terpenting adalah nilai-nilai dan hikmahnya. Mungkin apa yang kita suguhnkan kepada mereka tak akan mampu memenuhi kebutuhannya. Tetapi, sekecil apapun sentuhan kita justeru sangat dibutuhkan oleh mereka,” terangnya.

Catatan media massa menyebutkan, jejak langkah dari kesolehan sosialjenderal berbintang satu ini terkait kesolehan sosialnya (suka memberi kepada mereka yang membutuhkan pertolongan), terungkap sudah menjadi kebiasaan dalam hidupnya. Usai memberikan sambutan dan arahan di atas podium pada moment tersebut, sosok Jenderal berbadan kekar dan suka humoris ini, langsung menyerahkan bantuan kepada sejumlah warga yang  sedang di derita oleh berbagai penyakit luar biasa.

Diantaranya, Amir bin Abubakar dan Ridwan yang mengalami gangguan jiwa-diberikan bantuan pelayanan ambulance dan uang serta dirujuk ke RSJ Mataram-NTB. Kedua korban ini, merupakan warga asal Kelurahan Penatoi-Kota Bima. Kedua, Hendrik (7) warga asal Desa Sari Kecamatan Sape-Kabupaten Bima, tubuhnya, tubuhnya terbakar sekitar 70 porsen atas musibah kebakaran rumah orang tuanya dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Sanglah-Bali dan kemudian memberikan tiket untuk 4 orang dan uang tunai

Ketiga, Jumiati dan Cahaya Ramadhan (dua bersaudara alias kakak-adik) yang menderita menderita kelumpuhan,  diberi bantuan kursi roda dan uang. Keduanya adalah warga asal Desa Kowo Kecamatan Sape-Kabupaten Bima. Keempat,  Wandira (7) bocah berempuan asal Kelurahan Sambinae-Kota Bima yang mengalami bocor jantung-diberikan tiket dan uang  tunai untuk rujuk ke RS Sanglah-Bali.

Seorang Ibu sebagai penerima bantuan terlihat meneteskan air mata saat diserahkan santunan oleh Kapolda NTB
Liputan langsung sejumlah awak media melaporkan, penyerahan bantuan kepada mereka yang membutuhkan pertolongan tersebut, dilakukan oleh Kapolda NTB dan didampingi oleh Walikota Bima, HM. Qurais H. Abidin serta sejumlah pejabat Polda dan pihak penting lainnya. Ketua MUI Kota Bima, Kasdim 1608 Bima Mayor Inf. Abdul Haris, Kapolres Bima Kota AKBP Ida Bagus Winarta SIK, Ketua LKSA Muhtar Mbojo juga ikut menyaksikannya. Yang tak kalah menariknya lagi, usai menyerahkan bantuan dimaksud, Kapolda NTB ini terlihat mengusap airmata sebagai bentuk rasa sedihnya terhadap sejumlah warga yang menderita penyakit luar biasa dimaksud.

Lepas dari itu, catatan lain visioner mengungkap, saat pertama kali berkunjung ke Bima tepatnya beberapa saat setelah dilantik sebagai Kapolda NTB, Brihjend Pol Drs. Firli M.Si ini, pernah memberikan santunan kepada salah seorang anak kecil yang ditinggal mati oleh ibunya di Lingkungan Sambinae-Kota Bima. Penyerahan santunan dalam bentuk uang tunai tersebutm, dilaksanakan sebelum Kapolda NTB ini mengikuti acara puncak pada Marko Brimob Pelopor Den A Bima.

Bukan itu saja, usai membuka secara resmi event pacuan kuda di lapangan Panda-Kabupaten Bima, Brigjend Pol Drs. Firli M.Si juga memberikan santunan kepada para Joki Cilik. Kegiatan mulia tersebut, juga tercatat sebagai yang pertama oleh Polri di NTB untuk para Joki cilik ini. (Rizal/Must/Buyung/Wildan)

No comments

Powered by Blogger.