Header Ads

Panti Asuhan “Bak Kandang Kambing” Ditemukan Saat Polwan Berbagi di Usianya Yang ke 70

Panti Ini Luput Dari Bantuan Pemerintah Saat Banjir Bandang

Pemandangan dari luar Panti Asuhan At Thoybah Aisyiyah di Kelurahan Pane Kota Bima
Visioner Berita Kota Bima-Berbagi kepada pihak-pihak yang membutuhkan merupakan kewajiban bagi setiap orang yang memiliki kelebihan. Berangkat dari hal itu, diusianya yang ke 70 tahun 2018 puluhan puluhan personil Polisi Wanita (Polwan) asal Polres Bima Kota membelanjakan sebahagian rezekinya untuk kemudian dibagikan kepada warga yang membutuhkan di dua Panti Pasuhan di Kota Bima.

Yakni, Panti Asuhan Meci Angi (Balai Sosial Lanjut Usia) yang terletak di sebelah selatan Kompi A 378 Bima dan Panti Asuhan At Thoybah Aisyiyah yang terletak di Kelurahan Pane Kota Bima. Liputan langsung Visioner menjelaskan, pembagian Sembilan Bahan Pokok (Sembako) kepada dua Panti Asuhan tersebut oleh Polwan Polres Bima Kota, dilaksanakan pada Sabtu pagi (8/9/2018).

Pembagian Sembako berupa minyak goreng, mie goreng, susu cair siap minum, gula, teh, beragam biskuit dan bingkisan lainnya pada Panti Asuhan Meci Angi diterima secara simblolis oleh 10 orang delegasinya dan disaksikan secara langsung oleh Kepala Instansi tersebut yakni Ahmad Suyuti.

Polwan Berbagai di At Thoybah Aisyiyah Pane
“Itulah jenis bantuan yang kami berikan kepada warga di Panti Asuhan Meci Angi. Harapannya, semoga bantuan ini bermanfaat bagi mereka yang membutuhkannya di sana. Jangan pernah berhenti untuk berbagi terhadap sesama. Sebab, mereka masih membutuhkan bantuan kita semua,” harap salah seorang Polwan, Aipda Heny Kuswoyo.

Polwan berbagi bantuan semacam ini, diakuinya dilaksanakan tiap tahun, tepatnya disaat Polwan berulang tahun. “Tahun 2018, ini merupakan kali pertama kami memberikan bantuan kepada Panti Asuhan Meci Angi. Sementara tahun sebelumnya, kami memberikan bantuan yang sama kepada Panti Jompo yang ada di Kota Bima. Intinya, kegiatan berbagi kepada kaum yang membutuhkan kami lakukan pada setiap Polwan berulang tahun. Sekali lagi, kewajiban semacam ini sudah terbiasa kami lakukan dan Insya Allah akan terus berlangsung,” papar Heny.

Hawusah (Penghuni Panti Asuhan At Thoybah Aisyiyah)
Masih dalam liputan langsung Visioner, usai berbagi kepada warga di Panti Asuhan Meci Angi-puluhan Polwan cantik asal Polres Bima Kota Bima kemudian beranjak menuju Panti Asuhan At Thoybah Aisyiyah yang terletak di belakang Johan Photo di Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima.

Tiba di depan Panti Asuhan ini, baik Visioner maupun puluhan Polwan ini justeru dihadapkan dengan sebuah pemandangan yang sangat menarik perhatian. Yakni, kondisi Panti Asuhan ini “bak kandang kambing”. Panti Asuhan ini bukanlah bangunan permanen yang terbuat dari material seperti semen, pasir dan lainnya. Tetapi, rumah kayu yang kondisinya sudah terlihat sangat rapuh. Di dalam rumah ini, terdapat beberapa kamar yang dihuni oleh sekitar 8 orang Lanjut Usia (Lansia).

Pada Panti Asuhan ini, Visioner sempat mengecek dari kamar ke kamar. Tumpukan barang dan lainnya milik para penghuninya terlihat tak beraturan. Pada bagian belakang rumah panggung yang dijadikan sebagai Panti Asuhan ini, terlihat dijadikan sebagai dapur oleh para penghuninya. Dan di Panti Asuhan ini, puluhan Polwan asal Polres Bima Kota menyerahkan bantuan Sembako dan lainnya.

Bantuan tersebut, serahkan secara simbolis oleh puluhan Polwan cantik ini kepada beberapa orang penerimanya, salah satunya bernama Hawusah. Usai menyerahkan bantuan tersebut, puluhan Polwan cantik ini kemudian melakukan sesi foto bersama dengan penghuni Panti Asuhan ini. Sesi Foto bersama pun dilakukjan oleh puluhan Polwan tersebut dengan warga di Panti Asuhan Meci Angi.

“Terimakasih kepada Visioner yang telah berkesempatan meliput langsung kegiatan ini. Dan kepada warga yang hidup di dua Panti Asuhan tersebut, kami berharap agar tetap bersabar. Usai memberikan bantuan di dua Panti Asuhan ini, kami akan melaksanakan kegiatan membersihkan sebuah Masjid di di wilayah Kecamatan Raba. Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari HUT Polwan yang ke 70 tahun 2018,” tandasnya.

Polwan Polres Bima Kota Berbagi di Panti Asuhan Meci Angi Kota Bima (8/9/2018)
Terkait Panti Asuhan At Thoybah Aisyiyah ini, Visioner sempat menanyakan banyak hal kepada salah seorang penghuninya-sebut saja Hawusah. Salah satunya, yakni terkait perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bima selama ini.

“Anda bisa menyaksikan sendiri tentang kondisi sesungguhnya dari Panti Asuhan ini. Ketua Yayasan ini, sudah meninggal dunia dan kami tidak tahu lagi siapa yang menggantikannya. Rumah yang terbuat dari kayu ini semakin rapuh, dan sampai sekarang tidak pernah diperbaiki,” tandasnya.

Terkait dengan perhatian Pemkot Bima, diakuinya tidak pernah terjadi. Yang tak kalah mirisnya, pihaknya tidak pernah menerima sedikitpun bantuan dari Pemkot Bima disaat terjadinya banjir bandang pada tanggal 21 dan 23 Desember 2016 lalu.

Masih, dari Arena Polwan Polres Bima Kota Berbagi di Panti Asuhan Meci Angi Kota Bima
“Jangankan bantuan lainnya, perhatian Pemkot Bima kepada kami saat terjadinya banjir bandang pun sama sekali tidak ada. Saat banjir bandang terjadi, kami hanya menerima bantuan dari pihak lain saja. Dan rumah ini juga tak luput dari hantaman banjir bandang. Genangan airnya sampai ke jendela rumah ini, semua barang-barang kami juga ikut basah,” bebernya.

Hidup di atas sebuah kondisi yang sangat memprihatinkan di Panti Asuhan ini, akuinya masih aman-aman saja karena alasan tidak ada pilihan lain. “Sesungguhnya kami tidak nyaman hidup seperti ini terus. Tapi karena tidak ada tempat lain,itu yang mengharuskan kami tetap berada di tempat ini. Kedepan, kami berharap agar pihak Pemkot Bima bisa melihat secara langsung tentang kondisi sesungguhnya di Panti Asuhan ini,” harapnya. (RIZAL/BUYUNG/WILDAN/NANA/AL/GILANG

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.